Review Steins;Gate : Kisah Melawan Takdir dan Waktu

Bagi para penggemar anime, tentu sudah tak asing lagi dengan judul Steins;Gate. Ia merupakan sebuah serial populer hasil adaptasi dari Visual Novel. Steins;Gate sendiri bisa dibilang anime yang mengisahkan tentang perjalanan waktu.

Dari rating yang ia miliki pada situs MyAnimelist tentu sudah menjadi bukti kualitas cerita yang dilimikinya. Dalam kesempatan kali ini, kita akan sedikit mengulas tentang serial yang satu ini dengan mencoba menghindari spoiler supaya kalian tetap bisa menikmatinya.

Ulasan Steins;Gate Indonesia

Review Anime Steins Gate

Secara garis besar, Steins;Gate mengisahkan tentang sosok Okabe Rintarou. Ia merupakan sosok yang menganggap dirinya sebagai Mad Scientist. Bersama teman-temannya ia melakukan berbagai penelitian untuk membuat benda-benda aneh.

Dan tanpa disengaja, Okabe menciptakan Ponsel Microwave yang dapat mengirimkan pesan ke masa lalu. Pada awalnya Okabe dkk melihat hal tersebut sebagai peluang untuk memperbaiki masa lalu sesuai keinginan mereka. Namun Okabe belum sadar tentang apa yang sedang dihadapinya.

Waktu merupakan suatu hal yang rumit, ketika seseorang mulai bermain-main dengan waktu maka pasti ada hal buruk yang terjadi. Ketika Okabe dkk mulai mengirimkan beberapa pesan ke masa lalu, memang ada banyak hal berubah di masa depan sesuai keinginannya.

Akan tetapi ada juga banyak efek lain yang membuat berbagai kejadian buruk yang tak diinginkan. Justru malah membuat kondisi yang bahkan tidak lebih baik dari yang sebelumnya.

Konsep Cerita Steins;Gate

Review Anime Steins Gate

Dalam Steins;Gate kita akan dikenalkan dengan istilah Worldline. Dimana setiap wordline memiliki probabilitas yang berbeda-beda. Hal ini mungkin mirip dengan konsep multiverse. Dimana pada dunia A kita mungkin menjadi dokter, namun di dunia B kita menjadi koki.

Namun konsep Wordline sedikit berbeda dengan multiverse. Dimana dalam Steins;Gate hanya ada 1 worldline yang aktif. Untuk mengubah probabilitas yang ada, maka Okabe harus mengubah apa yang disebut dengan Attractor Field. Salah satunya adalah dengan mengirim pesan ke masa lalu.

Okabe sendiri memiliki sebuah kemampuan yang disebut sebagai Reading Steiner. Yaitu sebuah kemampuan untuk menyimpan ingatan dari worldline lain. Karena ketika Attractor Field berubah dan worldline berpindah, orang-orang tidak akan merasakannya kecuali Okabe.

Plot Cerita Steins;Gate

Review Anime Steins Gate

Lalu apa inti dari cerita Steins;Gate? Ketika berurusan dengan perjalanan waktu, pasti setiap orang ingin memperbaiki kesalahan di masa lalu. Namun dalam Steins;Gate, ada hal-hal yang tak akan bisa dihindari meski kalian tahu kejadian tersebut dan berusaha menceganya.

Contohnya seperti kematian seseorang, ketika di suatu worldline orang tersebut ditakdirkan mati karena kecelakaan mobil. Meskipun kalian mencegahnya untuk diam di rumah saat waktu kematian agar aman. Ia akan tetap mati karena alasan lainnya. Sehingga kematian orang tersebut adalah hal yang mutlak.

Namun jika ceritanya hanya berkutat disana tidak akan terlalu seru. Maka dari itu ada banyak pihak yang ikut memperebutkan teknologi miliki Okabe dkk. Dimana hal tersebut akan memicu berbagai macam konflik di masa depan seperti Perang DUnia Ketika.

Karena Reading Steinter yang dimilikinya, Okabe memiliki beban untuk memikul hal tersebut demi mencegah kehancuran dunia serta mencari cara untuk membuka worldline utopia yang ia sebut sebagai Steins;Gate.

Kesimpulan

Review Anime Steins Gate

Ini merupakan sebuah serial anime yang sangat sayang untuk dilewatkan. Setidaknya harus kalian tonton 2x seumur hidup. Karena jika cuma ditonton sekali masih banyak hal detail yang akan dilewatkan.

Jika kalian suka dengan pembahasan seputar anime dan manga seperti diatas, silahkan kunjungi Chameleonime. Disana kalian akan mendapatkan berbagai informasi dan rekomendasi anime terbaik yang harus kalian tonton.