Cara Merawat HP Agar Tetap Awet

Smartphone saat ini menjadi salah satu kebutuhan primer. Dimana, banyak penggunaan HP yang sering rusak apalagi tidak dirawat bahkan terlalu diporsir sembarangan.

Kerusakan smartphone ini bisa seperti layarnya yang retak, boros baterai, sistem operasinya lemot, sering nge-hang digunakan dan lain sebagainya.

Untuk menghindari hal tersebut, tentu saja Anda harus mengetahui cara merawat HP dengan baik supaya awet. dan tahan lama.

Cara Merawat HP Supaya Awet dan Tidak Rusak 

Berikut ini beberapa cara merawat hp agar tetap awet dan tidak rusak, antara lain yaitu:

1. Gunakan Charger Original

Tahukah Anda bagaimana cara merawat baterai HP Android tetap awet?

Nah salah satunya menggunakan charger yang original. Sebba jika menggunakan charger abal-abal bisa merusak kualitasnya dan belum spesifikasinya belum tentu cocok pada smartphone Anda.

BACA JUGA  Berikut Cara Mengecek Reputasi Rental Bus Pariwisata

Selain itu, menggunakan powerbank dalam mengisi daya baterai juga bisa mengakibatkan HP panas, sebab powerbank berpotensi memicu kerusakan.

Bukan nggak boleh menggunakannya, namun dapat diatur penggunaannya yaitu saat dalam kondisi mendesak.

2. Mengisi Daya Sesuai Kebutuhan

Sudah cukup banyak yang mengira bahwa mengisi daya hingga 100% akan membuat baterai lebih awet. Padahal itu semua salah, sebab baterai HP terbuat dari bahan lithium-ion (Li-ion) yang kapasitasnya dapat menurun jika tegangan yang tinggi. Sumber Sudekat.com.

Jadi perlu diketahui bahwa lapisan lithium metal baterai akan mendapatkan arus listrik, sehingga baterai HP nggak stabil.

Sebaiknya lakukan pengisian daya di rentang angka 30 hingga 80% supaya voltase baterai tetap rendah, bahkan bisa membuat baterai menjadi awet tahan lama.

BACA JUGA  Delivery Nasi Kebuli di Bekasi Timur Original

3. Update Aplikasi

Dengan selalu update aplikasi, Anda bisa mendapatkan Performa atau fitur-fitur yang lebih maksimal oleh pihak Developer. Namun terkadang, terdapat aplikasi yang versinya sudah usang atau nggak dapat dijalankan dan pun diharuskan untuk di update.

Tentu saja sebagai pengguna sudah pasti menginginkan HP tetap awet, sehingga aktivitas biasa maupun pekerjaan tidak terganggu. Jadi, sebaiknya Anda gunakan ponsel baiknya dan jangan diletakkan sembarangan, apalagi ponsel tersebut terkena air.