Contoh Kerajinan Dari Sabut Kelapa Yang Esttik Dan Fungsional

Seperti yang diketahui, bahwa contoh kerajinan dari sabut kelapa merupakan sebuah limbah dari buah kelapa, yang biasanya dibuang karena sudah tak terpakai. Namun, sabut kelapa bukanlah sebuah sampah, jika sudah ada di tangan orang-orang kreatif, karena beberapa kerajinan dari sabut kelapa ini, bisa dijadikan barang-barang yang sangat estetik dan fungsional.

Tidak Ada yang Tidak Bermanfaat dari Pohon Kelapa

Tidak Ada yang Tidak Bermanfaat dari Pohon Kelapa

Terlebih, pepatah pernah mengatakan bahwa “Hidup itu harus seperti kelapa, setiap bagian dari pohon kelapa bisa bermanfaat bagi orang banyak”.

Hal tersebut bisa diartikan, bahwa semua yang dihasilkan pohon kelapa, bisa dimanfaatkan, yakni sebagai berikut:

  • Buahnya: Daging dan air buah kelapa bisa dikonsumsi, dibuat bahan makanan dan lain-lain.
  • Batang pohonnya: Bisa dijadikan bahan bangunan rumah, jembatan, kadang, dan lain-lain
  • Daunnya: Bisa digunakan untuk membuat urung ketupat, genting pada pondok, kerajinan dan lain-lain
  • Bunganya: Bisa digunakan untuk kerajinan membuat topi atau tas, dan untuk pengobatan tradisional
  • Batok: Bisa digunakan untuk membuat kerajinan hingga bahan arang
  • Bagian tersebut juga termasuk sabut dari buah kelapa, hingga bisa dijadikan kerajinan dari sabut kelapa yang estetik.

Pasalnya, tidak hanya bisa dijadikan kerajinan dari sabut kelapa yang estetik dan fungsional, kerajinan tersebut juga bisa dijadikan bisnis, yang bisa menghasilkan uang.

Terlebih, kini beberapa kerajinan dari sabut kelapa yang estetik itu menggunakan mesin sabut kelapa, sangat dicari dan berharga tinggi. Memangnya, apa yang membuat kerajinan yan terbuat dari sabut kelapa dicari dan beberapa di antaranya memiliki harga tinggi? Padahal cuma terbuat dari sabut kelapa?

  • Sabut kelapa memiliki struktur yang kuat, sehingga awet dan tahan lama jika dijadikan sebuah kerajinan.
  • Warna sabut kelapa berwarna coklat, membuatnya memberikan kesan natural.
  • Saat ini, sedang muncul tren tema rustik, natural, hingga vintage, sehingga kerajinan dari sabut kelapa sangat cocok untuk dijadikan hiasan tema tersebut.
  • Tahan degradasi dan air laut.

Nah, penasaran bukan, bisa dijadikan kerajinan apa saja sih sabut kelapa ini? Yuk, intip 5 kerajinan dari sabut kelapa yang estetik dan fungsional berikut ini.

Contoh Kerajinan Dari Sabut Kelapa

Contoh Kerajinan Dari Sabut Kelapa

1. Tali Rami dari Sabut Kelapa

1. Tali Rami dari Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa yang pertama adalah tali rami. Kerajinan sabut kelapa yang satu ini juga menjadi salah satu kerajinan yang paling dicari, karena sedang tren.

Tren kerajinan vintage, memang memiliki keindahan tersendiri, karena bisa memberikan kesan natural. Sehingga, banyak orang yang membuat kerajinan vintage untuk dijual ataupun membuatnya untuk digunakan sendiri.

2. Keset Sabut Kelapa

Keset Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa yang selanjutnya, serta sedang banyak dicari juga adalah keset sabut kelapa. Bahkan, banyak pembeli keset sabut kelapa berasal dari Jakarta.

3. Sapu Sabut Kelapa

Sapu Sabut Kelapa

Masih sanggup bertahan di era milenial, kerajinan dari sabut kelapa yang satu ini, memang memiliki kesan jadul tapi sangat fungsional. Ya, sapu yang terbuat dari sabut kelapa, masih tak mau kalah dari sapu-sapu modern saat ini.

Baca Juga:Cara Mengolah Sabut Kelapa Menjadi Kerajinan Yang Menguntungkan

4. Pot Tanaman

Pot Tanaman

Buat kamu yang suka bercocok tanam, dan menyukai tanaman, sepertinya kamu wajib punya salah satu kerajinan dari sabut kelapa ini. Ya, pot tanaman dari sabut kelapa.

5. Ring Dekorasi

 Ring Dekorasi

Kamu suka mendekorasi rumah, acara ulang tahun, atau pernikahan dengan tema rustik dan vintage? Sepertinya, kerajinan dari sabut kelapa berbentuk ring dekorasi ini, wajib dimiliki.

Selain menambah kesan estetika, ring dekorasi juga bisa ditambahkan dengan dekorasi lainnya. Misalnya, ditambah bunga kering, ditambah inisial nama, dan lain-lain.

Demikan contoh kerajinan dari sabut kelapa semoga bermanfaat dan jika ingin menggunakan batoknya bisa dengan mesin cungkil kelapa. Terima kasih.