Pola Asuh Anak : Gimana sih cara Mengasuh Anak Remaja Yang Benar

Pola asuh anak yang baik kini perlu dipelajari setiap orangtua. Mengingat banyak sekali tantangan yang dihadapi saat mengasuh anak. Apalagi anak yang sudah menginjak remaja. Untuk menjadikannya tumbuh menjadi dewasa yang baik, ada banyak hal yang harus diajarkan. Maka dari itu, perlu sekali orangtua belajar dan menerapkan pola asuh anak remaja dengan baik.

Zaman yang sudah canggih, berkutat pada teknologi dan internet yang merejalela. Mendidik anak emaja zaman sekarang menjadi hal sulit untuk dilakukan. Bahkan, tidak hanya para remaja saja yang mengenal teknologi, anak-anak kecil juga sudah mengenal dan menggunakannya.

Tidak heran apabila anak remaja selalu berkutat pada gadget. Dari mulai bangun tidur sampai akan tidur lagi kadang tak lepas dengan gadget. Bahkan, dalam pendidikannya pun media belajar yang digunakan tidak lepas dari internet. Oleh karena itu, sebagai orangtua harus paham dengan pola asuh anak remaja yang tepat saat ini. Berikut beberapa tips pola asuh anak remaja yang dapat diterapkan pada anak-anak anda:

1.       Mengajak diskusi si buah hati

Memberikan peran kepada anak sebagai pembuat keputusan boleh dilakukan dalam menerapkan pola asuh anak remaja. Namun, sebelum itu ajak anak mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengannya sekecil apapun itu. Hal ini penting dilakukan agar anak terbuka kepada orangtua. Berbagi cerita tentang apa yang terjadi dengannya, tentang apa yang ia rasakan, dll. Jangan membiarkan anak sulit mengungkapkan pendapat atau menceritakan pengalamannya. Karena, bisa saja anak merasa tidak dianggap dan mencari perlindungan lain di luar rumah.

2.       Pola asuh anak remaja dengan mengajarkan kedisiplinan

Anak yang sudah tumbuh menjadi remaja wajib diajarkan apa itu kedisiplinan. Karena hal ini penting untuknya saat dewasa nanti. Kita dapat mengaplikasikannya pada hal-hal sederhana, seperti patuh dan taat pada perintah orangtua, bangun pagi, pulang tepat waktu, mengerjakan pekerjaan rumah, dll.

3.       Jangan melarang menggunakan gadget

Sebagai orangtua sebaiknya jangan terlalu melarang anaknya untuk bermiain gadget. Namun, harus diingat, anda harus membatasi penggunaannya. Jangan terlalu sering, karena dapat menimbulkan efek ketagihan pada anak.

4.       Mengajarkan anak berpikir positif dan melakukan hal-hal yang baik Sedari kecil, orangtua perlu mengajarkan hal-hal yang baik dari sesuatu yang sepele. Agar anak dapat membedakan mana hal yang baik dan buruk. anak remaja juga harus diajarkan supaya selalu berpikir positif. Untuk membentuk karakternya saat dewasa nanti.

BACA JUGA  Ciri-Ciri Generasi Wanita Milenial, Apakah kita Termasuk?