Penelitian Yang Mengubah Dunia Ini Berawal Dari Universitas

Setiap tahunnya sains mengalami perkembangan. Banyak penelitian-penelitian yang dilakukan agar ilmu pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Penelitian tersebut tidak semuanya bersifat independen ada juga yang berasal dari universitas. Meski biasanya lab universitas terbatas namun ternyata dapat menghasilkan penelitian yang mengubah dunia. Kali ini artikel akan membahas penelitian hebat berasal dari universitas.

1. Bumi Sebagai Organisme Hidup

Selama ini manusia banyak berfikir bahwa bumi hanya sebuah batu diam yang bisa ditinggali oleh makhluk hidup. Namun pada tahun 1995 di Yale University seorang peneliti bernama James Lovelock menyatakan bahwa bumi merupakan sebuah organisme hidup yang mampu bereaksi dan beradaptasi dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.

2. Fingerprint

Pada tahun 2019 ini banyak handphone yang mengusung sistem keamanan menggunakan fingerprint. Namun darimana fingerprint pertama kali berasal? Fingerprint pertama kali ditemukan melalui penelitian yang dilakukan Alec Jeffreys di universitas Leicester. Alec menyadari bahwa sidik jari setiap orang unik dan berbeda sehingga bisa menjadi sistem keamanan yang kuat.

BACA JUGA  3 Cara Mudah Download Lagu di Smartphone

3. Komputer

Teknologi yang mempermudah kehidupan manusia salah satunya adalah komputer. Berawal dari bentuknya yang besar dan berat, lama kelamaan komputer berubah menjadi lebih kecil dan ringan. Semua ini berawal dari penelitian pertama Alan Turing yang dilakukan di lab Universitas Cambridge. Setelah penelitian pertama tersebut mulai banyak penelitian hebat yang menjadi cikal bakal penemuan komputer.

4. Internet

Penelitian yang mengubah dunia selanjutnya adalah internet. Banyak penelitian yang membantu membangun semua aspek internet yang familiar seperti saat ini. Salah satu yang paling membangun adalah penelitian yang dilakukan oleh Tim Berners-Lee di MIT laboratorium teknologi. Keduanya berhasil menemukan website yang menjadi unsur terpenting dari internet. Bahkan fakta menariknya WWW merupakan hak cipta yang diambil dari namanya.

BACA JUGA  Sistem Kerja dan Keunggulan AC VRV Daikin

Sebenarnya masih banyak penelitian dan penemuan yang berasal dari universitas. Bahkan di Indonesia sendiri salah satu penemuan yang paling mencengangkan di tahun 2019 yakni kayu bajakah ditemukan oleh siswa SMA. Hal ini membuktikan bahwa penelitian yang mengubah dunia dapat berasal darimana saja, dan dilakukan oleh siapa saja.