Fakta Menarik Seputar Jagung yang Jarang Diketahui

Fakta menarik seputar jagung – Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan jagung, bukan? Jagung adalah salah satu makanan dengan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Jagung juga tidak jarang dijadikan sebagai makanan pokok penganti nasi.

Tidak sulit untuk menemukan tanaman jagung, apalagi biasanya tanaman ini juga sangat mudah untuk dibudidayakan. Meski, tidak banyak orang yang mengetahui lebih dalam mengenai tanaman dengan banyak biji ini. Jika kalian ingin mengenal jagung lebih dekat, maka kalian dapat memahami beberapa fakta berikut ini.

1. Sejarah Keberadaan Tanaman Jagung

Fakta Menarik Seputar Jagung

Keberadaan jagung saat ini memanglah sudah sangat mudah untuk ditemukan. Bahkan sepertinya di berbagai benua pun sudah pasti membudidayakan tanaman yang satu ini dan banyak jenis jagung di dunia. Tetapi tidak banyak orang yang tahu akan sebenarnya dari manakah jagung itu berasal.

Jagung sebenarnya didomestikan di Meksiko oleh warga lokal sekitar 9,000 tahun yang lalu. Mereka banyak melakukan perkawinan pada bibit sampai akhirnya menghasilkan hasil panen yang luar biasa. Bahkan hingga sekarang pun sangat mudah untuk menemukan bibit jagung untuk ditanam sendiri.

2. Produksi Jagung Terbesar di Dunia

Fakta Menarik Seputar Jagung

Keberadaan jagung memang sudah menjadi salah satu pangan penting yang diperlukan oleh masyarakat luas. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ternyata terdapat beberapa negara yang menjadi sumber komoditas utama dari jagung.

BACA JUGA  Mengenali Gamelan, Instrument Peninggalan Budaya yang Berada di Sunda, Jawa dan Bali

Amerika Serikat berhasil mematenkan diri menjadi penghasil produksi jagung terbesar di dunia dengan angka sekitar 383,94 juta metrik ton. Selanjutnya Tiongkok dan Brazil pun mengikuti urutannya sebagai penghasil produksi jagung terbesar..

3. Produk Olahan Berbahan Jagung

Fakta Menarik Seputar Jagung

Jagung dianggap sebagai bahan makanan yang sangat dibutuhkan untuk berbagai sektor, karena sering dimanfaatkan. Rasanya memang sulit jika tidak memasukkan jagung ke dalam deretan komoditas pangan yang paling penting di dunia.

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata terdapat sekitar lebih dari 4,000 produk yang memakai jagung sebagai komposisinya. Angka ini bisa lebih dari yang diestimasikan mengingat bahwa terdapat banyak produk lainnya yang diperjualbelikan dan memakai jagung sebagai salah satu bahannya.

4. Jagung Tidak Dapat Tumbuh Liar

Perlu dipahami bahwa jagung tidak seperti tanaman lainnya yang bisa tumbuh secara bebas begitu saja. Hal ini bisa dilihat dari sejarah serta karakteristik alami yang memang dimiliki oleh jagung.

Secara umum jagung adalah tanaman yang harus dirawat oleh manusia sehingga tidak akan bisa tumbuh dengan liar. Oleh karena itu, jangan heran jika kalian mungkin tidak akan menemukan ada jagung liar di jalanan.

5. Jagung Rebus Dapat Mencegah Kanker

Jagung rebus disebut juga sebagai salah satu sumber antioksidan yang baik. Antioksidan yang sangat penting untuk mencegah paparan radikal bebas.

BACA JUGA  Real-World Solutions Of Lovely Bride - The Inside Track

Terlalu banyak terkena radikal bebas bisa menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker. Selain itu, Jagung juga dikenal sebagai kemampuannya untuk menginduksi apoptosis pada sel kanker, dan membiarkan sel-sel kesehatan tidak terpengaruh.

Makanan satu ini juga mengandung fitkomia, yang juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

6. Jumlah Biji yang Ada pada Satu Bonggol Jagung

Terdapat satu hal yang mungkin sedikit menggelitik, tetapi justru mendatangkan rasa penasaran. Hal itu merupakan jumlah biji yang ada di dalam satu bonggol jagung. Mungkin karena ini menjadi sesuatu yang sepele dan tidak banyak yang tahu.

Konon ada sekitar 500 sampai 1,200 biji. Meski rata-rata menyentuh angka 800 biji. Hal tersebut dipengaruhi oleh ukuran jagungnya atau ukuran bijinya.

Dan itulah dia pembahasan tentang fakta merik seputar jagung, semoga artikel yang saya buat dapat membantu kalian dalam mengetahui apa saja yang menarik dari jagung. Bagi kalian yang mau tahu tentang mesin pemipil jagung kalian bisa klik link yang berwarna. Semoga bermanfaat!.