Memanfaatkan Sabut Kelapa Jadi Sapu Untuk Menjadi Peluang Usaha

Memanfaatkan sabut kelapa jadi sapu untuk dijadikan sebagai peluang usaha tidaklah sulit. Mengingat sapu adalah salah satu produk rumah tangga yang sangat dibutuhkan oleh ibu ibu rumah tangga untuk membersihkan rumah. Walaupun di masa kini sudah banyak alat canggih yang bisa membersihkan rumah, namun untuk sebagian orang, sapu sabut kelapa tetaplah jadi pilihan utama mereka untuk membersihkan rumah. Hal ini karena harga sapu sabut kelapa yang terbilang cukup murah, dibandingkan dengan alat alat pembersih modern lainnya.

Sabut kelapa adalah sebuah limbah yang dihasilkan dari buah kelapa. Pada umumnya sabut kelapa hanya dimanfaatkan untuk bahan bakar rumah tangga untuk memasak. Di daerah penghasil kelapa sendiri, kebanyakan sabut kelapa hanya dibuang tanpa diolah untuk dimanfaatkan menjadi produk yang berguna. Sehingga hanya menambah jumlah sampah yang menumpuk.

Padahal jika diolah dengan baik, limbah sabut kelapa ini bisa dimanfaatkan menjadi sebuah olahan produk yang berguna. Seperti misalnya digunakan untuk pembuatan sapu, keset, pupuk organik, kasur, jok mobil, dll sebagainya. Jika kita mempelajari tentang sabut kelapa, pasti kita akan mengerti bahwa sabut kelapa bisa diolah menjadi banyak barang yang bermanfaat.

Salah satu olahan sabut kelapa yang akan kita bahas di artikel kali ini adalah sapu. Ya, pasti kita sudah tidak asing dengan olahan produk satu ini, karena olahan sabut kelapa yang satu ini sering kita jumpai di rumah. Walaupun sekarang sudah banyak jenis sapu yang terbuat dari bahan plastik, namun sapu sabut kelapa masih menjadi primadona di kalangan ibu-ibu rumah tangga.

BACA JUGA  7 Tips Memilih Jersey Sepeda Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Anda

Peluang pasar dari olahan sabut kelapa satu ini memang cukup besar, bahkan cenderung untuk terus mengalami peningkatan. Agar produk olahan ini tetap bisa bertahan ingatlah untuk selalu menjaga kualitas atau mutu nya.

Cara Memanfaatkan Sabut Kelapa Jadi Sapu

Memanfaatkan Sabut Kelapa Jadi Sapu

Seperti yang sudah dikatakan diatas, bahwa sabut kelapa bisa dijadikan berbagai macam olahan yang menarik serta bermanfaat bagi banyak orang. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan sabut kelapa jadi sapu. Lalu bagaimana ya proses pembuatan sapu dari sabut kelapa ini ? Berikut adalah penjelasan cara membuat dan memanfaatkan sabut kelapa menjadi olahan yang berguna yaitu sapu!

1. Bahan Dan Alat Untuk Memanfaatkan Sabut Kelapa Jadi Sapu

  • Sabut kelapa
  • Satu potong bambu atau carang dengan panjang 1 m
  • Tali / tambang yang terbuat dari sabut kelapa dengan ukuran kurang lebih 2 – 3 mm sepanjang 6 m
  • Sepotong bambu kecil dengan ukuran 3 – 4 mm panjang 20 cm
  • Kayu pemukul dan batu landasan
  • Sikat dari kawat
  • Pisau / parang dan
  • Jarum karung

2. Cara Membuat Sabut Kelapa Jadi Sapu

  • Tahap awal, sabut kelapa dipukul-pukul agar daging sabut kelapa bisa lepas. Jika ingin mudah bisa juga dengan menggunakan mesin pengupas.
  • Sabut kelapa yang telah dipukul-pukul kemudian disikat agar serabut yang dengan ukuran pendek bisa terlepas.
  • Lalu gunakan serat yang pendek sebagai tali.
  • Serat yang panjang kemudian diikat dengan menggunakan tali sabut pada bagian ujungnya, dengan besaran yang kurang lebih seukuran dengan segenggam jari telunjuk.
  • Tiap 1 buah sapu nantinya akan terdiri dari 4 akar sabut yang terpisah, dan 1 ikat sabut yang diikatkan langsung pada bagian ujung tangkai sapu.
  • Lalu tusukan sepotong bambu kecil pada ikatan sabut diujung tangkai, ibaratnya bambu ini sebagai bahu /pundak.
  • Tusukan keempat ikatan sabut di bahu kanan dan kiri tangkai masing-masing 2 (dua) ikat.
  • Kemudian ikatlah ujung sabut kelapa bagian atas dengan bahu tangkai.
  • Sapu sabut kelapa pun siap untuk digunakan.
BACA JUGA  Mutasi Rekening Bank Agar Aktivitas Perbankan Dapat Terkontrol

Olahan Jaring Sabut Kelapa (Cocomesh)

cocomesh jaring sabut kelapa

Selain sapu ada lagi olahan sabut yang juga mempunyai banyak manfaat, olahan ini adalah cocomesh jaring sabut kelapa. Olahan sabut kelapa cocomesh ini memiliki bentuk yang menyerupai jaring raksasa.

Cocomesh jaring sabut kelapa ini memiliki banyak fungsi, diantaranya adalah untuk mencegah terjadinya erosi, membantu proses reklamasi dari sebuah lahan tambang, pantai atau hutan, dan pastinya juga berfungsi untuk penguatan tanah. Pemanfaatan cocomesh untuk menghijaukan kembali lahan bekas tambang atau hutan yang gundul memang terbukti sangatlah manjur.

Jika Anda tertarik dengan cocomesh jaring sabut kelapa ini, Anda bisa mencarinya berbagai toko yang menjual cocomesh baik di internet, di online store, maupun website. Banyaknya orang yang menjual cocomesh di Indonesia ini karena alasan di Indonesia masih memiliki cukup banyak lahan gersang dan lahan bekas pertambangan.

Itulah tadi cara memanfaatkan sabut kelapa jadi sapu yang bisa Anda coba untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda. Dan jika masih ada kekurangan dalam penulisan artikel, saya mohon maaf dan terimakasih.