Ini Dia Fungsi dan Kelebihan Plastik Kemasan Vacuum

Plastik vakum adalah merupakan satu jenis plastik yang umum digunakan dalam mengemas atau membungkus berbagai macam makanan. Fungsi dan Kelebihan Plastik Kemasan Vacuum sangat banyak dan tentunya memudahkan para pelaku usaha dalam menjalankan usaha yang sedang di gelutinya.

Umumnya kemasan plastik vakum dibuat untuk mengemas bermacam-macam produk seperti: makanan ringan atau snack dan berbagai makanan beku. Ada pula bahan makanan yang bisa diolah kembali yaitu:

  • buah
  • sayuran
  • daging
  • ikan dan masih banyak lagi.

Makanan yang sifatnya olahan, pada umumnya tidak dapat bertahan dengan lama serta bisa cepat kadaluwarsa. Oleh karena itu, sebagian produsen makanan menggunakan campuran bbahan pengawet pada produk makanan yang mereka pasarkan. Tapi perlu di ingat bahwa tidak semua bahan pengawet aman untuk dikonsumsi bahkan masuk kedalam kategori kandungan berbahaya.

Seiring dengan perkembangan zaman yang sudah modern ini, telah hadir teknologi pengemasan vacuum makanan yang menjadi alternatif terbaik dalam gerakan mengurangi penggunaan bahan pengawet pada produk makanan.

Ada beberapa jenis plastik yang dapat digunakan sebagai kemasan untuk produk yang akan anda jual. Tapi tidak semua plastik bisa digunakan untuk plastik vacuum sealer. Plastik yang dapat anda gunakan untuk mesin vacuum bukanlah plastik yang biasa anda gunakan untuk membungkus perkedel ataupun tahu ya. Tentunya anda harus menggunakan plastik yang benar – benar berkualitas jika akan diaplikasikan pada mesin vacuum. Penggunaan plastik yang salah justru akan membuat kemasan jadi terlihat jelek dan tidak menarik, membuat plastik menjadi meleleh atau bahkan dapat merusak kualitas produk anda nantinya.

Cara kerjanya cukup gampang, tinggal memasukan produk ke dalam kemasan plastik vacuum terlebih dahulu, lalu menggunakan mesin vakum (vacuum sealer) untuk menyedot semua udara yang berada di dalam kemasan sebelum disegel / diseal. 

fungsi dan kelebihan plastik kemasan

Fungsi dan Kelebihan Plastik Kemasan Vacuum Sealer

Keuntungannya jika produk makanan menggunakan kemasan plastik vakum antara lain sebagai berikut: 

Lebih Tahan Lama Dan Lebih Rapi

Makanan akan menjadi lebih mudah basi dan kadaluwarsa jika terlalu banyak udara yang beada di dalam kemasan. Hal tersebut dapat terjadi karena mikroorganisme akan cepat berkembang dengan adanya oksigen di dalam kemasan. Makanan seperti daging dan olahan seafood pada umumnya dikemas menggunakan metode pengemasan vacuum seperti ini.

Tujuannya adalah untuk mengurangi kadar bunga es pada produk-produk ketika dimasukkan ke dalam freezer dan juga memperkecil angka kerusakan komposisi gizi dan kontaminasi bakteri yang sangat merugikan produk.

Dengan tujuan tetap menjaga kualitas serta kesegaraan produk ketika sudah dipasaran. Pengemasan dengan menggunakan plastik vacuum juga dapat membuat makanan tampak lebih rapi dan praktis. Sementara itu, kita juga bisa meningkatkan nilai jual dari produk makanan itu sendiri hanya dengan menggunakan metode pengemasan vacuum yang memakai mesin vacuum sealer.

fungsi dan kelebihan plastik kemasan

Harga Biasa Namun Kualitas Luar Biasa

Mengenai harga mesin vacuum, cukup terjangkau dipasaran tergantung dengan ukuran dan ketebalan yang disesuaikan oleh kebutuhan jenis produk makanan. Makanan yang dikemas menggunakan kemasan plastik vacuum antara lain adalah makanan olahan beku contohnya adalah nugget, bakso, sosis, dan lain lain. Karena disimpan pada suhu yang rendah, maka diperlukan kemasan yang cukup kuat dan tebal untuk mempertahankan kualitas produk.

Meskipun jika dibandingkan dengan kantong plastik biasa, harga plastik vacuum memang sedikit lebih tinggi. Tapi jika kita pikirkan kembali, hal ini tentu sangat berguna untuk investasi jangka panjang karena akan terbayar dengan kualitas makanan yang semakin meningkat dan tentunya lebih sehat karena tidak perlu lagi menggunakan bahan-bahan pengawet dalam proses produksinya.

fungsi dan kelebihan plastik kemasan

Hemat Waktu Dan Tempat

Tak hanya makanan olahan saja, kemasan plastik vacuum juga bisa digunakan untuk pengemasan sayuran dan buah buahan. Jenis dan bentuk plastik vakum juga sangat beragam, dapat disesuaikan dengan kebutuhan produk yang akan dikemas. Pada usaha rumahan, sebaiknya menggunakan kemasan plastik vacuum yang kecil dengan harapan tidak memakan banyak tempat.

Manfaat lain yang bisa dirasakan ialah waktu pengemasan yang singkat dan mudah untuk dilakukan. Bagi Anda produsen produk makanan ringan/cemilan, frozen food, daging, buah, sayuran dan lain lain yang ingin produknya bisa bersaing dipasar, cukup dengan menggunakan kemasan plastik vacuum ini, maka produk anda dinilai lebih higienis serta berada di kelas menengah.

Kekurangan dari kemasan jenis plastik vakum ialah plastik tidak dapat disimpan kembali ketika sudah dibuka, sehingga mau tak mau kita harus melakukan proses vacuum ulang atau menyimpan produk pada wadah yang berbeda. Plastik vacuum ini sangat cocok untuk digunakan pada jenis makanan atau produk segar, seperti daging dan ikan, atau bisa juga digunakan untuk produk makanan olahan yang bersifat beku seperti bakso, nugget dan sosis.

Tentunya akan sangat mempengaruhi keuntungan jika menggunakan kemasan plastik jenis vakum untuk produk seperti itu karena makanan akan menjadi jauh lebih awet dan tahan lebih lama nantinya. Oleh karena itu gunakanlah plastik vacuum sealer jika anda berniat menjual produk dan ingin membuatnya lebih awet dan tahan lama, seta berkualitas.