Ini Alasan Penggunaan Kemasan Plastik Vacuum Sealer Frozen Food!

Kemasan plastik vacuum frozen food sudah familer di kalangan produsen untuk pengemasan frozen food. Orang-orang yang membuka usaha makanan beku ini tentunya memasukkan plastik vacuum ke dalam freezer sebagai perlengkapan utama berbisnis. Seperti yang kalian ketahui, frozen food merupakan produk yang membutuhkan “perlakuan” khusus.

Produk makanan beku ini memerlukan ruang hampa udara untuk mempertahankan kualitas produk. Hal ini tentu tidak mudah mengingat begitu banyak peluang untuk bakteri atau kontaminan luar masuk ke dalam kemasan. Maka, kemasan plastik vacuum frozen food adalah jawaban yang tepat dari kebutuhan khusus ini.

Kali ini kita akan membahas tentang seluk-beluk dari plastik vacuum. Mulai dari kelebihannya untuk produk makanan beku hingga rekomendasi beberapa bahan yang tebaik. Yuk simak pembahasannya!

plastik vacuum frozen food

Poin Krusial Produk Frozen Food

Makanan beku kebanyakan berupa bahan setengah matang yang membutuhkan proses lebih lanjut sebelum dikonsumsi. Proses tersebut tentunya beragam, contohnya pemanasan, pengukusan, atau penggorengan. Karena sifatnya yang belum matang sempurna, produk frozen food sudah jelas mudah membusuk.

Penanganan produk yang kurang tepat dapat menurunkan kualitas produk. Kemasan yang berlubang atau bocor memungkinkan bakteri masuk sehingga dapat merusak kualitas makanan. Penyimpanan pada suhu yang tak sesuai juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pembusukan makanan. Dari sini sudah jelas jika frozen food adalah produk yang rentan rusak.

Oleh karena itu, makanan beku memerlukan pengemasan khusus yang tentunya berbeda dengan produk lain. Salah satu caranya adalah membuat ruang hampa udara pada kemasan produk. Ruang hampa ini berfungsi untuk melindungi produk dari kontaminasi bakteri, proses oksidasi, ataupun kerusakan.

Jika pengemasan dan penyimpanan tidak tepat, maka produk makanan beku akan cepat basi. Padahal, tujuan dari produk ini adalah memberikan keawetan sekaligus kepraktisan dalam penyimpanan dan penyajian. Maka, para pebisnis frozen food harus benar-benar memahami poin krusial dari jenis makanan ini.

Kelebihan Plastik Vacuum Frozen Food

plastik vacuum frozen food

Plastik vacuum menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengemas berbagai makanan beku. Dengan memanfaatkan mesin vacuum sealer, kemasan ini efektif dalam memberikan ruang hampa udara terbaik pada produk frozen food. Berikut ini beberapa kelebihan plastik vacuum untuk makanan beku:

1. Mutu Produk Terjaga

Tidak adanya ruang untuk bakteri atau oksigen masuk ke dalam kemasan, tentu membuat kualitas dari produk makanan beku tetap terjaga baik. Terutama produk-produk seperti daging sapi atau daging ayam beku. Produk makanan berupa daging-dagingan sangat mudah busuk jika kemasannya rusak.

Pemilihan bahan dari kemasa plastik vacuum juga menjadi poin penting. Pasalnya, bahan yang mudah robek tentu berbahaya karena nantinya produk akan mengalami penurunan kualitas. Oleh karena itu, produsen harus jeli dalam memilih jenis bahan plastik vacuum jika ingin produk frozen food-nya tahan lama.

2. Menjaga Nilai Gizi Produk

Karena jika kualitas suatu produk itu bagus, maka nilai gizinya pasti ikut terjaga. Penggunaan plastik vacuum membuat produsen bebas bimbang mengansi kandungan nutrisi frozen food. Baik saat produksi, distribusi, ataupun diterima konsumen; gizi dari produk makanan beku tak akan berkurang.

Walaupun penyajiannya praktis, bukan berarti produk makanan beku tidak mempunyai nilai gizi. Bahkan, nutrisi-nutrisi pada makanan tersebut akan tetap ada jika penyimpanannya tepat. Dengan kata lain, produk boleh tersimpan dalam jangka waktu panjang dan pastinya awet jika penyimpanannya tepat.

3. Tahan Banting

Jika dibandingkan, plastik vacuum memang tak sekuat kemasan kaleng. Tapi, bukan berarti kemasan jenis ini tidak tahan banting loh. Plastik vacuum efektif dalam melindungi makanan beku dari potensi kerusakan dan tentunya tidak mudah pecah.

Kembali ke poin sebelumnya, pemilihan bahan sudah jelas sangat mempengaruhi kelebihan plastik vacuum ini. Semakin baik jenis bahan kemasan, tentu proteksi yang diberikan pula semakin bagus. Sampai saat ini bahan terbaik untuk plastik vacuum ialah nylon.

4. Elastis

Plastik vacuum bersifat elastis sehingga sangat fleksibel. Penyimpanannya bisa menghemat ruang dikarenakan kemasan mudah ditekuk. Bentuknya yang ringkas bisa mengurangi ukuran kemasan produk tersebut. Tak hanya itu saja, kemasan ini juga cukup ringan sehingga tak terlalu signifikan menambah berat bruto produk.

5. Aman untuk Frozen Food Berminyak

Beberapa jenis plastik vacuum tertentu, contohnya nylon, sangat aman untuk digunakan pada produk makanan beku yang berminyak. Contohnya adalah bumbu, rendang, ayam ataupun daging berbumbu, dan masih banyak lagi. Pengemasan menggunakan plastik vacuum ini tidak akan membuat frozen food berminyak mudah bocor ataupun tumpah.

Dengan penggunaan kemasan jenis ini, aroma dan rasa makanan akan tetap terjaga. Kondisi dan kualitasnya akan sama persis seperti saat di produksi. Tak heran jika banyak makanan siap saji yang hanya butuh proses pemanasan sangat memanfaatkan pengemasan menggunakan plastik vacuum.

plastik vacuum frozen food

Nylon: Rekomendasi untuk Kemasan Plastik Vacuum Frosen Food

Bahan nylon menjadi rekomendasi paling bagus pada kemasan plastik vacuum produk makanan beku. Nylon mempunyai karakteristik yang cukup tebal sehingga tidak mudah tergores ataupun berlubang. Tak hanya itu, sifat dari nylon juga tidak melarutkan minyak dan asam. Cocok nih untuk pengemasan produk makanan beku yang berminyak.

Kelebihan lainnya yaitu nylon memiliki daya tahan yang tinggi dalam menghambat pertumbuhan bakteri aerob yang berpotensi merusak produk. Oleh karena itu, produk yang menggunakan bahan ini banyak kita temukan pada produk yang membutuhkan masa simpan lama. Contohnya, daging, ayam bumbu, rendang, bakso, dan masih banyak lagi.

Dilihat dari segi harga, nylon memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Namun, tidak ada salahnya mengeluarkan biaya sedikit lebih besar untuk investasi jangka panjang lebih baik. Lagipula, menjaga kualitas produk menjadi poin terpenting dalam menjalankan bisnis frozen food.