Apa Saja Manfaat Lagu Anak-Anak untuk Si Kecil?

Lagu Anak-Anak untuk Tumbuh Kembang Otak


1. Lagu Five Monkey, buat si kecil belajar angka
Ibu pastinya sudah tidak asing lagi dengan lagu Five Little Monkey. Pertama kali mendengarnya, ibu pasti akan berpikir ini sebagai lagu permainan. Namun, ternyata, ada hal lain dari lagu anak-anak ini yang menarik.

Diam-diam lagu Five Little Monkey mengajak anak untuk mengenal angka. Tepatnya pengurangan. Ini karena semakin lama, jumlah anak monyet yang ada dalam lirik semakin berkurang. Lagu ini juga mengajak anak Anda untuk tidak melompat-lompat di tempat tidur yang tinggi karena bisa melukai tubuhnya.

2. Lagu Baby Shark, bantu anak mengenal anggota keluarga
Sepanjang tahun 2017 hingga saat ini lagu Baby Shark berkumandang di setiap acara anak-anak. Tampaknya, hampir semua anak di Indonesia mengenal lagu ini. Lagunya yang cukup catchy dan mudah diikuti ini membuat si kecil mudah menghafalnya. Ditambah lagi warna menarik dalam video klipnya.

Sebenarnya, Lagu Baby Shark ini juga memilki manfaat, lho. Dalam liriknya, disebutkan semua anggota keluarga hiu. Dari sini, anak-anak balita bisa memahami sebutan untuk anggota keluarga. Mulai dari daddy hingga grandpa. Ditambah lagi, ada gerakan tertentu di setiap liriknya.

3. Lagu Kepala Pundak Lutut Kaki, anak diajak mengenal anggota tubuhnya
Ketika memutar lagu ini, biasanya anak-anak akan semangat untuk bergerak. Bagi ibu, lagu ini seperti senam kesegaran jasmani milik balita. Ternyata, bukan hanya untuk menstimulasi gerakan dari si kecil, lagu anak-anak ini juga punya manfaat lain.


Tanpa anak sadari, sebenarnya si kecil tengah belajar soal anggota tubuhnya. Dia akan mulai paham apa yang disebut lutut, kepala, pundak, dan kaki. Ini juga secara tidak langsung melatih anak untuk cekatan. Ini karena setiap lirik yang menyebutkan bagian tubuh, anak harus menunjuknya.

4. Lagu Balonku, ajak anak untuk menggunakan nalarnya
Lagu Balonku pastinya dikenal hampir seluruh orang di Indonesia. Lagu ini sudah diperdengarkan sejak ibu sendiri masih balita. Sebenarnya, lirik dan nada lagu ini sangatlah sederhana. Menyelipkan nama warna dan juga penjumlahan. Namun, ternyata fungsinya bukan cuma itu.

BACA JUGA  Kamu sekarang bisa mengakses Rebahin! Lihatlah 6 situs serupa seperti Film21, Layartancap21, Drama21, Movieon21, LAYARKACA21ID, dan Drama21.ICU di sini.

Pastinya, anak juga harus diajarkan untuk menggunakan nalarnya. Lagu Balonku ini sebenarnya menstimulasi hal tersebut. Misalnya, dalam lirik, “meletus balon hijau, hatiku sangat kacau. Balonku tinggal empat ku pegang erat-erat.”

Dari lirik tersebut, anak diajak berpikir. Kalau balon yang ada lima meletus satu, jadi berapa jumlah balon yang tersisa. Si kecil jadi memahami adanya hubungan sebab-akibat di dalam lirik ini.

5. Lagu Tek Kotek (Anak Ayam), si kecil bisa belajar berhitung
Mengajarkan anak berhitung secara langsung tentunya tidak semudah yang diperkirakan. Hal ini karena anak akan mudah bosan kita diajak belajar. Terutama yang usianya masih balita belum memiliki fokus baik.

Lagu Tek Kotek (Anak Ayam) bisa menjadi solusinya. Lagu anak-anak yang satu ini mengajarkan anak untuk berhitung dan pengurangan. Tanpa disadari anak-anak bisa paham soal hitungan bila dicekoki lagu ini selama beberapa waktu.

6. Lagu Bangun Tidur, anak diajak mengenal rutinitas
Sudah disebutkan sebelumnya, mengajari anak kebiasaan sulit sekali untuk dilakukan. Tidak bisa secara langsung diperingatkan atau diberitahu. Ibu harus mencari cara yang lebih baik supaya kebiasaan tersebut tertanam dan diingat anak. Salah satu caranya dengan lagu Bangun Tidur.

Dalam lagu itu, diutarakan rutinitas yang harus dilakukan si kecil mulai dari bangun tidur hingga pergi ke sekolah. Bila memori si kecil merekam lirik ini, pastinya akan diikuti. Jangan heran anak melakukan aktivitas yang disebutkan dalam liril Bangun Tidur.

7. Lagu If You’re Happy, melatih kemampuan motorik anak
Ibu punya anak yang pasif ketika beraktivitas di luar ruangan? Sejumlah lagu anak-anak bisa bantu memperbaiki hal tersebut. Salah satunya adalah lagu If You’re Happy. Dalam lagu ini, biasanya ibu dan anak akan berpartisipasi dalam gerakan yang disebutkan di lirik.

Tentunya, ini dilakukan dalam keadaan bermain dan gembira. Pastinya, si kecil lama-kelamaan mau mengikutinya. Jangan heran setelah sering melatih motorik dengan lagu ini, anak akan aktif bergerak.

8. Lagu Dua Mata Saya, membuat si kecil mengenal tubuhnya
Banyak anak yang hingga masuk sekolah belum memahami nama beberapa bagian tubuhnya. Untuk menghindari hal tersebut, ibu bisa mengajarinya lagu Dua Mata Saya ketika masih balita.

BACA JUGA  Arti Mimpi Tentang Buah Mangga Menurut Primbon Jawa

Lagu anak-anak ini membuat si kecil memahami jumlah bagian tubuh yang dimiliki. Bahkan, bisa menunjuknya tanpa bingung. Jadi, kepandaiannya tak perlu ketinggalan.

9. Lagu Johny Johny, Yes Papa, bantu anak mengenal fungsi ya dan tidak
Ingat si kecil ini masih dalam tahap belajar. Terkadang, pemahaman soal kata iya dan tidak pun belum diketahui. Nah, lagu Johny Johny, Yes Papa ini membantu anak memahami kapan harus menggunakan kata iya atau tidak dalam percakapan. Memang terkesan seperti lagu permainan, namun ternyata lagu anak-anak ini bermanfaat.

10. Lagu ABCD, anak akan dapat belajar alfabet
Setelah si kecil mulai bisa berbicara, saatnya ibu melatihnya mengenal huruf. Sebenarnya hal ini akan sulit dilakukan bila ibu melakukannya dengan cara belajar di kelas. Namun, ketika ibu menggunakan metode belajar sambil bermain dan bernyanyi, pastinya si kecil akan lebih mudah ingat.

Ibu bisa menyanyikan lagu ABCD atau Alphabet Song untuk si kecil. Gunakan juga kartu huruf agar si kecil hafal juga bentuknya.

11. Lagu Fruits Song, bantu anak mengenal nama buah-buahan
Salah satu cara agar anak mengenal nama-nama buah adalah dengan menggunakan lagu. Coba, deh, ibu menyanyikan lagu Fruits Song sambil memperkenalkan gambarnya lewat kartu atau ponsel. Secara tidak langsung, ibu sudah mengajari informasi baru dan menambah pengetahuannya.

Setelah beberapa kali menyanyikan lagu itu, ibu bisa mengetesnya lagi ke si kecil. Coba perlihatka gambar buah, pinta dia untuk menebaknya. Biasanya, ini akan berhasil setelah lebih dari 10 kali percobaan. Semangat, Bu!

Referensi: lagu anak balita