Usaha Jual Pupuk Pertanian Yang Menjanjikan Dijamin Untung

Apakah kamu tertarik untuk menjalankan usaha pupuk? Jika tertarik kamu bisa mencoba untuk menjalankan usaha jual pupuk pertanian. Kenapa pupuk pertanian? Karena di negara kita ini adalah negara agraris yaitu negara yang mayoritas pekerjaan penduduknya berprofesi sebagai petani.

Tentunya dengan alasan tersebut, kamu bisa mengambil peluang usahanya yaitu peluang usaha jual pupuk pertanian. Tapi meskipun peluangnya besar kamu tetap harus konsisten dan tetap pantang menyerah jika usahamu belum dilirik banyak orang.

Persiapan Memulai Usaha Jual Pupuk Pertanian

Berikut ini adalah persiapan yang harus kamu lakukan sebelum mulai menjalankan usaha jual pupuk pertanian

1. Prospek Usaha Jual Pupuk Pertanian

Sebelum kamu memulai membuka usaha pupuk pertanian, akan lebih baik jika kamu lihat dulu prospek serta potensinya di daerahmu. Berapa jumlah pesaingnya? Berapa harga jual pupuknya? Produk pupuk apa saja yang akan dijual?

Setelah mendapatkan jawaban dari pertanyaan diatas, langkah selanjutnya yaitu keberanian kamu untuk memulai usaha pupuk pertanian ini, dan jangan lupa siapkan juga modalnya.

Contoh pupuk pertanian yang bisa kamu jual misalnya pupuk urea, pupuk petrokimia gresik, pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk organik dan berbagai pupuk lainnya.

2. Pangsa Pasar

Kamu juga harus menentukan pangsa pasar yang akan menjadi sasaran kamu misalnya petani di daerah kamu ini. Berapa jumlah petani yang ada di sekitarmu? Biasanya dimana para petani ini membeli pupuk?

3. Produk Terjual

Kamu wajib menentukan produk-produk pupuk apa saja yang akan dijual. Selain hanya menyediakan pupuk kamu juga dapat menjual obat-obatan untuk tanaman, benih sayur, pot tanaman, tanaman hias serta berbagai produk lain yang berkaitan dengan pertanian.

Supaya mendapatkan harga yang lebih murah maka carilah supplier atau distributor pupuk dalam jumlah yang besar dan dapat memberi harga produk yang akan kamu jual menjadi lebih murah.

Tips Untuk Memulai Usaha Jual Pupuk Pertanian

Usaha Jual Pupuk Pertanian Yang Menjanjikan Dijamin Untung
usaha jual pupuk pertanian

Di bawah ini adalah tips dalam menjalankan usaha pupuk pertanian yang perlu kamu ketahui supaya usahamu laris :

1. Jeli Dalam melihat Potensi Pasar

Pertama, lihat bagaimana potensi pasar. Produk kamu tidak akan terjual dengan laris kalau tidak sesuai dengan kebutuhan pasar pada saat itu. Jadi kamu harus tahu mengenai potensi pasar ini.

2. Mengenali Konsumen

Setelah memahami potensi penjualan pupuk pertanian di daerahmu, selanjutnya kamu juga harus mengenali calon konsumenmu. Lihat dan amati didaerahmu berapa banyak petani?

Pupuk peranian kamu jual tentu akan laku bila di sekitarmu adalah para petani yang pada saat waktu tertentu akan membutuhkan pupuk untuk tanaman pertanian mereka.

3. Pilih dan Tentukan Lokasi Usaha

Lokasi dimana kamu membuka usaha pupuk pertanian juga sangat berpengaruh terhadap banyaknya pelangganmu. Lebih baik cari tempat yang mudah untuk dijangkau dan ramai oleh orang.

Semakin mudah orang-orang menjangkau tokomu, maka peluang produk pupuk pertanian kamu untuk terjual juga akan semakin besar.

4. Pilihlah Jenis Pupuk Yang Akan Dijual

Untuk point ini kamu sudah menentukan bahwa yang akan kamu jual adalah produk pupuk pertanian, bisa berupa pupuk urea, pupuk kompos, atau pupuk-pupuk lainnya.

5. Sediakan Juga Produk Sekunder

Selain hanya menyediakan produk pupuk pertanian, kamu bisa menjual pot, benih tanaman maupun sayuran, polibag dan produk lain yang berkaitan dengan tanaman. Jika usahamu sudah berkembang besar kamu juga bisa menjual beraneka mesin pertanian di toko kamu.

Kalau menurutmu modal untuk menjalankan usaha jual pupuk pertanian cukup banyak, kamu bisa mencoba peluang bisnis pupuk organik cair, karena pupuk organik adalah pupuk yang terbuat dari bahan organik disekitar kamu dan kamu membuatnya sendiri, jadi lebih sedikit modal yang diperlukan.