Cara Membuat Nugget Ikan Bandeng Yang Enak Dan Sederhana

Hallo teman teman,sebelumnya kita sudah membahas cara membuat nugget ikan tuna. Selanjutnya akan membahas cara membuat nugget ikan bandeng.

Ikan Bandeng

Nugget juga merupakan suatu bentuk produk dari olahan daging yang terbuat dari daging giling yang di cetak ke dalam bentuk potongan persegi panjang dan dilapisi dengan tepung berbumbu. Nugget juga memiliki kandungan protein,lemak dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain bisa untuk di makan langsung juga bisa sebagai cemilan,nugget ikan juga bisa sebagai lauk makanan. Bahan-bahan yangb digunakan juga dari daging ikan bandeng,minyak goreng,tepung bumbu,tepung tapioca,tepung terigu,tepung roti,telur,bawang putih,bawang merah,garam,dan merica bubuk.

Manfaat Ikan Bandeng

1.Mencerdaskan Otak

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya,ikan bandeng juga mengandung banyak omega-3 yaitu asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu ikan ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

2.Menjaga Kinerja Fungsi Saraf

Ikan bandeng juga merupakan sumber vitamin B1 atau tiamin,yakni vitamin yang berperan sangat penting di dalam menjaga fungsi sistem saraf,mencerna karbohidrat dan melancarkan pada pencernaan. Kekurangan vitamin pada anak juga bisa menyebabkan mengalami gangguan saraf dan penyakit beri-beri.

3.Merawat Kesehatan Tulang Dan Gigi

Kandungan kalsium,magnesium,dan fosfor pada ikan bandeng juga dapat membantu untuk memenuhu kebutuhan anak akan mineral ini. Kandungan ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan pada tulang dan gigi,serta bisa menurunkan risiko anak yang mengalami rakitis dan kerusakan tulang.

4.Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin A,zat besi dan protein pada ikan bandeng juga memiliki peran dalam menguatkan daya tahan pada tubuh. Selain itu protein juga sangat dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membuat komponen imunitas untuk melawan infeksi virus dan bakteri.

Jika ikan bandeng diolah dengan dipresto,manfaat ikan juga didapatkan bisa lebih banyak. Beberapa bandeng presto diolah tanpa membuang sisiknya. Sisik ikan bandeng juga dipercaya mengandung antioksidan dan kolagen yang bisa melindungi sel-sel tubuh pada anak dari kerusakan akibat radikal bebas.

5.Menurunkan Kadar Kolestrol

Walau sering menyerang pada orang dewasa penyakit kolestrol tinggi juga bisa dialami oleh anak-anak. Hal ini juga sangat mungkin terjadi bila mereka terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat,seperti gorengan dan makanan cepat saji.

Selain untuk mencerdaskan otak pada anak,kandungan omega-3 pada ikan bandeng juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolestrol dan lemak dalam darahnya. Kandungan protein dalam ikan bandeng juga dapat untuk membuat anak kenyang.

Cara Membuat Nugget Ikan Bandeng

1.Resep Nugget Ikan Bandeng Presto

Bahan-Bahan:

  • 1 ekor ikan bandeng presto.
  • Telur 1 butir
  • 100 gr tepung panir yang bisa digunakan dengan mesin penepung.
  • Siapkan secukupnya Minyak goreng.
  • Sambal kecap ;.
  • 10 cabe rawit.
  • 1 tomat cincang.
  • 5 bawang merah mentah cincang/1 sdm bawang goreng.
  • 1 buah jeruk limau/belah.
  • 5 sdm kecap manis.
  • Gunakan sejumput garam.

Cara Membuat Nugget Ikan Bandeng Presto:

  1. Buatlah terlebih dahulu bandeng presto menggunakan resep terlampir,simpanlah di dalam freezer jika akan digunakan baru dikeluarkan.
  2. Potong-potonglah bandeng dengan sesuai selera,celupkanlah ke dalam kocokan telur,lumurilah dengan tepung panir,simpah di dalam kulkas,lalu gorenglah hingga benar-benar sudah matang.
  3. Sajikanlah dengan sambal keap atau saus tomat saat masih panas.

Dengan demikianlah artikel yang membahas cara membuat kue dari tepung terigu.Jika ada kata kurang dan lebihnhya saya minta maaf.Cukup sekian dan terimakasih

BACA JUGA  Cara Budidaya Tanaman Jambu Mete