Mengenal Alat Sterilisasi Wajib Untuk Rumah Sakit & Klinik

Salah satu Prosedur wajib yang harus dilakukan di rumah sakit, klinik atau instansi medis lainnya adalah Sterilisasi alat – alat kesehatan dan non medis seperti sprei, bantal dan lain sebagainya.

Dalam prosesnya sterilisasi dilakukan dalam beberapa metode. Dan biasanya perbedaan metode juga mengindikasikan perbedaan alat yang digunakan. Pada kesempatan kali ini, kita akan sedikit mengenal 3 macam alat sterilisasi yang digunakan di rumah sakit untuk melakukan prosedur sterilisasi.

3 Alat Sterilisasi Wajib Rumah Sakit

1# – Autoclave

Autoclave merupakan alat sterilisasi yang digunakan di banyak kebutuhan, termasuk juga untuk kebutuhan medis atau dunia kesehatan. Autoclave digunakan untuk sterilisai peralatan medis dengan menggunakan metode uap panas bertekanan. Metode ini telah terbukti lebih efektif dibandingkan metode lainnya.

Metode Autoclave bisa mensterilkan bakteri hingga tingkat spora. Autoclave juga mudah didapatkan, anda bisa cari di toko alat medis dimanapunjuga. Atau anda bisa pergi ke fulki hasya yang jual autoclave dengan berbagai varian merk dan volume.

2# – Dry Heat Sterilisator

Dalam bahasa yang mudah, alat ini disebut juga dengan Sterilisator Kering. Tentu saja akan berbeda metode atau cara sterilisasi yang dilakukan dengan Autoclave yang sudah kita bahas di bagian awal.

Sterilisator kering bekerja dengan menggunakan pemancar panas dari infra merah high themperature dalam satu ruangan tertentu. Kelebihan alat ini adalah dapat melakukan sterilisasi dengan cepat dan praktis. Namun terbatas pada alat – alat dengan bahan logam dan bahan lain yang tahan panas.

3# – Lampu UV Sterilisasi

Lampu UV adalah alat yang digunakan untuk sterilisasi ruangan. Ada beberapa ruangan di rumah sakit yang harus dijaga kebersihannya. Termasuk juga steril dari mikroba yang beterbangan di udara. Alat yang digunakan dalam proses ini adalah lampu UV dimana dapat memancarkan gelombang Ultraviolet.

Lampu ini cukup berbahaya apabila dilihat dengan mata secara langsung dalam waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, perlu kehati – hatian dalam penggunaanya,

Nah, itulah beberapa macam alat -alat sterilisasi yang digunakan di rumah sakit atau klinik. Sekian, semoga bermanfaat !

BACA JUGA  Kacamata Terapi Masa Kini Dengan K Ion Nano Premium 5