Cara Mengolah Sampah Organik Di Rumah Gampang Bermanfaat

Halo Semuanya kali ini saya akan membuat artikel tentang Cara Mengolah Sampah Organik Di Rumah Gampang Bermanfaat simak berikut ini yaa..

Cara Mengolah Sampah Organik Di Rumah Gampang Bermanfaat

Cara-Mengolah-Sampah-Organik-Di-Rumah

Pengertian Sampah

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yang dimaksud dengan sampah adalah sisa-sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Limbah ini dihasilkan oleh manusia yang melakukan aktivitas sehari-hari. Pengelolaan sampah menggunakan paradigma baru, yaitu pengelolaan sampah secara holistik dari hulu hingga hilir.

Untuk meminimalisir permasalahan sampah, maka harus ada pengelolaan sampah dari sumber-sumber tersebut. Pengelolaan sampah adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan galian yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Pengelolaan sampah harus dilakukan secara menyeluruh dan terpadu dari hulu hingga hilir agar dapat memberikan manfaat ekonomi, kesehatan bagi lingkungan dan dapat mengubah perilaku masyarakat.

Jenis Sampah Berdasarkan Sifatnya

  1. Sampah Organik ; Yang dimaksud dengan sampah organik adalah sampah yang dapat terurai dan terurai sehingga dapat diolah menjadi kompos. Contohnya adalah sisa makanan, daun kering, sayuran, dan sebagainya.
  2. Sampah anorganik (tidak dapat dihancurkan); Yang dimaksud dengan sampah anorganik adalah sampah yang sulit terurai dan tidak dapat terurai. Namun, sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Misalnya botol plastik, kertas bekas, kardus bekas, kaleng bekas, dan lain sebagainya

Sampah Plastik dan Botol yang dibuang sembarangan di Kawasan Wisata

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya:

  1. Sampah Padat: Sampah pada merupakan material yang dibuang oleh manusia (kecuali kotoran manusia). Jenis sampah ini diantaranya plastik bekas, pecahan gelas, kaleng bekas, sampah dapur, dan lain-lain.
  2. Sampah Cair: Sampah cair merupakan bahan cair yang tidak dibutuhkan dan dibuang ke tempah sampah. Misalnya, sampah cair dari toilet, sampai cair dari dapur dan tempat cucian.

Dari berbagai jenis sampah tersebut, yang paling penting untuk diperhatikan adalah sampah plastik. Tidak hanya merusak daratan, sampah plastik juga terbawa ke laut sehingga mengancam ekosistem laut. Kecenderungan masyarakat untuk menggunakan plastik jika dilihat dari segi sosiologis merupakan fenomena yang diinginkan masyarakat secara cepat dan praktis. Tidak menggunakan pembungkus daun dan sejenisnya, plastik ini cukup cepat, praktis, murah dan mudah dijangkau dimana saja. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi tentang pentingnya ilmu pengetahuan tentang bahaya sampah plastik, kesadaran cara menangani plastik.

Ingin Agar Dalam Mencacah Kompos Lebih Mudah Gunakan Mesin Berikut Ini; Mesin Pencacah Kompos

Cara Mengolah Sampah Organik Di Rumah Gampang Bermanfaat

Cara-Mengolah-Sampah-Organik-Di-Rumah

Beberapa cara mengurangi sampah plastik

  1. Membawa tas belanja sendiri
  2. Membawa kotak makan sendiri
  3. Mengurangi penggunaan tisu basah
  4. Menggunakan produk yang dikemas dengan beling kaca atau karton
  5. Membawa botol minum sendiri
  6. Tidak lagi menggunakan sedotan plastik untuk minuman
  7. Melakukan daur ulang sampah plastik

Daur Ulang Sampah

Dampak Sampah Pada Masyarakat

Secara umum sampah memberikan dampak negatif bagi masyarakat, ada tiga dampak sampah terhadap manusia dan lingkungan:

  1. Dampak Sampah Terhadap Kesehatan

Penanganan sampah yang tidak baik akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat di sekitarnya. Sampah tersebut akan berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan, seperti:

  • Penyakit diare, tifus, kolera
  • Penyakit jamur
  • Penyakit cacingan
  1. Dampak Sampah Terhadap Lingkungan

Selain berdampak buruk terhadap kesehatan manusia, penanganan sampah yang tidak baik juga mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan. Seringkali sampah yang menumpuk di saluran air mengakibatkan aliran air menjadi tidak lancar dan berpotensi mengakibatkan banjir. Selain itu, sampah cair yang berada di sekitar saluran air akan menimbulkan bau tak sedap.

Ingin Mengenal Lebih Banyak Tentang Mesin Bisa Kunjungi Web Utama Kami Di : Rumah Mesin

  1. Dampak Sampah Terhadap Sosial dan Ekonomi

Pengelolaan sampah yang tidak tepat juga berdampak pada kondisi sosial dan ekonomi.

Baca: Bubur Kacang Hijau Campur Jagung Yang Lezat Dan Mudah Dibuat

Beberapa diantaranya adalah:

  • Meningkatnya biaya perawatan kesehatan karena penyakit
  • Kondisi lingkungan yang tidak sehat akibat pengelolaan sampah yang kurang baik. Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat secara keseluruhan

Sekian dulu Penjelasan Dari saya tentang Cara Mengolah Sampah Organik Di Rumah Gampang Bermanfaat semoga bermanfaat untuk kita semua