Pemahaman AC, Komponen Pendukung dan Cara Kerja AC

Beberapa tahun kemarin Service AC Cikupa, AC masih termasuk barang mahal yang cuma berada di kantor, hotel, mal, atau rumah eksklusif. Tetapi, AC sekarang telah jadi keperluan beberapa orang, khususnya di beberapa kota bercuaca panas.

Disamping itu, air conditioner telah jadi sarana harus khususnya di kamar-kamar hotel, ruangan kerja perusahaan, di ruangan kelas atau serta di kafe. Kita akan mengulas mengenai AC dari mulai apakah itu pengertian AC serta elemen simpatisan kiner AC.

Pengertian AC

Air conditioner (AC) ialah mesin yang dibikin untuk memantapkan temperatur serta kelembapan udara di satu ruang. Alat ini dipakai untuk mendinginkan atau memanasi, bergantung keperluan. Tetapi, AC seringkali dikatakan sebagai pendingin udara sebab semakin banyak dipakai untuk mempersejuk ruang.

Walau AC ialah produk tehnologi kekinian, ide pendingin udara telah diketahui semenjak era tengah, yakni pada saat Romawi Kuno serta Persia. Willis Haviland Carrier jadi orang pertama yang mendapatkan AC kekinian bertaraf besar yang memakai energi listrik di tahun 1902.

Komponen AC

Agar bisa jalankan manfaatnya, AC dibuat dengan cara spesial serta terbagi dalam beberapa elemen yang pada umumnya bisa digolongkan dalam empat sisi, yakni elemen penting, elemen simpatisan, kelistrikan, serta refrigeran.

1. Komponen Utama

Elemen penting dalam satu AC ialah elemen yang berperan untuk mengeset suhu udara, terbagi dalam kondensator, kompresor, evaporator, serta pipa kapiler. Di bawah ini keterangan tentang pemahaman serta peranan ke-4 elemen penting itu.

a. Kondensator

Kondensator berperan untuk mengganti kalor, mengganti bentuk refrigeran dari gas jadi cair, serta turunkan temperatur refrigeran. Pipa kondensator dibikin berliku-liku serta diperlengkapi sirip. Kondensator ditempatkan di luar ruang agar melepas panas pada refrigeran ke udara bebas.

b. Kompresor

Kompresor bermanfaat untuk mengedarkan serta memompakan refrigeran ke semua sisi AC yang langkah kerjanya seperti dengan jantung pada manusia. Kompresor diperlengkapi dua buah pipa, yakni pipa hirup serta pipa pencet dan mempunyai dua desakan, yakni desakan rendah serta tinggi.

BACA JUGA  Tips Memilih Jasa Bersih Rumah Pasca Renovasi Bandung Terpercaya

c. Evaporator

Evaporator berperan menghisap serta menyalurkan panas dari udara ke refrigeran hingga refrigeran beralih dari cair jadi gas sesudah lewat pipa kapiler. Evaporator ambil udara panas dari ruang yang selanjutnya melalui sirip-sirip pipa hingga hawanya turun.

d. Pipa Kapiler

Pipa kapiler adalah elemen yang benar-benar utama di dalam AC sebab berperan turunkan desakan serta mengendalikan saluran refrigeran ke evaporator. Pengurangan desakan refrigeran mengakibatkan hawanya ikut juga turun serta berikut yang mengakibatkan udara yang keluar dari AC bersuhu rendah.

2. Komponen Pendukung

Selain komponen penting yang berperan mendinginkan udara, AC diperlengkapi beberapa komponen lain untuk memberikan dukungan kerja AC. Di bawah ini tipe elemen simpatisan AC serta manfaatnya :

Strainer: memfilter kotoran yang terikut di refrigeran.

Accumulator: memuat sesaat refrigeran cair bersuhu rendah serta kombinasi pelumas evaporator, dan jaga supaya saluran refrigeran ke arah kompresor masih lancar.

Blower: menyedot udara panas dari ruang serta mengembuskan udara dingin kembali pada ruang.

Fan (kipas): menolong kondensator buang panas ke udara luar.

3. Komponen Kelistrikan

Sebab AC kerja memakai tenaga listrik, karena itu diperlukan juga elemen kelistrikan yang mempunyai beberapa peranan seperti berikut.

Termostat: mengeset suhu ruang dengan cara automatis supaya sesuai perintah pada remote

Kapasitor: simpan daya listrik sesaat supaya saat dinyalakan, AC telah mempunyai energi untuk hidupkan mesin.

Overload: putuskan saluran listrik pada kompresor bila kerja kompresor terusik, mati, kekurangan oli, atau kekurangan refrigeran.

Motor listrik: mengganti energi listrik jadi energi mekanik pada kipas AC.

4. Refrigeran

Refrigeran ialah zat yang mengalir dalam skema AC serta berperan untuk pendingin. Waktu AC kerja, refrigeran beralih bentuk dengan cara terus-terusan di antara cair serta gas untuk membuahkan udara dingin.

BACA JUGA  Saran dari Dokter Hingga Bayi Usia Berapa Stroller Boleh Digunakan

Cara Kerja AC

Satu AC terbagi dalam dua kumparan yang sama-sama tersambung, yakni kumparan evaporator yang ditempatkan di ruang serta kumparan kondensator yang diletakkan di luar ruang. Kumparan itu berisi refrigeran yang mengalir dengan cara terus-terusan.

Konsep kerja AC benar-benar simpel, yakni jaga supaya kumparan evaporator masih dingin (semakin dingin dari temperatur ruang) serta kumparan kondensator masih panas (semakin panas dari temperatur atmosfer). Refrigeran yang mengalir akan menghisap panas dari dalam ruang serta membuangnya ke luar ruang.

Adapun cara kerjanya ialah sebagai berikut.

Refrigeran dari evaporator yang bertekanan rendah mengalir ke kompresor hingga jadi bertekanan tinggi serta wujudnya menjadi gas panas.

Gas refrigeran panas mengalir ke arah kondensator serta panas akan dilepaskan ke luar ruang dengan pertolongan kipas. Semasa babak pelepasan panas ini, refrigeran akan menjadi cairan serta hawanya turun.

Refrigeran cair mengalir ke katup ekspansi yang berperan batasi saluran serta kurangi desakan hingga temperatur refrigeran makin turun serta lebih dingin dibanding temperatur ruang.

Refrigeran dingin mengalir ke arah kumparan pendingin (cooling coil) pada evaporator.

Udara panas dari ruang yang masuk di AC akan mengalir lewat kumparan pendingin itu hingga jadi dingin.

Udara dingin mengalir lewat kisi-kisi serta dikembalikan ke ruang.

Proses itu berlangsung dengan cara berulang-ulang serta terus-terusan.

Semoga dengan memahami mengenai AC dari Service AC Cikupa, berikut cara kerja serta komponen pendukungnya, Anda bisa putuskan tipe AC yang sangat sesuai keperluan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengawasinya supaya kerja dengan maksimal serta tidak cepat rusak.