Pembahasan Studi Pustaka

Topik kita kali ini adalah tentang studi pustaka, topik ini sangat cocok untuk teman-teman yang akan melakukan penelitian yang kemudian didalam proses penelitian itu terbentuk akibat adanya pandemi seperti Covid-19 yang menyebabkan Dosen atau Pembimbing menganjurkan untuk mengambil judul ataupun penelitian yang bertemakan ataupun metode studi pustaka.

Apa itu studi pustaka? Studi Perpustakaan yaitu penelitian yang dilakukan dengan mempelajari literatur, jurnal-jurnal ilmiah yang tentu saja dicari yang mempunyai kaitan erat dengan masalah yang akan diteliti. Kemudian tujuan studi pustaka adalah untuk menemukan informasi yang relevan dengan tujuan penelitian dari teman-teman sekalian.

Nah mungkin ada dari kalian yang merasa tidak enak melakukan penelitian dengan metode studi pustaka. Janganlah kalian berfikir seperti itu kalau karena memang situasinya tidak memungkinkan untuk mengambil data primer kita melakukan studi pustaka dengan mengambil data skunder.

Nah teman-teman sekalian didalam penelitian studi pustaka ini ada dua hal yang bisa kita tempuh, kalau misalnya ingin mendapatkan data lalu menganalisisnya tapi kita tidak dapat menemukan data primer karena situasi tidak memungkinkan kita menemukan data skunder, dari mana? tentu saja dari tinjauan pustaka dalam bentuk jurnal ataupun literatur ataupun hasil-hasil seminar.

Nah kalau misalnya judulnya tidak membutuhkan data skunder berarti yang dicari oleh teman-teman sekalian adalah informasi jadi data yang sudah dianalisis yang kemudian menjadi informasi, nah judul-judul yang membutuhkan informasi ini adalah misalnya teman-teman yang kuliah di fakultas studi agama islam, pendidikan agama, dakwah, komunikasi, sejarah dsb.

Terkedang mahasiswa merasa sangat berat untuk merubah metode penelitian dari pengambilan data primer mislanya dengan metode kuantitatif ingin wawancara langsung tiba-tiba sekarang harus berubah bisa jadi yang berubah adalah seluruh isi dari penelitian atau mungkin salah satu faktor atau variable nya saja yang dirubah, disini kalian harus membiasakan diri dan mencari yang termudah tidak terlalu menyulitkan teman-teman sekalian.

Mesikpun harus merubah metodenya dari yang tadinya direncanakan dengan data primer sekarang kita mengambil data skunder, tetapi data skunder ini akan berubah fungsinya menjadi data primer pada saat dia sudah digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian.

BACA JUGA  Sinopsis film mendadak kaya 2019