Usaha Kelapa Parut

Pengertian

Usaha kelapa parut. Kelapa parut adalah kelapa yang diparut menjadi serabut-serabut berwarna putih. Kelapa parut ini memiliki kadar air yang banyak karena ketika telah memasuki tahap parut dan diperas sehingga menghasilkan santan kelapa yang gurih untuk dijadikan pelengkap dalam beberapa masakan. Memarut kelapa dapat menggunakan 2 cara, tradisional maupun modern menggunakan mesin, namun menggunakan cara tradisional dapat memakan waktu yang cukup lama.

Fungsi

usaha kelapa parut

Parutan kelapa ini memiliki banyak kandungan manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh karena terdapat kalori, lemak, protein, dan karbohidrat. Lemak yang terkandung pada parutan kelapa ini tidak berbahaya justru dapat mengurangi kolestrol pada tubuh. Jika anda sedang dalam program menurunkan berat badan, kelapa parut dapat dikonsumsi karena cukup baik untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi kelapa parut juga dapat menurunkan kadar lemak sehingga berat badan dalam tubuh dapat terbantu menyusut .

Memiliki rasa yang gurih, tekstur yang didapat saat memakannya pun seperti ada air santan yang tertelan ke dalam tubuh anda. Untuk mengolah kelapa parut menjadi santapan yang lezat memang banyak jenis makanannya. Biasanya makanan yang bersantan menggunakan kelapa parut yang diperas kemudian menjadi santan. Kelapa parut juga dapat menjadi campuran sayuran matang atau yang biasa disebut urap, selain urap. Kelapa parut juga biasanya dijadikan taburan diatas jajanan pasar.

BACA JUGA  Bahan Dan Cara Membuat Nastar Nanas Yang Renyah Dan Praktis

Cara Mengolah

Karena kelapa parut cepat basi jika tidak disimpan dengan baik di dalam lemari pendingin sehingga pemakaiannya tidak akan bertahan lama. Maka dari itu harus diperhatikan cara mengolahnya dengan baik agar kelapa parut dapat bertahan lama. Berikut adalah caranya :

  • Pilihlah kelapa yang bagus sebelum diparut kemudian dipotong-potong dan dibagi menjadi beberapa bagian.
  • Parut kelapa dengan menggunakan mesin pemarut kelapa atau parutan ( modern/tradisional )
  • Setelah terkumpul menjadi banyak parutan, bentuk bulat bulat hasil parutan dengan menggunakan tangan. Kalau kelapa parutnya dirasa terlalu kering dapat ditambahkan sedikit air.
  • Simpanlah pada wadah kedap udara.
  • Letakan didalam lemari pendingin agar tersimpan rapih dan dapat digunakan lebih lama.
  • Untuk diolah menjadi taburan. Kelapa parut yang sudah bersih sebaiknya dikukus terlebih dahulu, kemudian setelah matang tambahkan taburan garam atau gula agar rasa dari kelapa parut dapat menjadi lebih gurih.
  • Jika anda menyukai hidangan urap, kelapa parut dapat ditambahkan dengan bumbu-bumbu yang sederhana seperti contohnya cabai, garam, kencur, dan gula sehingga dapat lebih mengeluarkan rasa yang nikmat dan gurih.
BACA JUGA  7 Cara Merawat Tanaman Tomat Agar Berbuah Lebat

Usaha Kelapa Parut

Kelapa adalah tanaman yang banyak hidup didaerah tropis, seperti Indonesia. Dan memang, banyak orang di Indonesia menggunakan kelapa sebagai salah satu bahan utama masakan khas Indonesia. Biasanya, kelapa digunakan dalam bentuk kelapa parut atau santan. Maka dari itu banyak orang yang membutuhkan hal ini, maka tidak salah bila kelapa parut dan santan bisa menjadi salah satu lahan bisnis menguntungkan.

Salah satu alasan mengapa usaha ini sangat menarik untuk diikuti karena produk yang dihasilkan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Santan, contohnya, menjadi salah satu bahan utama masakan yang digunakan oleh masyarakat maupun pengusaha kuliner setiap hari, Belum lagi, ada banyak toko roti yang juga membutuhkan bahan ini, yang artinya peluang mendapat keuntungan semakin besar.

Yang sangat menjanjikan dari usaha kelapa parut ini bukan hanya karena masyarakat / pengusaha kuliner sangat membutuhkan produk yang dihasilkan. Limbah dari usaha ini juga bisa menjadi uang. Dari mulai serabut kelapa, air kelapa, batok kelapa, kulit bagian dalam kelapa sampai ampas kelapa bisa dijual kembali atau dimanfaatkan untuk hal lainnya. Jadi, tidak ada satu bagian pun yang hilang dan terbuang. Walaupun Kelapa busuk juga laku lho daging kelapanya untuk dijadikan kopra.