Penyubur Tanaman Aglonema

Penyubur tanaman aglonema, tanaman hias indah nan eksotis. Anda mungkin sudah cukup familiar dengan tanaman hias yang satu ini, yaitu aglaonema. Ini merupakan salah satu tanaman hias yang indah dan eksotis. Motif daun dibalut warna yang cerah, membuat aglonema siap memancarkan pesona pada siapa saja yang memandangnya.

Karena keindahannya, maka tidaklah keliru ketika aglaonema menghiasi sudut ruang dan halaman rumah. Ada yang menanamnya dalam pot dan menaruhnya di ruang tamu atapun teras. Tidak sedikit juga yang menanam aglaonema secara bercampur dengan aneka tanaman hias lainnya di taman perkarangan rumah.
Aglaonema juga tanaman butuh nutrisi

Akan tetapi, ada rasa kegelisahan manakala aglaonema tidak tumbuh dan tidak seindah yang didambakan. Lalu, menduga-duga dalam hati, ada sesuatu yang tidak tepat atau masih kurang. Dicobalah pupuk aglaonema yang ini dan merek itu.

Dengan aplikasi pupuk, ada harapan di sana, yaitu biar aglaonema cukup nutrisi. Dengan tersedianya nutrisi dalam media tumbuh, aglonema tumbuh subur dan memberikan keindahan seperti aglaonema milik tetangga atau aglaonema yang tumbuh secara natural di habitat aslinya.
Memupuk, cara cerdas merawat aglaonema

Memupuk merupakan langkah cerdas dalam penyubur tanaman aglonema. Dengan tersedianya nutrisi atau unsur hara baik makro maupun mikro dalam jumlah yang cukup dan lengkap, maka sudah barang tentu dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan aglaonema.

Ciri-ciri Tanaman Aglonema yang Baik

Aglaonema yang mendapat asupan gizi yang cukup, seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), dan lainnya, maka jumlah daunnya akan banyak seiring waktu, ukurannya juga lebar, kecerahan dan keindahan warna-warni daunnya akan terpancar.

Sebaliknya, aglaonema yang tumbuh kerdil, daunnya sedikit, dan warnanya kusam atau pucat, bahkan kusut, patut diduga salah satunya kekurangan nutrisi. Misalnya saja yang sangat kentara adalah jika kekurangan N. Ketidakcukupan unsur hara makro yang satu ini akan menghambat pertumbuhan vegetatif aglaonema.
Pupuk yang bagus dan cocok untuk aglaonema

BACA JUGA  Tips Instastory Kekinian yang Wajib Kamu Coba Sekarang

Namun, terkadang saking banyaknya jenis pupuk, ada kebingungan pupuk apa yang bagus dan cocok untuk aglaonema. Pupuk aglaonema yang seperti apa, butirankah atau cairankah yang bikin cepat menumbuhkan dan mempercantik daun aglaonema.

Penyubur Tanaman Aglonema yang Bagus dan Cocok

penyubur tanaman aglonema
Aglonema Red Ruby

Humus

Andaikan ingin mengikuti irama alam seperti habitat aglaonema yang original, maka Anda dapat memupuknya dengan humus. Dengan humus, aglaonema akan tumbuh subur dan cantik. Megapa?

Humus mengandung sejumlah unsur hara makro dan mikro alias nutrisinya lengkap. Bahkan, kadar N, P, dan K relatif tinggi. Kandungan N dalam humus bisa mencapai 3%. Demikian juga unsur lainya yang kadarnya tidak perlu diragukan.

Sayangnya, karena sumber dari hutan belantara, maka humus sulit didapatkan dan terbilang langka beredar di pasar. Kalaupun ada, Anda bisa tebak harganya, sudah tentu lebih mahal.

Kalau ada, berapa dosis humus untuk pupuk aglaonema? Anda bisa memupuk dengan1 genggam humus per tanaman aglaonema. Aplikasi humus ini bisa dilakukan setiap 1-3 bulan sekali. Caranya, tabur dan capurkan humus dengan media tumbuh aglaonema.

Kompos

Pupuk aglaonema lainnya, kompos. Pupuk yang berasal dari penguralan atau pembusukan sisa-sisa tanaman dan hewan ini, mampu meningkatkan kesuburan tanaman hias aglaonema.

Kandungan unsur hara kompos lengkap dengan kadarnya juga relatif tinggi. Namun, perlu hati-hati dalam penggunaan kompos untuk aglaonema, jangan sampai memilih kompos yang belum matang sempurna.

Anda bisa mengenali kompos yang bagus dan sudah terdekomposisi dengan baik dengan ciri fisik, seperti warna coklat kehitaman, gembur, remah, tidak lagi tampak sisa bagian tanaman, dan baunya seperti tanah. Satu hal lagi cirinya, yaitu dingin seperti temperatur ruang meskipun dikemas dalam kantong plastik.

Pupuk Kandang

Jika ingin sedikit hemat biaya pemupukan karena harganya terjangkau, Anda dapat memupuk aglaonema dengan pupuk kandang. Pupuk yang berasal dari penguraian kotoran ternak ini, terbilang bagus dan mudah diperoleh.

Unsur haranya lengkap, namun lebih rendah kadarnya dibandingkan humus dan kompos. Tetapi, itu bukan masalah karena Anda bisa meingkatkan dosisnya ketika memupuk aglaonema.

BACA JUGA  Cara Bikin Roti Maryam Empuk dan Renyah

Taburkan 2-3 genggam pupuk kandang untuk setiap tanaman aglaonema. Campur secara merata dengan tanah atau media tumbuh. Jangan lupa disiram setelah memupuknya.

Biar aglonema cepet menunjukkan pertumbuhannya setelah aplikasi pupuk kandang, maka Anda perlu memastikan bahwa pupuk kandang yang Anda taburkan adalah pupuk kandang yang telah matang sempurna. Bukan kotoran ternak segar yang dicampur sekam.

Dekastar plus

Ada banyak jenis pupuk dekastar terutama dari sisi kadar unsur haranya. Jadi, agar tidak salah, pilihlah dekastar plus yang kadar N-nya lebih tinggi dari P dan K untuk pupuk aglonema.

Berapa dosis dan cara aplikasi dekastar plus atau osmocote 17:11:10 untuk aglaonema, Anda dapat membaca artikel ini, Asal Dosis Tepat, Sekali Aplikasi Pupuk Dekastar untuk Aglaonema, Tahan 9 Bulan

Dosis NPK Penyubur Tanaman Aglonema

Jika pemupukan dengan pengocoran – larutkan 1 sendok teh NPK ke dalam 1 liter air, kocor sebanyak 250 ml untuk setiap tanaman aglaonema. Ulangi pemupukan dengan cara ini 10-15 hari sekali. Jika dibenamkan di sekeliling tanaman – Benamkan 1 sendok teh NPK di sekeliling tanaman aglaonema, tutup kembali dengan tanah. Ulangi pemupukan dengan cara ini 1 bulan sekali.
Apapun pupuk yang diaplikasi untuk aglaonema, kalau tidak dimulai dengan media tumbuh yang bagus akan menjadi tidak bermanfaat.

Oleh sebab itu, pastikan Anda menanam aglaonema dalam media tanam yang tepat, misalnya media tanam aglaonema yang bagus terdiri dari tanah, kompos, arang sekam, dan sabut kelapa. Atau, komposisi bahan lainnya yang umum digunakan untuk media tumbuh aglaonema.

Itulah beberapa pupuk aglaonema yang bagus dan bisa menjadi referensi untuk Anda. Memang harus diakui masih banyak lagi jenis pupuk aglonema yang bagus, tetapi tidak mungkin kita bahas dalam artikel ini. Demikian dan semoga bermanfaat.