keset kaki dari sabut kelapa

Keset kaki dari sabut kelapa? Bingung mengenai keset kaki dari sabut kelapa? pusing karena telah mencari kemana-mana tentang cara membuatnya dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membahas tutorialnya. Jika kamu masih penasaran untuk mencobanya, saya akan membagikan tutorial keset kaki dari sabut kelapa yang sangat mudah dan sederhana.

Pengertian Keset dan Sabut Kelapa

keset kaki dari sabut kelapa

Keset ialah alat pembersih yang berasal dari serat atau serat keras dan umumnya dipasang atau diikat dalam satu bagian yang tipis. Keset hampir selalu berubah bentuk, dari keset yang terbuat dari kain, keset bulu halus, keset benang, dan keset kawat, hingga keset bundel dari serat alam.

Mulanya, keset mempunyai bentuk persegi panjang, tetapi bentuk aslinya berbagai macam menjadi beberapa bentuk dan dipakai seperti biasa untuk alas kaki. Keset berikat bisa dibingkai seperti kayu supaya lebih tahan lebih lama, baik yang terbuat dari karet atau pun yang terbuat dari tepung maizena.

Sabut kelapa merupakan bagian dari mesokarp (selimut) yang berupa seperti serabut sabut kasar. Sabut kelapa umumnya disebut sebagai limbah yang hanya menumpuk di bagian bawah tegakan kelapa dan kemudian dibiarkan membusuk atau mengering dengan sendirinya. Sebagian besar sabut kelapa digunakan sebagai pengganti kayu bakar.

Secara tradisional, orang biasanya akan mengolah sabut kelapa untuk membuat sebuah tali dengan menganyamnya menjadi kisi-kisi. Padahal kelapa masih mempunyai nilai ekonomi yang bagus. Sabut kelapa jika dihidrolisis bisa menghasilkan sabut kelapa (coconut fiber) dan juga tepung kelapa (cococoir).

Tetapi, produk utama dari buah kelapa ialah sabut kelapa. Dari produk cocofibre Anda bisa menghasilkan berbagai macam produk turunan yang memiliki manfaat sangat luar biasa. Kelapa umumnya dibuat menjadi kerajinan tangan, yaitu kerajinan dari buah kelapa.

Keset Kaki Dari Sabut Kelapa

keset kaki dari sabut kelapa

Manfaat lain dari sabut kelapa yang harus Anda ketahui, dan mungkin juga bahwa Anda sudah mengetahuinya, ialah digunakan untuk alat penyapu air. Tikar ini mengandung bahan baku yang hampir mirip dengan sapu ijuk dan juga dengan sabut kelapa. Sabut kelapa tikar umumnya diletakkan di luar rumah.

Kelapa merupakan salah satu buah tropis yang dikenal karena khasiatnya yang baik bagi manusia dan hewan. Air pada buah kelapa bisa bermanfaat untuk metode pemulihan, dan bisa menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang karena beraktivitas sepanjang hari.

Hampir di seluruh bagian pohon kelapa bisa digunakan untuk kebutuhan tertentu, sehingga kelapa termasuk jenis pohon yang dijuluki dengan tanaman multifungsi. Hal ini tidak pernah terlepas dari kehidupan masyarakat khususnya yang tinggal di daerah sekitar pesisir pantai. Produk yang dihasilkan juga tentunya tidak sama bentuk. Kelapa yang dibuat dari produk kelapa mempunyai nilai jual yang cukup tinggi tergantung dengan tingkat kesulitannya. Yuk cari tahu tentang cara membuat keset dari sabut kelapa di bawah ini:

Bahan yang Dibutuhkan :

  • kelapa kelapa
  • Palu
  • Pisau/gunting finishing besar

Cara Membuat :

  1. Siapkan jenis kayu yang cocok untuk menganyam sabut kelapa (bisa dengan menggunakan tiang memanjang)
  2. Siapkan tali yang nantinya akan menjadi alur untuk kain.
  3. Anyamlah sabut kelapa (seperti menenun), kasing dari bagian atas, disusun sejajar sehingga semua bagiannya penuh.
  4. Setiap kali Anda mengantre, tolak dengan menggunakan pukulan dari bagian atas hingga keset penuh dan kokoh.
  5. Potong dengan pisau/gunting sisa dari sabut kelapa tersebut.

Kelebihan Keset Sabut Kelapa

  • Pembersih

Karpet dari sabut kelapa ini bisa membersihkan kaki Anda lebih bersih. Bandingkan dengan keseimbangan bahan keset yang lainnya karena sabut kelapa bisa membersihkan kotoran pada kaki dengan maksimal. Karena sabut kelapa ini dapat membersihkan sampai ke sela-sela kaki dan sela-sela jari jari. Dengan fungsi permadani ini akan sangat terasa fungsinya.

  • Bahan bakunya mudah didapat

Karena bahan dasarnya terbuat dari sabut kelapa ini dapat dibuat dari kelapa kering. Bahan bakunya adalah buah kelapa yang sangat mudah ditemukan dimana-mana, karena menggunakan bahan dasar dari sabut kelapa. Permadani kelapa ini harganya sangat terjangkau di kantong dan juga mudah ditemukan di berbagai warung-warung lokal. Apalagi saat ini mudah ditemukan dengan hanya membeli secara online.

  • Tidak berubah warna atau tidak mudah pudar

keset sabut ini berasal dari bahan alami sehingga warna yang dibentuk adalah goresan, yaitu coklat. Keset sabut kelapa ini juga mempunyai warna asli dengan warna tersendiri, juga tidak mudah luntur. Karena warna yang pudar bisa membuat kita khawatir.

  •  Alas sabut kelapa lebih halus

Sayangnya, kelapa dapat dibuat dengan tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Basis keset yang lembut akan menghasilkan permukaan yang sangat halus pula. Sangat padat dan sangat rapat. Proses pembuatan keset sabut kelapa ini ditenun oleh pengrajin. Talinya juga sangat kuat dan strukturnya hampir mirip, yang dapat membuat karpet ini sangat tahan lama. Dengan durabilitas yang panjang atau kokoh, ini menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang memerlukan keset.

kekurangan dari keset sabut kelapa

keset kaki dari sabut kelapa

Cepat Rusak
Karena berbahan baku yang berasal dari sabut kelapa kering keset sabut kelapa mudah rusak karena semakin kering sabut juga akan semakin keras yang bisa menimbulkan kerontokan sabut dan juga bahannya tidak elastis cenderung sangat kaku yang juga menjadikan keset sabut kelapa menjadi mudah rusak

Tekstur yang Kasar
Sudah tak asing lagi bagi keset yang berbahan dasar dari sabut kelapa jika digunakan cenderung sedikit sakit dan gatal karena bahan yang digunakan alami dari sabut kelapa kering oleh karena itu sebagian orang ada yang merasa tidak nyaman.

Sulit Bersihkan
Salah satu pertimbangan untuk membeli keset sabut kelapa ini adalah cara membersihkannya karena sabut kelapa sangat tidak dianjurkan untuk dicuci karena bisa merusak sabut dan bisa membuat sabut kelapanya rontok jadi keset sabut kelapa

hanya dibersihkan dengan cara di sapu/ dikebas, cara tersebut juga terbilang tidak efektif untuk membersihkan keset secara keseluruhan sabut kelapa tersebut sehingga membersihkannya memerlukan perhatian yang khusus.

Dengan fleksibilitas ini, fungsi loyalitas bisa dirasakan dengan baik. Bahan baku ini terbuat dari sabut kelapa yang juga merupakan bahan utama yang dipakai dan juga dengan hiasan yang digunakan adalah ijuk. Selain keset, ada juga Cocomesh Jaring Coconut Coir yang merupakan salah satu produk kelapa.

Anda juga dapat menemukan orang-orang yang jual cocomesh murah dan bemutu di mana-mana, termasuk di toko perlengkapan rumah tangga di sana juga jual cocomesh. Nah, cukup sekian metode tutorial membuat keset kaki dari sabut kelapa pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini bisa membantu Anda, jangan lupa untuk membagikan tutorial ini kepada orang-orang di sekitar kamu supaya mereka semua bisa mengambil manfaatnya juga. Sekian dari saya dan terima kasih.