Tips Usaha Keripik Singkong yang Bisa Kamu Terapkan Untuk Bisnismu!

Keripik Singkong. Jika kita membahas cemilan yang satu ini rasanya tak ada habisnya. Peluang usaha yang besar membuat orang lain berlomba-lomba memanfaatkan hal ini. Jika banyak orang yang melakukan usaha ini tentu makin banyak pesaing yang akan kamu hadapi. Kamu perlu tips usaha keripik singkong yang menguntungkan dan bermanfaat untuk keberlangsungan bisnismu. Untuk mengetahui apa saja tips yang bisa kamu gunakan, yuk simak penjelasan di bawah ini

Peluang Usaha Keripik

tips usaha keripik singkong
tips usaha keripik singkong

Keripik singkong. Cemilan ini menjadi pintu usaha bagi masyarakat yang ingin membuka usaha secara mandiri. Peluang usaha keripik singkong masih terbilang luas karena cemilan ini masih bisa terus berkembang.

Jika kamu memperhatikan, ada banyak sekali merek yang menjual keripik singkong baik itu di pasar, warung, toko, ataupun online shop. Hal itu menunjukkan bahwa banyak orang berfikir kalau usaha ini menguntungkan.

Cemilan keripik singkong bisa menjangkau berbagai kalangan baik anak-anak, muda, dewasa, hingga orang tua. Peluang usaha yang besar membuat banyak orang berlomba-lomba memanfaatkan hal ini. Jika banyak orang yang melakukan usaha ini tentu makin banyak pesaing yang akan kamu hadapi.

Selain pesaing, ada juga kendala baik internal ataupun eksternal terkait cemilan ini. Memang benar kalau usaha cemilan keripik singkong ini punya banyak kelebihan, namun kamu harus memperhatikan kelemahan usaha ini supaya kedepannya kamu bisa mempersiapkan dan menganalisa apa saja kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Sebelum membahas tips usaha keripik singkong ada baiknya kita tahu kelebihan dan kendala yang mungkin kamu hadapi selama menjalankan usaha keripik singkong

Kelebihan

  • Bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga
  • Bisa menjadi bisnis rumahan
  • Modal Kecil
  • Bisa dijual tanpa membuat toko atau stand

Kelemahan atau Kendala

  • Harus menyiasati naik dan turunnya harga bahan baku
  • Sulit menemukan distributor tetap dengan harga murah
  • Banyak pesaing yang sudah punya banyak konsumen
  • Harus sering memikirkan strategi dan inovasi terbaru

Tips Usaha Keripik Singkong

tips usaha keripik singkong
keripik singkong

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan yang akan kamu hadapi, berikut ini tips usaha keripik singkong yang bisa kamu pelajari agar bisnis keripik singkongmu lancar, antara lain :

1. Lakukan Berbagai Jenis Pemasaran

Cara agar usaha keripik singkong mu bisa terus bertahan dan berkembang sangatlah banyak, salah satunya adalah melakukan pemasaran dengan sangat gencar. Pemasaran itu bisa kamu lakukan dengan mendirikan stand, menjual ke toko atau warung, memasarkan lewat media online, menerima pesanan, dan masih banyak yang lainnya.

Adanya berbagai jenis pemasaran keripik singkong ini akan membuat usaha mu terlihat profesional, sehingga akan banyak pembeli yang tertarik untuk membeli keripik tersebut.

2. Buatlah Varian Rasa Baru Keripik Singkong

Pemasaran merupakan hal yang sangatlah penting, namun dalam segi produksi kamu juga harus sangat memperhatikan. Untuk menghasilkan produksi keripik singkong jadi lebih menarik, kamu bisa menambahkan berbagai varian rasa pada keripik singkong tersebut.

Secara umum rasa keripik singkong hanya varian rasa original, manis, dan balado saja. Tentu saja kamu bisa membuat dan menambah varian rasa yang lebih baru lagi, hal ini akan sangat bagus untuk membuat pembeli ingin membeli produk keripik singkong yang kamu produksi.

3. Kemasan Keripik Singkong yang Menarik

Apabila kamu juga membuat keripik singkong dalam bentuk kemasan, usahakan buatlah kemasan yang menarik dan seunik mungkin. Tambahkan hal-hal seperti gambar singkong, logo bisnis, komposisi, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan supaya produk keripik singkong tersebut terlihat lebih berkualitas.

Jangan lupa untuk memilih bahan kemasan yang kuat dan juga tahan lama, karena kemasan yang kuat dapat menjaga kualitas keripik singkong dengan baik dan aman. Supaya mudah dan aman kamu bisa menggunakan mesin continous sealer.

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Saat kamu akhirnya mendirikan stand atau toko milik sendiri, carilah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Lokasi yang kamu tentukan ini sangat berpengaruh terhadap ramai tidaknya usaha keripik singkong mu, mengingat usaha camilan ini cukup banyak digemari masyarakat Indonesia.

Pilihlah lokasi usaha yang berdekatan dengan toko besar, pusat kota, sekolah, instansi, ataupun tempat ramai lainnya. Umumnya toko atau stand keripik singkong bisa kamu buka saat siang hari ataupun malam hari, hal ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk meningkatkan penjualan yang ada.