Fitur-Fitur Yang Wajib Di Website Toko Online

Toko online saat ini sudah banyak tersebar di Indonesia, bahkan sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi digital entepreneuer. Website toko online mulai muncul satu persatu disebabkan oleh jenis marketing baru yaitu metode promosi melalui internet atau lebih dikenal sebagai internet marketing. Sejak internet marketing jadi cara promosi andalan, jasa pembuatan website juga ikut berkembang dan semakin banyak.

Dengan semakin banyaknya jasa pembuatan website, tidak semua bisa membuatkan website dengan fitur yang menarik. Maka dari itu Anda perlu menentukan menentukan penyedia jasa pembuatan website yang tepat, ada baiknya jika mereka menyediakan konsultasi IT terlebih dahulu mengenai jenis website yang ingin Anda buat.Sebelum membuat website, Anda juga perlu mengetahui beberapa fitur yang bermanfaat untuk website Anda. Berikut kami lampirkan beberapa fitur yang perlu Anda pertimbangkan.

Image result for toko online yang mudah digunakan
  • Mudah Digunakan. Menurut survey, sekitar 75% pelanggan toko online mengatakan bahwa hal terpenting dari sebuah website toko online adalah kemudahan penggunaannya. Dengan website yang mudah digunakan pelanggan akan terbantu karena dengan mudah mendapatkan apa yang mereka inginkan. karena pelanggan tidak memiliki banyak waktu untuk membuka website untuk berbelanja, Anda harus memberi fitur kategori produk, filter dan search produk.
  • Kolom Review. Selain mudah digunakan, Anda juga perlu menambahkan kolom review atau komentar disetiap produk, supaya pelanggan bisa melihat seberapa banyak orang yang suka menggunakan produk dari tempat Anda. Jadi dengan adanya kolom review memang benar ada konsumen yang memberi review positif dan negative, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Karena dengan adanya review negative Anda bisa mengetahui kekurangan produk dan mulai mengevaluasinya.
  • Foto dan Video High-Resolution. Semakin berkembangnya jaman konsumen pasti ingin melihat foto maupun video produk yang Anda sediakan. Pertama Anda memerlukan foto produk beresolusi tinggi yang bisa diperbesar atau zoom. Setelah Anda memiliki foto atau video beresolusi tinggi, Anda perlu konsultasi kepada jasa pembuatan website tentang website toko online supaya memiliki tampilan foto atau video yang mudah dibuka pada halaman website Anda. Karena kebanyakan konsumen akan kecewa jika foto dan video Anda membutuhkan waktu yang lama.
  • Mobile Friendly. Kini pengguna internet banyak yang menggunakan smart phone, jadi Anda perlu membuat website yang responsif jika dibuka melalui smart phone. Dengan adanya mobile friendly, konsumen tidak akan bingung dan report jika melakukan transaksi di website Anda.
  • Live Chat. Live Chat juga terbilang sangat penting, karena sesekali customer ada yang ingin menanyakan langsung kepada Anda mengenai produk. Dengan adanya live chat anda akan menjalin hubungan dan kemungkinan pelanggan biasa, bisa menjadi pelanggan tetap di website Anda.
  • Kebijakan Pengembalian Barang/Refund. Kebijakan pengembalian barang/refund merupakan fitur penting dari website toko online. Karena konsumen jarang mengetahui tentang kebijakan pengembalian barang, Anda bisa melampirkan fitur ini di website untuk menambah wawasan pelanggan. Dengan adanya fitur ini pelanggan akan mulai mengerti dan suatu saat, ketika mereka mengembalikan barang mereka bisa merasa mudah.
  • SEO Yang Bagus. Search engine optimization atau bisa kita sebut SEO juga terbilang sangat penting supaya website Anda tetap hidup. Dengan adanya SEO yang bagus website Anda akan mudah ditemukan dengan kata kunci yang Anda tetapkan di setiap produk Anda.

Itu lah beberapa fitur-fitur toko online yang harus dimiliki. Semoga dengan beberapa poin tersebut, pendapatan akan semakin meningkat serta brand dari toko online Anda juga akan bertambah.

BACA JUGA  Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Sepeserpun. Tutor Gacor Dek!