Cara Membuat Keripik Singkong yang Renyah

Jadi di artikel ini saya akan share bagaimana cara membuat keripik singkong yang renyah nan juga mudah. Resep cara membuat yang akan saya sampaikan sederhana saja, artinya pemula bisa memakai resep ini untuk membuat keripik singkong. Berikut ini cara membuatnya.

Kandungan Nutrisi Singkong

Singkong adalah salah satu dari beberapa jenis umbi-umbian yang memiliki karbohidrat. Singkong merupakan makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Namun tahukah Anda secara pasti apa saja kandungan nutrisi dan manfaat dari singkong?

Kandungan gizi singkong

Singkong mengandung berbagai macam nutrisi yang penting bagi tubuh. Dalam 100 gram singkong yang dimasak, 98% kalori berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein dan lemak. Sebaliknya, singkong juga mengandung serat, vitamin dan mineral.

Di bawah ini adalah 100 gram bahan gizi singkong.

  • Air: 61,4 gram
  • Karbohidrat: 36,8 gram
  • Energi: 154 kalori
  • Protein: 1,0 gram
  • Serat makanan: 0,9 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Kalium: 394 miligram
  • Kalsium: 77 miligram
  • Vitamin C: 31 miligram
  • Fosfor: 24 miligram

Cara Membuat Keripik Singkong yang Renyah Sederhana

cara membuat keripik singkong yang renyah

Setelah kalian ketahui kandungan gizi pada singkong, kali ini akan saya bagikan cara membuat keripik singkong yang renyah. Salah satu cara mengonsumsi singkong adalah dengan dibuat keripik. Lantas bagaimanakah pembuatannya? simak berikut ini.

Baca juga: Cara membuat keripik singkong daun jeruk

Bahan untuk membuat keripik singkong:

  • 1 kg singkong, sudah dikupas dan dicuci bersih
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 250 ml air
  • secukupnya minyak goreng
BACA JUGA  Cara Membuat Keripik Jagung Pedas Manis yang Mudah dan Sederhana

Bahan bumbu halus keripik singkong:

  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sendok makan garam halus
  • 1 sendok makan gula pasir

Catatan: Semua bahan dihaluskan terlebih dahulu, bisa dengan cara diulek ataupun di blender

Langkah dan cara membuat keripik singkong:

  1. Singkong dikupas dan dicuci lalu dipotong-potong tipis. Untuk hasil yang baik dan ketebalan yang sama, Anda perlu menggunakan alat khusus untuk memotong. Selanjutnya, rendam putihnya dalam air yang sudah disiapkan dan rendam irisan singkong dalam air putih.
  2. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian dimasukkan ke dalam rendaman irisan singkong, aduk hingga rata lalu tunggu sekitar 1 jam sampai semuanya terserap.
  3. Selanjutnya singkong diangkat dan dibiarkan hingga benar-benar kering. Biarkan mengering sendiri tanpa bantuan sinar matahari.
  4. Panaskan dengan kompor minyak goreng yang sudah disiapkan lalu goreng irisan singkong sambil diaduk. Setelah matang atau berwarna kuning kecoklatan, emping singkong diangkat kemudian dikeluarkan untuk menghilangkan kandungan minyak di dalamnya.
  5. Tempatkan keripik singkong dalam wadah tertutup agar keranjang dirawat dengan baik.

Manfaat Singkong

Selain terdapat banyak gizi, singkong juga memiliki khasiat bagi tubuh loh. Berikut ini beberapa manfaat singkong bagi tubuh kamu:

1.Menambah energi

Setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Oleh karena itu, singkong merupakan sumber energi yang baik bagi Anda yang melakukan aktivitas fisik yang berat.

BACA JUGA  How to overcome Beautiful Moscow Women

Aktivitas fisik menggunakan glikogen, suatu bentuk glukosa yang disimpan sebagai cadangan energi. Saat mengkonsumsi singkong, glukosa terbentuk oleh karbohidat, selanjutnya diubah menjadi glikogen lalu disimpan di otot. Jadi manfaat singkong untuk menambah energi tidak boleh disepelekan.

2. Mencegah Sembelit

Singkong mengandung pati yang cukup resisten. Pati resisten terdiri dari jenis serat tidak larut yang tinggi selulosa. Jenis serat ini sangat berguna dalam membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Kehadirannya juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik yang melindungi usus dari peradangan. Serat juga akan membantu Anda menurunkan berat badan karena tubuh Anda bisa bertahan lebih lama.

3. Membantu mengendalikan kadar gula darah

Manfaat singkong untuk penderita diabetes sudah tidak diragukan lagi. Makan singkong dapat menurunkan kadar gula darah. Ini karena serat mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Selain itu, kandungan serat didalam singkong bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, menurunkan risiko obesitas, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Mungkin itu saja cara membuat keripik singkong yang renyah beserta kandungan gizi dan manfaatnya. Jika anda menginginkan membuat keripik singkong yang singkat dan cepat misalnya untuk usaha, anda bisa memakai mesin keripik singkong multifungsi. Semoga bermanfaat.