Berbagai Jenis Plastik Vacuum Sealer Untuk Kemasan Produk

Kemasan produk tak hanya terbuat dari plastik biasa saja tapi juga ada jenis plastik vacuum sealer. Plastik kemasan vakum ini adalah jenis plastik vacuum sealer yang biasa digunakan para pelaku usaha untuk membungkus atau mengemas berbagai jenis produk seperti makanan menggunakan mesin vacuum sealer. Tak hanya itu saja, jenis plastik vacuum sealer juga bervariasi.

Pada umumnya kemasan vacuum sealer ini digunakan untuk mengemas berbagai produk makanan beku, makanan ringan atau snack, sayuran, bumbu-bumbu dapur dan bahan makanan yang bisa diolah lagi. Tak hanya itu, produk daging sapi, daging ayam dan lain-lain juga bisa dikemas menggunakan plastik vacuum sealer ini.

Tentu berbeda antara plastik kemasan biasa dengan menggunakan kemasan vakum. Makanan yang dikemas dalam kemasan akan lebih terjaga kualitasnya sehingga saat dibuka oleh konsumen kualitasnya masih terjaga dan masih layak untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan produk tidak terkontaminasi oleh udara bebas dan bahan-bahan yang berbahaya baik kotoran dan debu ketika proses distribusi.

jenis plastik vacuum sealer

Bahan Jenis Plastik Vacuum Sealer

Kemasan kedap udara pada umumnya dibuat dari bahan plastik LDPE, PET ataupun nylon. Plastik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena kualitas plastik satu dengan plastik yang lainnya tentu berbeda. Berikut merupakan ketiga jenis plastik yang digunakan untuk membuat kemasan kedap udara:

LDPE

Low Density Polyethylene (LDPE)  ialah jenis plastik yang terbuat dari minyak bumi atau bisa disebut thermoplastik. Sifat dari plastik jenis LDPE adalah:

  • Kuat
  • Agak tembus cahaya
  • Fleksibel
  • Permukaannya agak berlemak

Pada suhu kurang dari 60˚C, plastik LDPE sangat resisten terhadap senyawa kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, namun kurang baik bagi gas-gas yang lain misalnya oksigen. Kemasan kedap udara yang berbahan LDPE ini sulit untuk dihancurkan tetapi tetap baik untuk kemasan makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas menggunakan kemasan bahan ini. Jenis kemasan dengan bahan plastik ini jarang diolah kembali. Meskipun sudah diolah kembali, plastik ini biasa digunakan menjadi bahan pembuat ubin lantai.

PET

Polyethylene Terephthalate (PTE/PETE) merupakan jenis plastik yang bersifat jernih, transparan serta tembus pandang. Pada umumnya plastik jenis ini digunakan pada botol kemasan air mineral. Plastik jenis ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai, atau paling banyak tiga kali pakai.

Bila terlalu sering digunakan, apalagi jika digunakan untuk menyimpan air hangat akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan lapisan polimer pada botol meleleh dan mengakibatkan zat karsinogenik yang dapat menjadi salah satu penyebab penyakit kanker, karena pembuatan polyethylene terephthalate menggunakan senyawa antimoni trioksida. Senyawa ini sangat berbahaya jika terserap ke dalam tubuh atau jika kita sampai menghirupnya, akan menyebabkan iritasi kulit bahkan kerusakan pada saluran pernafasan.

Nylon

Jenis plastik vakum sealer berikut ini terbuat dari material nylon yang biasa dikenal sebagai bahan yang cukup tebal sehingga mampu melindungi produk makanan yang terbungkus di dalamnya. Walaupun kemasan dalam ketebalan tertentu tidak akan mudah rusak atau pun tergores. Bahan nylon juga mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ekstrem sehingga makanan ringan ataupun makanan bahan makanan lainnya akan terjaga dalam keadaan apapun pada kemasan tersebut.

Nylon atau nilon merupakan jenis plastik kemasan yang termasuk produk polimer sintetis. Plastik jenis ini memiliki tingkat kekuatan dan elastisitas yang sangat tinggi, karena terbuat dari serat sintetis yang beasal dari minyak bumi. Nylon Pada umumnya digunakan pada produk yang membutuhkan daya tahan yang tinggi seperti tali pancing. Produk lain dari nylon adalah digunakan menjadi bahan kain.

Harga jenis plastik vacuum sealer ini jika dibandingkan dengan plastik kemasan jauh lebih mahal karena memiliki keunggulan lebih lentur, tidak mudah longgar serta tahan lama. Plastik nylon juga dijual dengan ukuran yang bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Plastik ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lama masa kadaluarsa pada suatu produk. Sehingga dengan menggunakan kemasan vacuum nylon ini, udara tidak bisa lagi beada di dalam kemasan ketika udara di dalam sudah divacuum keluar. Kemasan kedap udara berarti tidak adanya mikroorganisme yang dapat menyebabkan basi, karena tidak bisa berkembang biak sehingga produk bisa tahan sampai berbulan-bulan.

Jenis Plastik Vacuum Sealer

jenis plastik vacuum sealer

Terdapat berbagai jenis plastik vacuum sealer yang dapat digunakan untuk mengemas suatu produk. Selain untuk meningkatkan efisiensi, kemasan kedap udara juga bisa digunakan sebagai identitas suatu produk serta menambah ketarikan konsumen terhadap produk kita. Berikut ini merupakan jenis-jenis kemasan kedap udara:

Kemasan Vacuum Bag Three Side Seal

Vacuum Bag Three Side Seal ialah kemasan kedap udara dengan tiga sisi bagian yang diberi perekat atau biasa disebut dengan seal. Kemasan ini sangat efektif untuk mengemas berbagai macam produk, oleh karena itu kemasan jenis ini cukup populer kalangan para pelaku usaha. Produk-produk yang wajar menggunakan kemasan kedap udara Vacuum Bag Three Side Seal adalah : makanan ringan, makanan beku, sosis, beras dan gula.

Kemasan Vacuum Bag Center Seal

jenis plastik vacuum sealer

Vacuum Bag Center Seal ialah kemasan kedap udara yang diberi perekat atau seal pada bagain tengahnya saja, untuk mempermudah proses pembukaan pada kemasan. Kelebihan kemasan jenis ini tak berbeda dengan  kemasan Vacuum Bag Three Side Seal. Di mulai dari kepraktisan atau mudah dibawa, efisien dalam display serta penyimpanan. Produk-produk yang biasanya menggunakan kemasan kedap udara Vacuum Bag Center Seal ini adalah : roti, kopi, garam dan deterjen.

Kemasan Vacuum Bag Gusset

Vacuum Bag Gusset merupakan salah satu kemasan plastik kemasan vakum yang tertua. Kemasan ini biasa digunakan oleh beragam industri, karena kemasa jenis ini memiliki lekukan pada sisi kemasan. Produk-produk yang menggunakan kemasan kedap udara jenis ini adalah : pupuk, makanan hewan peliharaan, produk kue.

Kemasan Standing Pouch Vacuum

Standing Pouch Vacuum ialah kemasan kedap udara modern yang didesain agar dapat berdiri ketika diletakkan di atas rak. Produk-produk yang menggunakan kemasan kedap udara jenis ini adalah : minyak, makanan ringan dan produk cair lainnya.