Tips Membersihkan Kipas Angin dengan Langkah Mudahnya

Tips membersihkan kipas angin perlu Anda ketahui. Kipas angin yang sudah kotor akan sangat mengganggu. Terlebih banyaknya kotoran yang menumpuk pada baling-baling kipas. Hal itu yang akan menjadikan hembusan anginnya semakin berkurang.

Sehingga Anda akan tetap merasa kegerahan meskipun sudah menggunakan kipas angin. Kondisi kipas yang kotor akan menjadikan tampilan kipas terkesan jorok. Untuk itu, Anda perlu untuk membersihkan kipas angin tersebut.

baca juga: sedot tungau jakarta

Inilah Beberapa Tips Membersihkan Kipas Angin

Kondisi kipas angin yang kotor tidak bisa dibiarkan begitu saja. Untuk itu, ketahui beberapa hal mengenai cara membersihkan kipas berikut ini.

Cabut Kabel

Sebelum membersihkan kipas, perlu memastikan kipas tersebut sudah tidak terhubung dengan aliran listriknya. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak terjadi korsleting. Kemudian mendiamkannya beberapa saat untuk menghilangkan panas pada mesinnya.

BACA JUGA  Pusat Toko Kusen Aluminium Bandung Terbaik Dengan Harga Ekonomis

Siapkan Alat

Untuk membersihkan kipas angin, memerlukan beberapa peralatan. Peralatan yang harus Anda siapkan seperti kain lap kering dan basah, obeng, sabun, serta sponge. Selain itu, juga sapu untuk membersihkan debu-debu yang berjatuhan.

Lepas Penutup Baling-Balingnya

Sebelum memulai tahapan pembersihannya, pastikan Anda melepas bagian penutup baling-baling. Caranya dengan membuka bagian sekrup menggunakan obeng. Saat melakukan tahapan ini, sebaiknya melakukannya dengan hati-hati.

buka juga: salon kamar mandi jakarta selatan

Cuci Penutup Kipas

Setelah bagian penutupnya sudah terlepas, Anda perlu untuk mencucinya. Untuk membersihkan penutup kipas angin caranya cukup mudah. Hanya menggunakan air mengalir, spons, dan sabun. Basahi penutup kipas tersebut dan gosok menggunakan sabun dan spons. Kemudian jemur penutup kipasnya sampai kering.

Bersihkan Baling-Baling

Anda bisa beralih membersihkan bagian baling-baling kipasnya. Tahapan ini termasuk tahapan yang sangat penting. Hal itu karena debu-debu biasanya akan menumpuk pada bagian tersebut.

BACA JUGA  Pemahaman AC, Komponen Pendukung dan Cara Kerja AC

Lap Bagian Kepala dan Seluruh Badan Kipas

Anda juga perlu untuk membersihkan bagian kepala dan badannya. Cara membersihkannya dengan cara dilap. Banyak debu yang menempel pada bagian sela-sela kipas tersebut. Sehingga Anda perlu membersihkan bagian-bagian tersebut dengan seksama. Kemudian keringkan bagian kepala dan badan kipasnya menggunakan lap kering.

Bersihkan Kipas Secara Rutin

Untuk membersihkan kipas tidak hanya dilakukan saat debu dan kotoran tampak menumpuk. Sebaiknya Anda perlu melakukan pembersihan tersebut setiap 1 bulan sekali.

Kini Anda mengetahui tips membersihkan kipas angin. Membersihkan kipas angin akan menjadikan kinerja yang optimal dan tidak terkesan jorok.