Jagung Halus Pakan Ayam

Jagung halus pakan ayam. Pakan ayam yang paling sering digunakan sehari-hari adalah pakan dengan bahan penyusun utama berupa jagung. Penggunaan jagung juga diberikan dengan berbagai cara dan bentuk.

Biasanya jagung diproses dengan penggilingan sebagai upaya penyesuaian tekstur untuk ayam. Ayam dengan usia anakan akan diberi pakan jagung dengan tekstur halus agar memudahkan konsumsinya dan proses pencernaan.

Sedangkan ayam dengan umur dewasa memerlukan pakan jagung dengan tekstur lebih kasar, karena sistem pencernaannya lebih kuat dibanding ayam dengan usia anakan.

Pemberian pakan jagung pada hewan ternak sangat baik sebagai bahan yang bisa memenuhi kebutuhan harian pada nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi pertumbuhan ayam.

Selain jagung halus, jagung juga memiliki beberapa macam tekstur lain seperti jagung pipil dan juga jagung yang dibuat menjadi tepung. Berikut jenis dan tekstur dari jagung untuk pakan ayam.

Jenis Jagung Halus Pakan Ayam

jagung halus pakan ayam

1. Jagung Pipil

Jagung pipil merupakan bentuk dari produk jagung yang pengolahannya berupa pemisahan biji dengan bonggol jagung. Pemisahan ini memanfaatkan mesin perontok biji jagung ataupun dengan cara manual.

Sebelum melalui proses perontokan biji, Jagung akan mengalami proses pengeringan secara manual di bawah sinar matahari selama beberapa hari, ini bertujuan agar biji lebih mudah rontok ketika dimasukkan mesin atau secara manual dengan tangan.

BACA JUGA  Tips Usaha Keripik Singkong yang Bisa Kamu Terapkan Untuk Bisnismu!

Jagung yang sudah kering dan dipisahkan dari bonggol  jagung akan disimpan pada wadah kering dan pastikan bebas dari jamur. Jamur dengan kadar air yang sedikit akan lebih lama masa simpannya.

2. Jagung Giling

Produk jagung giling merupakan proses atau produk terusan dari jagung pipil. Prosesnya hampir sama dengan jagung pipil, namun jagung giling dilanjutkan dengan proses penggilingan dengan mesin penggilingan untuk menghaluskan tekstur dari biji jagung.

Tingkat halus kasarnya tekstur jagung juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk hewan ternak. Jagung giling pakan ayam dengan tekstur kasar biasanya diberikan pada ternak unggas dengan usia dewasa. Sedangkan jagung yang digiling halus diberikan pada anakan unggas.

3. Tepung Jagung

Tepung jagung merupakan lanjutan dari produk jagung giling. Tepung jagung merupakan tepung giling yang tekstur gilingannya sangat halus dan diperuntukkan sebagai pakan tambahan ataupun pakan pokok untuk hewan anakan.

Kandungan air pada tepung jagung, memiliki jumlah yang paling sedikit dibanding dengan produk jagung halus lainnya. Ini karena pada proses penggilingan tepung diperlukan jagung yang benar-benar kering, karena jika terlalu basah maka akan menghasilkan bubur biji jagung.

Manfaat Jagung Halus Pakan Ayam

1. Sumber Vitamin K

Jagung halus memiliki kandungan vitamin K yang baik untuk ayam. Dengan kebutuhan vitamin K yang tercukupi pada ayam akan membuat bulu ayam terlihat lebih sehat dan bagus. Terlebih untuk ayam hias akan menjadikan nilai plus dan nilai jual.

BACA JUGA  Vendor pemasangan peredam suara di Jakarta

2. Menambah Berat Badan

Ayam dengan berat badan ideal merupakan ayam dambaan semua peternak, dengan memberikan ayam pakan jagung akan memberikan kenaikan bobot yang cukup terlihat karena kandungan karbohidrat yang tinggi pada jagung.

Bertambahnya berat badan ayam akan mempengaruhi nilai jual, terlebih untuk ayam pedaging, dan daging yang dihasilkan juga berkualitas baik.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Untuk menjaga agar gizi dari makanan bisa terserap baik oleh ayam, diperlukan sistem pencernaan yang sehat. Dengan kandungan serat yang tinggi pada jagung akan memberikan dampak baik bagi kelancaran pencernaan ayam.

Serat pada jagung akan membuat pencernaan sehat, sehingga ayam akan cepat mendapat energi dan menyerap gizi nutrisi dari proses pencernaan tersebut tanpa mendapat halangan.

Pencernaan yang baik juga penting untuk menjaga kesehatan keseluruhan pada ayam. Juga kekebalan tubuh meningkat sehingga tidak mudah terserang penyakit.