Membuat VCO Berkualitas Tinggi

VCO Berkualitas

Membuat VCO Berkualitas Tinggi

membuat vco berkualitas tinggi- Virgin coconut oil atau VCO adalah minyak yang terbuat dari daging kelapa segar. Pembuatan VCO umumnya menggunakan susu rendah lemak.

Secara singkat cara pembuatannya adalah dengan mengekstraksi santan dari ampas kelapa, kemudian difermentasi atau bisa juga menggunakan enzim, atau bisa juga dilakukan secara mekanis dengan alat centrifuge.

Dengan mengamati prosesnya, kita juga bisa membuat VCO sendiri di rumah. Selain untuk konsumsi pribadi, membuat VCO sendiri juga bisa jadi ladang bisnis dengan potensi pasar yang besar.

Penasaran cara buat rendang tanpa santan? Simak cara membuat rendang ayam simple tanpa santan di sini.

Manfaat VCO

Membuat VCO Berkualitas Tinggi

Jika Anda dapat membuat VCO sendiri, mungkin kemampuan ini cukup menjanjikan jadi peluang usaha. Selain bisa menggunakan minyak buatan sendiri, jika hasilnya bagus bahkan bisa dijadikan bisnis. Selain itu, di Indonesia terdapat banyak sumber daya kelapa.

Minyak kelapa murni dikenal memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Selain itu, minyak kelapa juga merupakan bahan penting yang digunakan dalam industri kosmetik dan kecantikan.

Minyak kelapa murni umumnya diproses tanpa menggunakan pemanasan, minyaknya masih memiliki kandungan asam laurat yang cukup tinggi. Asam laurat dalam minyak ini ketika masuk ke dalam tubuh akan diproses menjadi monolaurin.

Monolaurin adalah asam lemak rantai menengah yang dikenal sebagai asam lemak rantai menengah (MFCA). Jenis asam lemak yang lebih mudah diserap di usus, sehingga menghasilkan energi lebih cepat meski tidak dibantu oleh enzim.

Jika kita menggunakan VCO setiap hari, sejauh ini tidak ada yang berdampak negatif bagi kesehatan, tidak seperti minyak kelapa biasa, kita harus membatasi penggunaannya. Padahal, dengan rutin mengkonsumsi minyak VCO dapat menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Selain bisa digunakan untuk memasak atau dikonsumsi seperti biasa, VCO juga bisa digunakan untuk mengobati masalah kulit. Misalnya untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, kuman, dan penyebab infeksi lainnya.

Bahkan virgin coconut oil juga bisa mengatasi masalah jerawat, menghaluskan kulit, melembabkannya, mencegah penuaan dini, dan perawatan kulit lainnya.

Beberapa keunggulan di atas bisa membuat harga VCO lebih mahal dari minyak kelapa biasa. Dengan harga yang cukup mahal, kita akan belajar melakukannya sendiri di rumah.

Membuat Minyak Kelapa Murni atau VCO Kualitas Tinggi

Membuat VCO Berkualitas Tinggi

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat minyak kelapa murni, mulai dari pemanasan, fermentasi, pemancingan, tradisional, fermentasi, pengocokan, atau putaran dengan kecepatan tertentu (sentrifugasi).

Metode yang akan dipelajari pada kesempatan kali ini adalah membuat VCO tanpa pemanasan yang cukup, kita akan menggunakan mesin shaker. Tak perlu menggunakan mesin VCO khusus, tapi jika kamu ingin yang lebih praktis manfaatkan alat tersebut.

Peralatan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat vco berkualitas tinggi , pertama kita siapkan peralatan yang diperlukan.

  • Sendok melengkung
  • Tisu putih yang bebas pewangi dan pewangi.
  • Tekanan
  • Corong
  • Selang kecil 0,5 meter
  • Kain putih digunakan untuk menyaring tahu.
  • 4.5 liter wadah lebih transparan
  • Pengocok atau mixer

Bahan-bahan

Bahan utama yang dipakai untuk membuat minyak kelapa murni tentu saja buah kelapa. Gunakan kelapa tua karena tinggi lemak, sehingga baik untuk membuat minyak.

Kamu membutuhkan 5 butir kelapa, parut semua. Kelapa parut tidak boleh dibiarkan lebih dari satu jam. Jadi begitu sudah diparut, langsung diperas untuk mengeluarkan santannya. Hal ini untuk menghindari munculnya bau tengik pada minyak yang sudah jadi.

Setelah mendapatkan parutan kelapa, peras menjadi santan kental atau biasa disebut kanil. Perasan dapat dilakukan melalui saringan halus atau kain saring juga dapat digunakan untuk mempercepat proses dan santan yang diperoleh lebih bersih.

Setelah proses pemerasan selesai, diamkan santan selama 30 menit, hal ini dilakukan untuk memudahkan memisahkan kanil dan endapan.

Jika kanil dan endapan sudah terpisah, masukkan kanil ke dalam mixer sambil diaduk selama 8 jam. Setelah proses pengadukan, selanjutnya akan diperoleh endapan calon VCO. Kami memisahkan sedimen ini dari saluran pembuangan dengan selang kecil.

Pemisahan Minyak dan Air

Setelah memisahkan sedimen dan saluran, diamkan tabung selama kurang lebih 8 jam untuk memisahkan VCO, sedimen medium atau blondo, dan sedimen dasar. Wadah transparan yang digunakan sebelumnya berfungsi untuk melihat terjadinya proses pemisahan ini.

Kita bisa memisahkan blondo dan VCO menggunakan saringan teh yang sudah dilapisi kain. Untuk menghilangkan lapisan atas minyak, gunakan sendok melengkung. Kita harus bersabar dalam proses intake ini untuk mendapatkan VCO yang baik.

Gunakan Mesin

Jika Anda membuat minyak kelapa murni ini untuk tujuan komersial, Anda dapat menggunakan mesin produksi VCO modern untuk menghasilkan VCO berkapasitas besar. Selain minyak adakn posterior yang mudah didapatkan, hasilnya tentunya juga berkualitas tinggi.

Mesin yang dipakai yaitu centrifuge. Minyak yang dihasilkan dari penggunaan mesin centrifuge akan memiliki kadar air yang cenderung rendah.

Oleh karena itu, kualitas VCO yang dihasilkan dari proses sentrifugasi niscaya akan lebih baik dan lebih diminati. Selain kualitasnya bagus, mineral yang ada juga homogen.

Itulah cara membuat vco berkualitas tinggi antigagal. Semoga berhasil! Kamu bisa mendapatkan mesin VCO di Rumah Mesin, kulik websitenya, ya.