Kenapa Minum Air Kelapa Badan Jadi Lemas ?

Setelah minum air kelapa muda, kenapa badan jadi lemas?. Ini adalah salah satu efek yang bisa ditimbulkan dari konsumsi air kelapa yang melebihi dosis semestinya.

Air kelapa memang terkenal kaya akan manfaatnya bagi kesehatan. Salah satu kandungan utama dalam air kelapa yaitu zat elektrolit, yang dapat menghidrasi serta menyegarkan tubuh terlebih di cuaca yang panas.

Nutrisi dalam air kelapa diantaranya yaitu serat, vitamin C, dan beberapa mineral penting yang diperlukan tubuh seperti kalium, mangan, magnesium, folat, selenium, dan kalsium.

Selain dapat menghidrasi tubuh, air kelapa juga diyakini dapat menurunkan tekanan darah, mencegah batu ginjal, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, dan masih banyak lagi.

Meskipun air kelapa dapat memberikan manfaat yang baik jika dikonsumsi secara teratur, namun bila dikonsumsi secara berlebihan dan melebihi dosis yang semestinya, maka air kelapa justru dapat menjadi penyebab timbulnya efek samping yang buruk bagi tubuh.

Jadi apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan dari konsumsi air kelapa yang berlebihan? yuk simak informasi selengkapnya berikut ini!

Intip juga : Cara Memilih Kelapa Ijo yang Bagus dan Segar

1. Memiliki Sifat Diuretik | Kenapa Minum Air Kelapa Badan Jadi Lemas ?

Efek samping yang bisa Anda rasakan dari konsumsi air kelapa yang berlebih yaitu bisa membuat Anda sering buang air kecil. Air kelapa kaya akan kandungan kalium yang berperan sebagai diuretik alami yang merangsang ginjal untuk mengeluarkan cairan. Hal inilah yang membuat ginjal harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan cairan sehingga badan menjadi lemas.

BACA JUGA  Yuk Ketahui, Kandungan Air Putih dan Manfaatnya Untuk Tubuh Kita!

2. Tinggi Gula, Tidak Cocok untuk Penderita Diabetes

Jika dibandingkan dengan jus buah lainnya, air kelapa memiliki kandungan gula yang rendah. Dalam satu gelas air kelapa, mengandung sekitar 6,25 gram gula. Oleh karena itu, minuman ini tidak cocok bagi para penderita diabetes karena justru dapat membuat tubuh menjadi lemas.

Oleh karena itu, bagi penderita diabetes, air kelapa tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Meskipun kandungan gua dalam air kelapa tidak sebanyak minuman energi dan jus buah lainnya, air kelapa dikenal mengandung banyak kalori.

3. Bertindak Sebagai Pencahar

Bagi sebagian orang, konsumsi air kelapa yang berlebih justru dapat memeberikan efek pencahar pada sistem pencernaan. Namun, bagi Anda yang memiliki sindrom iritasi usus besar sebaiknya hindari konsumsi air kelapa yang terlalu banyak. Kekurangan cairan tubuh yang banyak akibat efek pencahar ini tentu bisa membuat tubuh menjadi lemas.

4. Menurunkan Tekanan Darah | Kenapa Minum Air Kelapa Badan Jadi Lemas ?

Air kelapa diyakini mampu menurunkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin , Anda dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Bagi para penderita tekanan darah rendah sebaiknya membatasi asupan air kelapa karena hal ini justri dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih lemas dan kekurangan tenaga.

Bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat darah tinggi, sebaiknya Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan. Pasalnya, jika dikonsumsi secara bersamaan, justru dapat menyebabkan tekanan darah Anda turun terlalu rendah.

5. Mempengaruhi Tingkat Sodium

Dalam satu gelas air kelapa, terkandung sebanyak 252 mg sodium. Kandungan ini mungkin tidak memberikan efek yang buruk bagi sebagian orang, namun bagi penderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, Anda harus membatasi asupan air kelapa agar tidak berlebihan.

BACA JUGA  Bagaimana Mengelola Masalah Tidur Anda

6. Tidak Baik bagi Orang yang Rawan Alergi

Beberapa orang memiliki alergi terhadap makanan atau minuman tertentu. Tak disangka, ternyata air kelapa juga dapat menimbulkan reaksi alergi tertentu pada orang-orang yang rentan terhadap alergi makanan. Pada dasarnya, kelapa termasuk ke dalam kacang pohon. Bagi orang yang memiliki risiko alergi terhadap kacang pohon, memiliki kemungkinan besar mengalami alergi yang sama saat mengkonsumsi air kelapa.

7. Menyebabkan Ketidakseimbangan Elektrolit | Kenapa Minum Air Kelapa Badan Jadi Lemas ?

Mengonsumsi air kelapa yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan efek buruk pada tubuh seperti hiperkalemia. Gejala-gejala hiperkalemia diantaranya yaitu lemas, pusing, hingga kehilangan kesadaran. Jika Anda mengonsumsi air kelapa sebagai salah satu minuman andalan saat beraktifitas berat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Jadi, sudah jelas bukan, kenapa minum air kelapa bisa membuat badan menjadi lemas?. Ini merupakan efek samping yang diberikan karena mengkonsumsi air kelapa terlalu banyak. Untuk itu, konsumsi air kelapa sesuai kebutuhan dan sewajarnya saja.

Bila Anda sedang menjalani pengobatan penyakit tertentu, sebaiknya Anda mendiskusikan hal ini dengan dokter terlebih dahulu agar konsumsi air kelapa tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Sekian, semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Dapatkan informasi dan update selengkapnya di website kami.