Tips Untuk Meningkatkan Teknik Memancing Anda

Jika Anda baru saja memulai hobi memancing, mungkin Anda pelu mempehatikan beberapa tips untuk meningkatkan teknik memancing dibawah ini agar Anda dapat menikmati kegiatan memancing Anda dengan lebih baik dan benar.

Bagi Pemancing Pemula

Menangkap ikan dengan cara memancing bisa sangat menyenangkan; sebenarnya, ikan hasil tangkapan itulah yang menjadi alasan sebagian besar pemula belajar cara memancing. Tetapi menangkap ikan ini adalah sebuah proses yang bisa dibilang tidak semudah yang dibayangkan, jadi semakin baik persiapan Anda, semakin banyak pula ikan yang dapat Anda tangkap. 

Di bawah ini adalah beberapa tip memancing pemula untuk membantu meningkatkan hasil tangkapan Anda.

  • UTAMAKAN KESELAMATAN

Sementara sebagian besar pemancing cenderung mengingat barang-barang seperti alat pancing, ember, jaring, dan umpan. Pemula cenderung melupakan hal-hal penting yang tidak berhubungan langsung dengan memancing, seperti membawa sebotol air minum, kursi lipat, atau bahkan kotak P3K. Kita dapat menikmati kegiatan memancing jika kita memiliki peralatan yang menunjang kenyamanan dan keselamatan.

  • TIPS DAN TRIK MEMANCING DI PERAHU

Selain harus selalu mengenakan alat pelampung saat berada di atas air, berapa pun ukuran kapalnya, Anda juga perlu memperhatikan teknik memancingnya. Menggoyangkan tangkapan Anda ke ujung joran mungkin terbukti jauh lebih sulit untuk ditangani di perahu daripada di darat. 

Untuk membuat tangkapan Anda lebih mudah dinaikan, sisakan setidaknya sedikit benang saat menarik tangkapan Anda, Anda dapat mengangkat tali itu sendiri keluar dari air tanpa menggunakan joran Anda. benang yang cukup panjang akan mencegah joran Anda bereaksi terhadap pergerakan ikan yang saat Anda melepaskan kail, selain itu joran Anda juga tidak akan patah saat mengangkat ikan naik ke permukaan.

  • AIR TAWAR VS. AIR GARAM

Banyak dari pemancing pemula yang belajar memancing di air tawar seperti di danau atau sungai. Jika ingin meningkatkan skill memancing Anda, Anda perlu mencoba memancing di laut dengan sebuah perahu. Ini akan membuat Anda merasakan sensasi berbeda ketika memancing di sungai atau kolam ikan air tawar.

  • IKAT DENGAN TEPAT

Membicarakan soal memancing tidak akan lengkap tanpa membicarakan masalah simpul kail. Mengapa mengikat kail Anda dengan simpul yang tepat merupakan hal yang penting? Pertama, simpul yang tepat tidak mudah putus, dan jika Anda menggunakan umpan tiruan, simpul ini akan membuat mereka terlihat berenang secara natural.

  • BUAT UMPAN ANDA BERENANG DENGAN BENAR

Terutama saat Anda memancing di laut dan menggunakan umpan tiruan. Pastikan umpan tersebut berenang mirip dengan aslinya. Ini akan membuat ikan mudah tertarik. Tarik ujung joran Anda dan gulung ke bawah untuk membuatnya kendur. 

Jika Anda melemparkan dan menggulung umpan Anda secepat mungkin, umpan Anda tidak akan terlihat berenang secara alami, dan Anda akan beruntung jika ada ikan yang mau menyambar umpan Anda itu.

  • UBAH TAKTIK

Bagi pemula, memancing di perairan dangkal akan menyenangkan karena Anda bisa melihat baik umpan maupun saat ikan menggigitnya. Tetapi jika itu gagal, tip memancing penting bagi pemula adalah mengetahui kapan harus mengubah taktik. 

Salah satu perubahan taktis adalah melemparkan umpan Anda lebih dalam (atau lebih tinggi jika memancing di drift) sampai Anda menemukan di mana ikan itu berada. Tambah atau kurangi berat saat memancing, pergi ke sink tip atau sinking line saat memancing, gunakan jig, atau umpan dengan tambahan logam. 

Jika umpan dan kedalaman yang berbeda tidak memperbaiki situasi Anda, pilihan taktis Anda yang lain adalah mengubah lokasi. Berkelilinglah untuk mencari ikan.

  • KESABARAN

Mungkin Anda akan membayangkan dimana ada perairan yang masih alami disitu akan ada banyak ikan. Tidak salah, namun Anda perlu menyadari bahwa kegiatan memancing tidak akan semudah itu. Ia memerlukan kesabaran tingkat tinggi. Ingat, memancing adalah sebuah proses, dan semakin baik teknik Anda, maka akan semakin banyak Anda dapat menangkap ikan.

Bagaimana Meningkatkan Skill Memancing Anda

  • MEMANCING DI WAKTU YANG TEPAT

Banyak pemula tidak memperhatikan waktu mereka memancing sehingga tidak banyak yang dapat mereka tangkap. Jika Anda tidak bisa menangkap ikan akhir-akhir ini, pertimbangkan waktu dan cuaca saat Anda memancing. Dan jika Anda memancing di laut, perhatikan pasang surutnya, karena ikan lebih mudah ditangkap saat terjadi pergeseran pasang surut.

  • BELAJAR DARI AHLINYA

Pemancing terbaik membaca majalah memancing dan secara teratur berbagi cerita dengan pemancing lain. Berbicara dan membaca tentang teknik yang berhasil dalam kondisi tertentu akan membantu Anda mempelajari cara memancing yang baru dan menangani situasi apa pun yang Anda hadapi ketika memancing. Jika Anda bisa, temukan mentor yang dapat mengajari Anda keterampilan, ide, teknik, dan pola yang sesuai untuk mereka.

  • MEMANCING DI TEMPAT ORANG LAIN TIDAK MAU MEMANCING

Dalam segala hal, jika Anda memiliki keinginan untuk bekerja lebih keras, maka Anda akan mendapatkan hal yang sesuai dengan usaha Anda. Anda mungkin akan menyebrang sedikit lebih jauh, pergi menelusuri sungai yang jarang dikunjungi orang, ini akan membuat Anda lebih unggul daripada pemancing lainnya. Anda harus serba bisa dan siap mencoba tempat baru. Jangan terjebak pergi ke tempat pemancingan lama yang sama berkali-kali dan mengharapkan hasil yang berbeda.

  • BERPIKIR KE DEPAN

Sebelum Anda melempar umpan Anda yang pertama hari itu, pikirkan terlebih dahulu bagaimana Anda akan menarik ikan Anda, dan menempatkannya ke jaring atau ember Anda. Penangkapan ikan dengan memancing yang berhasil membutuhkan rencana yang matang sehingga Anda siap dan dapat berpikir cepat saat menarik ikan tersebut.

  • BUAT JURNAL

Salah satu hal yang sangat jarang dilakukan oleh orang Indonesia yaitu membaca, apa lagi menulis. Namun jika Anda ingin menjadi seorang pemancing yang hebat, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mencatat kemajuan Anda.

Anda bisa saja tidak melupakan kenangan saat Anda mendapatkan tangkapan yang fantastis, namun setelah beberapa saat Anda akan mulai melupakan detail-detail yang menyenangkan. Saat Anda membuat jurnal memancing, Anda akan dapat mencatat apa yang berhasil dan yang tidak selama Anda memancing, dan Anda dapat melihat detailnya nanti. Pantau di mana Anda memancing, suhu air, kondisi cuaca, dan jenis umpan yang Anda gunakan, dan kemungkinan besar Anda akan dapat mengulangi kesuksesan Anda nanti jika metode memancing Anda berhasil.

  • MEMILIKI SIKAP POSITIF

kesabaran dapat Anda masukan kedalam sifat positif ini, karena pada dasarnya memancing adalah kegiatan rekreasional di alam liar, jadi Anda perlu menikmatinya dan tidak perlu merasa depresi jika Anda tidak mendapatkan seekor ikan sekalipun. Namun Anda juga jangan terlalu skeptis, berpikir optimis jika Anda mampu mendapatkan ikan juga perlu.

Membaca buku serta berkumpul di forum khusus pemancing adalah hal yang wajib Anda lakukan untuk membuat skill memancing Anda berkembang. Tetapi Anda tidak akan pernah menjadi pemancing ulung seperti yang Anda inginkan kecuali Anda menghabiskan waktu Anda di atas air. Sungguh menakjubkan,  mengingat memancing adalah pembelajaran yang tidak pernah berhenti.

BACA JUGA  Ingin Miliki Toilet Ramah Lingkungan ? Cek 5 Inspirasinya Disini !