Mengenal Fungsi AC serta Jenis AC yang Banyak Dipakai

AC masih termasuk barang mahal yang cuma berada di kantor, hotel, mal, atau rumah eksklusif termasuk Service AC Rangkasbitung. Tetapi, AC sekarang telah jadi keperluan beberapa orang, khususnya di beberapa kota bercuaca panas.

Disamping itu, air conditioner telah jadi sarana harus khususnya di kamar-kamar hotel, ruangan kerja perusahaan, di ruangan kelas atau serta di kafe. Kita akan mengulas mengenai fungsi serta beberapa jenis AC yang banyak digunkan oleh masyarakat atau perkantoran.

Fungsi AC

Sesuai dengan namanya, air conditioner, AC mempunyai peranan untuk mengondisikan udara dalam suatu ruang supaya berasa sejuk, nyaman, serta sehat. Ada tiga hal yang bisa dikondisikan atau ditata dengan memakai AC, yakni temperatur, kelembapan, serta kebersihan udara.

1. Mengatur Temperatur Udara

Peranan penting AC ialah mengeset suhu di ruang. Temperatur yang diharapkan bisa Anda mengatur lewat angka yang tercantum pada remote control. Biasanya, temperatur paling rendah AC ialah 180 Celsius serta temperatur paling tingginya 300 Celsius.

2. Mengatur Kelembapan Udara

Temperatur serta kelembapan udara sama-sama terkait hingga otomatis, AC berperan mengendalikan kelembapan. Temperatur AC seharusnya ditata pada temperatur bagus, yakni 24–26 derajat Celsius sebab udara yang begitu dingin mempunyai kelembapan tinggi hingga mengakibatkan kulit jadi cepat kering.

3. Membersihkan Udara

Mesin AC diperlengkapi dengan filter untuk memfilter debu serta kotoran yang ada di udara hingga jadi sehat dan bersih. Oleh karenanya, filter AC harus dibikin bersih dengan cara teratur untuk buang kotoran yang tersaring hingga udara dapat terbangun kesejukan serta kebersihannya.

BACA JUGA  Memahami Fungsi Setiap Bagian Komponen AC

Jenis AC

Bersamaan perubahan tehnologi, sekarang AC dibuat dalam bermacam tipe dengan pemakaian yang berlainan. Di bawah ini beberapa macam AC yang dijual di Indonesia.

1. Jenis AC Split Wall

Berikut tipe AC yang banyak dipakai di dalam rumah sebab ukurannya kecil, harga dapat dijangkau, serta perawatannya gampang. Tipe AC split ini terbagi dalam dua sisi yang diletakkan di ruang (indoor) serta di luar ruang (outdoor). Kemampuan AC split beragam di antara 0,5PK–2 PK.

2. Jenis AC Cassette

Tipe AC cassette banyak dipakai di ruang yang semakin luas serta tinggi, seperti perkantoran besar, ruko, atau ruangan tatap muka dengan kemampuan 1 PK sampai 6 PK. Tipe AC cassette terbagi dalam sisi indoor serta outdoor. Tetapi, sisi indoor tidak terpasang pada dinding, tapi di langit-langit ruang.

3. Jenis AC Central

Hotel, gedung bertingkat, serta mal umumnya memakai AC sejenis central sebab mempunyai kemampuan yang besar sekali. Langkah kerja AC tipe ini ialah udara didinginkan di cooling plant yang terdapat di luar ruang, selanjutnya disalurkan ke gedung.

4. Jenis AC Split Duct

Mesin AC tipe split duct kerja dengan membagi udara dingin ke semua ruang lewat skema ducting. Pada AC split duct ada beberapa pengontrol temperatur, tapi mempunyai satu titik kontrol yang terpusat. Tipe AC ducting seringkali dipakai di mal atau ruang yang luas.

BACA JUGA  Memiliki Rumah Sendiri

5. Jenis AC Standing Floor

Sesuai dengan namanya, tipe AC standing floor tidak terpasang pada dinding atau plafon, tapi ditempatkan di atas lantai. Tipe AC ini seringkali dipakai di acara hajatan, seminar, serta semacamnya. Sebab gampang dipindah serta dilepas-pasang, AC standing floor ini seringkali disewakan.

6. Jenis AC Portable

Tipe AC portable memiliki ukuran kecil hingga gampang dibawa serta harga benar-benar ekonomis hingga banyak digunakan beberapa mahasiswa yang sewa kamar indekos. Pada AC portable, sisi kompresor serta evaporator jadi satu serta udara panas dari kompresor dibuang lewat pipa.

7. Jenis AC Window

Seperti AC portable, sisi kompresor serta evaporator pada AC window bersatu. Untuk menempatkan AC window, dinding harus dilubangi sesuai dengan ukuran AC serta AC ditempatkan didalamnya memakai bracket dengan tempat sisi evaporator menghadap ke ruang.

Semoga dengan pahami fungsi serta jenis-jenis AC dari Service AC Rangkasbitung, Anda bisa putuskan jenis AC yang sangat sesuai keperluan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengawasinya supaya kerja dengan maksimal serta tidak cepat rusak.