Memahami Fungsi Setiap Bagian Komponen AC

Memahami Fungsi Setiap Bagian Komponen AC

AC ialah satu alat yang berfungsi untuk mengkondisikan udara. Dapat disebutkan AC ialah alat yang berperan untuk pendingin udara sedangkan Service AC Pandeglang merupakan proses pembersihanya. Pemakaian AC di tujuankan untuk mendapatkan temperature udara yang dikehendaki (Sejuk atau dingin). Elemen AC di bagi jadi 4 sisi yakni komponen penting, komponen simpatisan, komponen kelistrikan serta bahan pendingin (refrigerant).

1. Komponen Penting

Kompresor

kompresorFungsi Kompresor AC yakni satu alat yang bekerja untuk mengisap uap refrigan dari evaporator, selanjutnya mendesaknya /mengkompres dengan demikiansuhu serta desakan uap itu bertambah lebih tinggi. Kompresor berperan menyalurkan refrigerant ke semua sistem pendingin.

Kondensor

Kondensor AC ialah satu alat yang berperan untuk mengganti/mendinginkan gas yang bertekanan tinggi menjadi cairan yang bertekanan tinggi. Untuk penempatannya sendiri Kondensor di letakkan di luar ruang/outdoor yang sedang didinginkan agar buang panasnya keluar.

Evaporator

Evaporator AC ialah satu alat untuk memuat uap dingin yang di hasilkan lewat proses Refrigrasi. Proses itu di bisa dengan langkah mengganti nilai dari desakan rendah jadi desakan tinggi hingga didapatkan uap dingin.

Pipa Kapiler

Pipa Kapiler AC adalah elemen penting AC yang berperan turunkan desakan refrigerant serta menyalurkan refrigran ke arah evaporator pada pipa kapiler refrigran yang mengalir ialah berbentuk cair, hingga sering akan keluarkan bunyi seperti saluran air di saat AC bekerja.

Peranan pipa kapiler benar-benar penting sebab menyambungkan dua sisi desakan yang lain yakni desakan tinggi serta desakan rendah

2. Komponen Pendukung AC

Strainer

Strainer atau saringan berperan untuk penyaring kotoran yang terikut oleh refrigran di sistem AC. Kotoran yang berhasil lolos karena strainer telah rusak serta akan menyababkan terhalangnya pipa kapiler,mengakibatkan perputaran pipa kapiler akan terusik.

Accumulator

Accumulator berperan untuk penampung sesaat refrigran cair bertemperatur rendah serta kombinasi minyak pelumas evaporator disamping itu Accumulator berperan mengendalikan perputaran saluran bahan refrigran supaya bisa keluar masuk lewat aliran yang ada dibagian atas accumulutair ke arah aliran isap kompresor.

Untuk menahan supaya refrigrancair tidak mengalir ke kompresor accumulator mengkondisikan bentuk refrigran masih dalam bentuk gas, karena saat bentuk refrigran berupa gas semakin lebih gampang masuk ke kompresor serta tidak menghancurkan sisi kompresor.

Minyak Pelumas Kompresor

Minyak pelumas atau oli kompresor pada system AC bermanfaat untuk melumasi beberapa bagian kompresor supaya tidak cepat aus sebab gesekan. Disamping itu, minyak pelumas berperan menahan panas dibagian-bagian kompresor. Sejumlah kecil dari oli kompresor bersatu dengan refrigran, selanjutnya turut bersikulasi di dalam skema pendingin melalui kondensor serta evaporator.

Oleh karenanya, oli kompresor harus mempunyai kriteria spesial, yakni berbentuk melumasi, tahan pada suhu kopresor yang tinggi, mempunyai titik beku yang rendah sebab bersatu dengan refrigeran, serta tidak memunculkan dampak negatif (menghancurkan) pada karakter refrigeran dan elemen AC yang dilewatinya.

Blower Indoor AC

bermanfaat untuk mengisap udara yang ada di dalam ruang serta menghembuskannya kembali lagi. Jadi pekerjaan penting blower ialah jaga perputaran udara supaya masih fresh dan bersih tapi masih dingin waktu dihembuskan kembali lagi.

Blower Outdoor AC

Seperti namanya, elemen satu ini berupa seperti kipas angin baling-baling seperti kipas angin yang seringkali Anda melihat. Kipas di sini berperanan penting untuk mendinginkan kondensor yang mana adalah sisi paling panas dari AC. Kecuali menolong mendinginkan AC, kipas menolong untuk proses pembuangan panas udara serta menolong kurangi desakan pada refrigant.

3. Komponen Listrik

Thermistor

Peranan dari thermistor sama juga dengan termometer yakni berperanan penting dalam sensor udara di ruang serta dan di luar ruang hingga bisa menganalisis temperatur dingin di ruang seperti perintah dari remote AC yang Anda kehendaki.

Kapasitor

Peranan Kapasitor Pada AC Split – Tiap mesin elektronik sejumlah besar tetap diberi dengan tahanan. Ini di tujuankan untuk penyimpanan daya listrik sesaat. Hingga waktu alat itu dinyalakan pertama-tama telah memiliki kemampuan untuk menolong hidupkan mesin.

Overload

Overload sebuah alat yang berperan untuk amankan kompresor bila kompresor tidak kerja dengan normal, overload kerja dengan putuskan saluran listrik pada kompresor. Di bawah ini ialah kerusakan yang bisa menyebabkan overload kerja:

Kapasitor mati

Kompresor kurang oli

AC Kurang Freon

Skema Refrigran Buntet

Motor Listrik

Sedang pada blower kipas fan AC, ialah tipe motor listrik yang mengganti energi listrik jadi energi makanik. Hingga membuahkan gerakan. Gerakan itu di peranankan untuk mengerakan blower / baling-baling kipas fan, hingga hasil dari putaran itu di pakai untuk buang udara panas pada outdoor, serta udara dingin pada evaporator indoor.

4. Bahan Pendingin Refrigerant

Refrigerant pada skema pendingin AC adalah fluida yang mengalir di skema AC itu dapat di Service melalui Service AC Pandeglang. Refrigerant berperan untuk fluida yang dipakai untuk menghisap panas dari udara pada ruang hingga temperatur di ruang itu jadi bersuhu rendah atau dingin.

BACA JUGA  Mengenal Fungsi AC serta Jenis AC yang Banyak Dipakai