Cara Membuat Kerupuk Puli Dari Nasi

Tidak jarang nasi sisa terpaksa dibuang karena tidak ada yang mau makan. Namun, jangan terburu-buru. Kalau nasi masih belum basi, olah saja menjadi kerupuk puli. Bahan utama kerupuk puli adalah beras tetapi kamu dapat membuatnya menggunakan nasi sisa yang belum basi.

Ada banyak sekali jenis kerupuk yang dijual dan dibuat di Indonesia, salah satunya yang paling umum dan pasti banyak dikenal orang adalah kerupuk nasi atau banyak juga yang menyebut kerupuk puli. Kerupuk ini sangat mudah untuk dibuat.

Kerupuk nasi atau kerupuk puli ini berbahan dasar nasi. Sehingga Sahabat Fimela dapat menggunakan nasi yang sisa semalam, untuk dijadikan sebagai bahan membuat kerupuk. Kerupuk nasi ini sangat cocok dikonsumsi sebagai pelengkap makan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kerupuk ini sangat mudah ditemukan di dapur. Kunci membuat kerupuk menjadi enak adalah menjemur kerupuk selama dua hari. Ini cara membuatnya sendiri di rumah.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas cita rasa dari krupuk nasi gurih krupuk puli, mulai dari variasi bahan, kemudian pemilahan bahan yang segar, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing Sekiranya ingin mempersiapkan krupuk nasi gurih krupuk puli nikmat di mana pun anda berada, karena anda telah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Cara membuat kerupuk nasi,renyah dan gurih sederhana. Krupuk puli ini merupakan salah satu cara memanfaatkan nasi sisa kemaren ya gaess. Kerupuk puli yang lagi banyak di minati Rasanya sangat renyah dan gurih,,enak buangeettt pokokny Lumajang punya.eitts jgn kawatir, ada AGENYA di daerah. | Cara membuat kerupuk nasi,renyah dan gurih sederhana.

Krupuk puli ini merupakan salah satu cara memanfaatkan nasi sisa kemaren ya gaess. Kerupuk puli yang lagi banyak di minati Rasanya sangat renyah dan gurih,,enak buangeettt pokokny Lumajang punya.eitts jgn kawatir, ada AGENYA di daerah.

BACA JUGA  Membuat Minyak Atsiri Sendiri

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh kepada kualitas cita rasa dari krupuk nasi gurih krupuk puli, mulai dari macam bahan, selanjutnya penyortiran bahan yang segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing Kalau hendak menyiapkan krupuk nasi gurih krupuk puli yang nikmat di mana pun anda berada, karena kamu telah tahu triknya maka sajian ini bisa jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang bisa diterapkan untuk membuat krupuk nasi gurih krupuk puli yang siap dikreasikan. Anda dapat mengolah Krupuk nasi gurih krupuk puli memakai 6 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Cara Membuat Kerupuk Puli Dari Nasi

Cara Membuat Kerupuk Puli Dari Nasi

Bahan:

  • 200 gram nasi putih
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 150 ml air
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan dan aduk2 lalu kukus 20 menit, haluskan
  2. Kalau sudah dingin siapkan plastik di olesi sedikit minyak goreng(alas buat menipiskan adonan) siapkan ulekan yg di bungkus plastik lalu tipiskan adonan
  3. Jemur krupuk tadi smpai kering
  4. Lalu di goreng,,, pasti rasanya mantap cin 

Manfaat:

1. Dapat Mengobati Maag

Manfaat kerupuk kulit pertama yaitu dapat mengobati sakit maag.  Kerupuk kulit dapat dapat menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag. Apabila  sering mengalami gejala maag, maka dapat dicoba untuk mengkonsumsi kerupuk kulit setiap gejala tersebut muncul. Dengan mengkonsumsi kerupuk kulit, maka rasa sakit dan juga perih pada lambung  dapat hilang dan teratasi tanpa perlu mengkonsumsi obat.

2. Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Manfaat mengkonsumsi kerupuk kulit selanjutnyayaitu baik untuk pertumbuhan tulang. Walaupun hanya makanan ringan, namun kerupuk kulit punya kandungan protein hewani cukup tinggi, misalnya kalsium dan fosfor. Kandungan kalsium serta fosfor sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Jadi mengonsumsi kerupuk kulit sangat bermanfaat bagi yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain disukai orang dewasa, kerupuk kulit juga disukai oleh anak-anak.

BACA JUGA  Cara Membuat Kopi Latte

3. Menambah Cadangan Energi

Kerupuk kulit juga dapat membantu menambah cadangan energi . Mengonsumsi kerupuk kulit pada pagi atau siang hari lebih baik karena bermanfaat sebagai penambah cadangan energi. Kandungan protein hewani didalamnya dapat berfungsi untuk menyimpan energi cadangan dalam tubuh, sehingga dapat membantu aktivitas harian.

4. Tinggi Akan Kandungan Protein

Kerupuk kulit merupakan salah satu produk hewani. Salah satu kandungan gizi yang penting, yang ada pada makanan kerupuk kulit ini adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Protein memiliki banyak manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah baik untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh. Protein  sangat bermanfaat bagi tubuh seperti memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu pertumbuhan. Protein hewani juga dapat membentuk organ otak manusia serta sel darah merah, sehingga berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Asupan protein hewani yang cukup dapat membantu pembentukan serta keseimbangan hormon.

5. Baik untuk Pencernaan

Kerupuk kulit yang dibuat dengan kulit hewan mengandung serat yang  tinggi. Serat ini berperan penting dalam melancarkan pencernaan dan mengatasi sulit BAB. Jadi mengonsumsi kerupuk kulit setelah makan cukup baik bagi sistem pencernaan.

6. Rendah Kalori

Kerupuk kulit juga bisa dijadikan camilan ketika diet. Ketika  sedang menjalani program diet, kerupuk kulit merupakan salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi. Kerupuk kulit ternyata rendah kalori, sehingga mengkonsumsinya tidak akan menimbulkan kegemukan dan cocok dijadikan sebagai pendamping diet.

Selamat Mencoba.