Usaha Jualan Arum Manis yang Semakin Eksis

Arum manis adalah jajanan anak kecil yang sudah ada sejak abad ke-17. Dulunya arum manis pertama kali diciptakan oleh seorang koki yang ada di Italia. Koki tersebut membuat arum manis hanya dengan melelehkan gula murni dan juga meneteskan sirup kedalam adonan tersebut.Nah kini pembuatan arum manis bisa menggunakan mesin arum manis yang modern. Tentu saja hal tersebut akan membantu proses produksi usaha jualan arum manis yang akan kamu jalankan. Karena dengan mesin ini, maka produksimu akan lebih cepat, praktis, efektif waktu, tidak membuang banyak tenaga dan juga tidak banyak memakan tempat. Untuk itu, mari kita simak artikel ini yang akan membahas tentang usaha jualan arum manis dan juga cara pembuatannya.

Perkembangan Usaha Jualan Arum Manis

Berkembangnya zaman yang semakin modern ini juga bisa menjadi sebuah acuan bagi para penjual arum manis, yaitu supaya mereka memberikan inovasi baru terhadap usaha arum manis mereka. Selain itu juga, kini persaingan pasar juga semakin ketat sehingga membuat pedagang arum manis turun tangan agar produk mereka tidak ditiru oleh orang lain. Dari inovasi baru tersebut, contohnya saja sekarang terdapat pembinis usaha arum manis cup, yaitu mereka menggunakan kemasannya yang berupa kemasan cup. Karena sekarang banyak pedagang arum manis yang membungkus dagangannya menggunakan plastik. Sehingga mereka mengembangkan usaha arum manis mereka menggunakan kemasan cup tersebut.

Sekarang ada juga pengusaha arum manis yang menawarkan banyak varian rasa. Karena dulunya, arum manis ini sangat terkenal karena rasa manisnya. Namun sekarang arum manis juga memiliki varian rasa, ada yang rasa bubble gum, asin, masam, buah-buahan bahkan arum manis rasa kopi juga ada. Dari inovasi-inovasi tersebutlah yang membuat banyak orang menjadi penasaran sehingga mereka manjadi ingin mencoba arum manis dengan inovasi terbaru tersebut.

Konsumen untuk Usaha Jualan Arum Manis

Target konsumen untuk jajanan arum manis ini pada dasarnya yaitu hanya untuk kalangan anak kecil saja. Tetapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, jajanan arum manis ini tidak hanya diminati oleh anak kecil saja. Para remaja orang tua pun juga menyukai jajanan arum manis ini. Para orang tua, kebanyakan dari mereka membelinya karena untuk mengenang masa indah disaat masih kecil dulu. Selain itu, arum manis sekarang ini memiliki banyak varian, entah itu dari warna, rasa, kemasan ataupun bentuknya. Sehiungga hal tersebut juga menjadi pemicu para orang dewasa menikmati jajanan yang terkenal dengan rasa manis ini.

Info Produk Arum Manis

Jajanan yang terbuat dari gula, tepung terigu, serta pewarna makanan ini memiliki cita rasa yang khas dibandingkan dengan jenis jajanan kembang gula yang lainnya. Mulai dari teksturnya yang lembut pada saat dimakan dengan bentuk yang ringan bagaikan untaian kapas. Rasanya pun yang manis seperti gula membuat jajanan ini cukup diincar para konsumen atau pecinta jajanan ini.

Beberapa hal perlu kamu siapkan sebelum mulai menjalankan usaha jualan arum manis buatanmu sendiri, yaitu sebagai beriku:

  1. Bahan yang kamu gunakan adalah bahan yang aman untuk kesehatan para konsumen. Hindari penggunaan pemanis buatan atau pewarna non makanan yaitu yang terdapat bahan kimianya. Hal tersebut diperlukan supaya para konsumen arum manismu tidak akan berpaling dengan produsen arum manis lainnya.
  2. Gunakan kemasan produk arum manismu yang unik, menarik dan tentunya aman. Agar konsumen arum manis buatanmu selalu tertarik untuk membeli arum manis yang kamu jual.
  3. Pilihlah lokasi jualan ditempat yang strategis, seperti didepan sekolahan, tempat bermain, pusat perbelanjaan, pasar malam dan tempat lainnya yang biasanya ramai dikunjungi banyak orang.

Cara Membuat Arum Manis

Usaha Jualan Arum Manis

Alat dan Bahan :

  • Mesin produksi arum manis.
  • 1 batang cone stcik, atau stick yang terbuat dari bambu atau bisa juga menggunakan stick lolipop
  • Sendok makan 1 buah
  • Gula pasir 1 kg
  • Pewarna makanan warna biru atau sesuai selera
  • palstik atau cup juga bisa menggunakan standing cup.

Cara Membuat Arum Manis :

  1. Terlebih dahulu, campurkan gula pasir dengan pewarna makanan warna biru atau sesuai selera agar nantinya arum manis buatanmu menjadi menarik. Lalu aduk hingga semua bahan tersebut tercampur rata atau hingga gula pasirnya berwarna biru.
  2. Panaskan mesin produksi arum manis yang akan kamu gunakan.
  3. Masukkan gula pasir yang sudah tercampur rata dengan perwarna makanan tadi ke dalam mesin yang sudah dipanaskan sebelumnya. Tunggu beberapa saat agar gula yang diputar didalam mesin tersebut keluar menjadi seperti helaian rambut atau untaian kapas.
  4. Selanjutnya, gulung arum manis tersebut menggunakan cone stick, atau stick yang terbuat dari bambu atau stick lolipop. Gulung arum manis dengan gerakan memutar pada stick yang kamu gunakan. Sesuaikan ukuran arum manis yang kamu buat dengan ukuran yang kamu inginkan.
  5. Setelah itu, padatkan arum manis dengan cara menggesekkan ke bagian wadah stainless yang ada pada mesin produksi arum manis tersebut.
  6. Dalam pembuatan arum manis ini, kamu harus dilakukan dengan sabar dan telaten. Apabila kamu tidak melakukannya dengan sabar, maka nanti akan terdapat kristal kecil yang kasar dan rusak. Serta hal tersebut bisa juga menjadi penyebab arum manis lengket.
  7. Apabila arum manis sudah jadi, bungkuslah arum manismu dengan menggunakan plastik yang kemudian ditali dengan erat. Atau kamu juga dapat membungkusnya dengan menggunakan sebuah wadah cup yang nantinya dapat ditutup dengan rapat. Hal tersebut dilakukan agar arum manis buatanmu tidak terkena udara secara langsung. Dikarenakan hal tersebut bisa membuat arum manis lengket, mengecil dan juga mengeras.

Kelebihan Dari Usaha Jualan Arum Manis

Proses pembuatan arum manis memang cukup mudah, karena kamu hanya membutuhkan sedikit keterampilan serta kecermatan saat menggunakan mesinnya saja. Bahan utama yang diperlukan untuk membuat arum manis, yaitu gula pasir juga dapat kamu jumpai dengan mudah. Modal yang kamu perlukan untuk usaha arum manismu juga tidak memerlukan modal yang besar. Kamu hanya perlu membeli mesin produksi arum manis yang bisa kamu beli dengan harga yang terjangkau. Jadi dengan modal yang bisa dikatakan sedikit ini, kamu sudah bisa menjalankan usaha arum manismu sendiri.

Pemasaran Usaha Jualan Arum Manis

Tidaklah sulit untuk memasarkan arum manis ini, karena jajanan manis ini sudah menjadi jajanan favorit anak kecil. Jadi kamu bisa memasarkan arum manis buatanmu sendiri di tempat – tempat yang ramai misalnya seperti tempat wisata, tempat rekreasi, kawasan sekolah ataupun di pasar minggu. Kamu pun bisa menawarkan usaha arum manismu untuk menyediakan arum manis pada acara ulang tahun anak-anak. Jajanan manis ini pun juga dapat kamu titipkan pada penjual makanan ringan atau membuka kemitraan yang saat ini sedang hits dikunjungi anak remaja.

Kunci Sukses Usaha Jualan Arum Manis

Bahan baku yang akan kamu gunakan untuk proses pembuatan arum manis harus memiliki kualitas serta keamanan yang terjamin. Agar para pembeli arum manismu tidak segan kembali membeli arum manis yang kamu buat. Selain itu, kamu juga harus bis menawarkan sesuatu yang nantinya akan menarik minat beli para konsumen arum manis buatanmu. Sebagai contohnya, kamu bisa menambahkan kemasan produk yang menarik atau menawarkan varian rasa dan warna kepada para konsumen. Dengan begitu para pembeli akan semakin loyal dengan produk arum manis yang kamu tawarkan.

Pada saat menjalankan usaha arum manis ini, jika kamu ingin proses produksimu lebih cepat dan lebih praktis, maka kamu membutuhkan sebuah mesin pembuat arum manis. Nah jika kamu ingin membeli mesin arum manis ini, kamu bisa mengunjungi toko penjual mesin-mesin makanan. Atau kamu juga bisa membeli secara online tetapi pastikan juga kualitas mesin tersebut. Karena mesin arum manis yang memiliki kualitas yang baik dan bagus, maka juga akan menghasilkan arum manis yang lebih lembut dan enak.

Itu dia sedikit pembahasan mengenai arum manis dan juga usaha jualan arum manis tersebut. Jika kamu ingin membuat arum manis sendiri, kamu bisa melihat resep membuat arum manis diatas. Ingat, dalam proses pembuatannya kamu harus sabar dan juga telaten. Agar nantinya arum amnis buatanmu tidak gagal. Terimakasih.