Ketahui Cara Memasang Cooker Hood Rinnai Tanpa Cerobong yang Tepat Berikut Ini!

Di antara semua ruangan yang ada di rumah, dapur menjadi area yang terbilang mudah kotor dan berbau. Hal ini dikarenakan di area dapur umumnya menjadi tempat sampah makanan berkumpul. Selain itu, karena dapur digunakan sebagai tempat memasak, maka akan sangat mudah tercium bau asap maupun bau menyengat lainnya. Kondisi dapur yang berasap dan berbau tentunya tidak baik jika dihirup terus-menerus.

Untuk mengatasi hal ini, umumnya banyak orang membangun dapur dengan jendela atau lubang ventilasi yang lebar. Namun untuk bangunan seperti apartemen, restoran, toko makanan, dll tentu sedikit cukup sulit merealisasikan penggunaan jendela atau lubang ventilasi lebar. Untuk mengatasi asap dan bau menyengat di dapur, di gunakanlah teknologi berupa alat penghisap asap dapur atau yang kerap dikenal juga dengan nama cooker hood. Di pasaran, kebutuhan untuk cooker hood terbilang cukup mudah ditemukan, seperti cooker hood Rinnai tanpa cerobong maupun dengan cerobong asap, dan berbagai merk lainnya.

BACA JUGA  Inilah 4 Keuntungan Pakai Cooker Hood Rinnai Tanpa Cerobong

Dengan adanya cooker hood, maka asap maupun bau menyengat ketika memasak di dapur akan dihisap melalui cerobong menuju ke ruang luar. Agar fungsi cooker hood bisa maksimal, sebaiknya ketika melakukan pemasangan dilakukan secara tepat. Caranya bisa dengan mengikuti tips berikut ini:

  1. Sesuaikan cooker hood dengan kompor yang dipakai, mulai dari ukuran dan penempatannya. Pastikan ukuran cooker hood sama atau melebihi ukuran kompor Anda.
  2. Agar menghasilkan daya hisap yang sesuai dengan keinginan, maka pasang cooker hood dengan jarak antara 60-90 cm dari kompor.
  3. Periksa dinding dan plafon, karena untuk pemasangan cooker hood model chimney akan menggantung plafon. Sehingga kondisi dinding maupun plafon harus kuat.
  4. Jika menggunakan penghisap dengan model cerobong keluar (ekstraksi), maka pastikan pipa keluar tidak terlalu panjang.
  5. Pastikan untuk tegangan listrik yang tertera pada pelat rating memang sesuai dengan sumber listrik di rumah Anda.
BACA JUGA  Panduan Memilih Biro Jasa Perizinan Usaha Profesional

Itu tadi sedikit tips yang bisa Anda lakukan ketika memasang cooker hood agar pemanfaatannya bisa maksimal. Untuk kebutuhan cooker hood, maka Rinnai bisa menjadi pilihan yang terbaik. Ada berbagai pilihan produk dari Rinnai, mulai dari cooker hood Rinnai tanpa cerobong maupun dengan cerobong. Adapun tipe cooker hood dari Rinnai yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, antara lain ada Chimney Series, Insert Series, Island Series, dan Slim Series.