Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis

Cara Agar Baterai HP Tidak Boros

Meningkatnya mobilitas penggunaan HP menyebabkan kita tidak bisa lepas lama-lama dari benda yang satu ini. Bahkan, seringkali kita mulai hampa saat HP tiba-tiba mati atau saat sedang charging. Karena itulah, banyak orang mencari HP dengan kapasitas baterai yang besar. Namun ternyata, ada beberapa cara baterai tidak cepat habis, lho. Apa saja caranya? Berikut adalah beberapa cara agar baterai HP tidak boros.

1. Turunkan Tingkat Kecerahan (Brightness)

Menggunakan HP dengan tingkat kecerahan layar yang tinggi sebenarnya akan memudahkan Anda untuk melihat layar lebih jelas. Akan tetapi, tingkat kecerahan juga bisa mempengaruhi penggunaan daya baterai. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka daya baterai akan jadi terkuras. Untuk itu, Anda bisa menyesuaikan tingkat kecerahan dengan kondisi sekitar dan menghindari menggunakan fitur auto brightness. Sebab, fitur kecerahan otomatis ini menggunakan sensor sinar yang akan menguras baterai.

2. Jangan Gunakan HP Saat Sedang Mengisi Daya (Charging)

Menggunakan HP yang sedang mengisi daya akan menguras baterai secara mencolok yang bisa kita sebut sebagai “Parasitic Load”. Parasitic load akan mendistorsi siklus charging atau pemutaran arus saat mengisi ulang sehingga meningkatkan temperatur pada baterai.

Temperatur yang tinggi akan meningkatkan tekanan pada baterai dan mengurangi efektivitas baterai lebih cepat. Oleh sebab itu, jangan mengisi daya HP sambil Anda menggunakan dan menghindari menyimpan HP di bawah bantal atau material isolator lainnya saat charging. Bila perlu, nonaktifkan HP agar tidak ada kegiatan ponsel selain pengisian daya.

3. Gunakan Low Power Mode atau Battery Saving Mode

Saat ini, fitur penghemat baterai seperti Low Power Mode atau Battery Saving Mode sudah tersedia pada beberapa jenis HP keluaran terbaru. Fitur ini berfungsi untuk menghentikan aplikasi yang berlangsung pada background HP yang bisa menguras daya baterai.

Dengan mengfungsikan fitur ini, baterai HP tidak akan terkuras oleh beberapa aplikasi dan fitur yang tidak perlu sehingga baterai HP Anda lebih awet.

4. Jangan Biarkan HP Overheat

Cara seterusnya yakni menghindari membebaskan HP Anda dalam kondisi yang sangat panas alias overheat. Kondisi ini bisa terjadi saat Anda menggunakan HP secara terus menerus, bahkan kalau Anda menggunakan untuk bermain game dengan grafis yang tinggi.

Jadi, menghindari penggunaan HP yang sangat lama dan mengfungsikan seperlunya agar HP anda tidak overheat.

5. Matikan Notifikasi yang Tidak Penting

Notifikasi yang muncul pada layar HP ternyata juga bisa menyebabkan baterai menjadi lebih cepat boros. Oleh sebab itu, matikan notifikasi yang tidak perlu pada beberapa aplikasi agar baterai HP menjadi lebih awet dan mengurangi penggunaan baterai.

Caranya, dengan membuka menu ‘Settings’ pada HP Anda dan menentukan menu ‘Apps’, tersebut pilih aplikasi yang ingin Anda matikan notifikasinya. Klik ‘Notification’ dan nonaktifkan fitur ‘Show Notification’.

6. Gunakan Wallpaper Statis

Gambar wallpaper animasi atau live wallpaper tentu saja membuat penampilan layar menjadi lebih menarik. Namun, perihal ini juga akan meningkatkan penggunaan processor HP sehingga menyebabkan daya baterai jadi terkuras. Jadi, gunakan wallpaper statis yang visualnya tidak bergerak agar daya baterai tidak cepat habis alias boros.

7. Periksa Aplikasi yang Paling Boros Baterai

Beberapa aplikasi pada HP ternyata mampu menguras daya baterai kalau Anda gunakan secara terus menerus, lho. Oleh sebab itu, periksa aplikasi apa saja yang paling menguras baterai, selanjutnya stop atau uninstall aplikasinya.

Jika aplikasi tersebut mempunyai fungsi yang penting, Anda bisa mengurangi penggunaannya agar daya baterai HP tetap awet dan tahan lama. Cara memeriksa aplikasi yang paling boros baterai adalah dengan membuka menu ‘Settings’, pilih menu ‘Battery & Performance’, selanjutnya pilih ‘Power Usage’.

8. Aktifkan Airplane Mode Jika Tidak Digunakan

Mengaktifkan fitur mode pesawat atau airplane mode juga bisa menjadi salah satu langkah yang efektif untuk membuat baterai HP tidak boros. Jika sedang menggunakan jaringan WiFi, Anda bisa mengaktifkan airplane mode bahkan saat tidak sedang melakukan kegiatan seperti SMS atau telepon.

9. Jaga Siklus Pengisian Daya Baterai

Banyak yang beranggapan bahwa mengisi daya baterai semalaman bisa menyebabkan baterai HP menjadi cepat boros. Padahal, perihal tersebut sudah tidak berlaku untuk beberapa besar HP keluaran terbaru. Karena saat ini smartphone sudah mempunyai sistem yang mampu menghentikan daya listrik secara otomatis saat baterai sudah terisi penuh.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan langkah agar baterai HP tidak boros dengan melindungi siklus pengisian daya secara teratur. Caranya dengan mengisi daya HP saat baterainya sudah 40% dan cabut kabel charger saat baterai sudah terisi kira-kira 80%.

10. Gunakan Fitur Dark Mode

Hampir semua smartphone saat ini sudah mempunyai fitur dark mode atau mode gelap. Selain meningkatkan kenyamanan pengguna HP, fitur ini juga berfaedah untuk menghemat daya tahan baterai agar tidak cepat habis. Sebab, penampilan layar yang sangat terang akan menguras baterai HP hingga menjadi boros secara tidak Anda sadari.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Setelah mengetahui cara agar baterai HP tidak boros, kami juga akan mengulas penyebab yang bisa menguras daya tahan baterai.

Penyebab baterai HP cepat habis yang seringkali tidak Anda pahami adalah sebagai berikut.

1. Akses GPS pada Aplikasi

Beberapa aplikasi akan meminta izin pengguna HP untuk mengaktifkan wilayah untuk mengoperasikannya. Contohnya seperti Google Map atau aplikasi ojek online. Tanpa Anda sadari, perihal tersebut akan membuat baterai HP bekerja lebih keras untuk memancarkan sinyal wilayah tempat Anda berada.

2. Fitur Sinkronisasi yang Aktif

Fitur sinkronisasi kebanyakan berfungsi untuk memeriksa apakah ada informasi teranyar dari aplikasi yang terpasang pada HP pengguna. Selain itu, fitur sinkronisasi juga perlu untuk back-up data pada HP secara otomatis dan mengunggahnya ke Google Drive.

Namun, fitur ini sebenarnya bisa membuat baterai HP jadi boros dan menggunakan banyak kuota internet. Oleh sebab itu, pastikan untuk menonaktifkan fitur automatic sync pada menu ‘Settings’ yang tersedia pada HP Anda.

3. Sinyal yang Buruk

Penyebab baterai cepat habis selanjutnya yakni karena kondisi sinyal yang buruk pada HP. Hal ini akan membuat HP Anda terus bekerja keras mencari pemancar sinyal terdekat dan menguras daya tahan baterai.

4. Banyaknya Notifikasi

Notifikasi juga bisa membuat daya baterai menjadi cepat habis, lho. Terlebih lagi apabila ada banyak notifikasi yang menumpuk pada HP. Oleh sebab itu, hapus notifikasi yang tidak penting secara berkala agar baterai HP Anda awet dan tidak cepat habis.

5. Baterai Rusak

Penyebab terakhir yang bisa membuat baterai HP menjadi cepat habis adalah karena kondisi baterai HP yang sudah mengalami kerusakan. Jadi, selalu periksa kesehatan baterai HP Anda dan langsung pindah baterai apabila kerusakannya semakin parah.

Cara Menggunakan Baterai HP Agar Awet

Nah, kalau sudah mengetahui penyebab baterai HP cepat habis, Anda bisa melakukan beberapa langkah menggunakan baterai HP agar awet dan tahan lama. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan Charger Asli

Meski terdengar sepele, penggunaan charger original dari HP Anda ternyata sangat mempengaruhi daya tahan baterai, lho. Jadi, pastikan untuk menggunakan charger original bawaan HP agar baterai HP tidak bocor dan selalu awet di dalam waktu lama. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan charger fast charging agar sistem pengisian daya baterai menjadi lebih cepat.

2. Jangan Install Aplikasi Penghemat Baterai

Kebanyakan orang berpikir bahwa aplikasi penghemat baterai akan membuat baterai menjadi lebih awet. Padahal, aplikasi tersebut justru akan membuat kinerja HP jadi berat dan meningkatkan kegiatan pada background dan memori HP. Jadi, hindari mengunduh aplikasi penghemat baterai dan semacamnya agar daya baterai HP selalu awet dan tidak boros.

3. Hindari Mengisi Daya Baterai Hingga Penuh

Kalau Anda masih mengisi daya baterai hingga 100%, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut berasal dari sekarang. Sebab, baterai lithium-ion yang tertanam pada HP zaman sekarang akan membuat baterai menjadi tidak awet kalau terisi penuh 100%.

Baterai lithium-ion akan menarik arus secara konstan dan beroperasi pada tegangan rendah saat baterai berkurang. Kemudian, tegangan tersebut akan meningkat secara perlahan seiring pengisian daya, selanjutnya meningkatkan daya pada level 70% hingga kapasitas penuh.

Perlu Anda ingat bahwa pengisian baterai pada tegangan rendah akan lebih baik untuk umur baterai HP. Apabila siklus tegangan jadi meningkat, maka akan berlangsung penurunan kapasitas daya yang besar. Oleh sebab itu, sebaiknya melakukan pengisian daya baterai saat daya mencapai 20% hingga 80% agar voltase maupun tegangan selalu rendah.

4. Mengatur Waktu Tidur HP

Smartphone Android sebenarnya mempunyai pengaturan waktu tidur yang akan membuat layar mati secara otomatis dalam waktu tertentu. Nah, agar baterai HP Anda awet, Anda bisa menyesuaikan waktu tidur HP yang ideal yakni kira-kira 2 menit.

5. Menonaktifkan Mode Getar

Selanjutnya, Anda bisa menonaktifkan mode getar agar daya baterai HP Anda menjadi lebih awet. Sebab, fitur getaran pada HP ini akan membuat motor elektrik untuk menggetarkan smartphone membutuhkan daya yang cukup besar. Sebaiknya, gunakan mode silent atau mode sunyi dan menonaktifkan suara pada papan tombol agar baterai HP tidak boros.

BACA JUGA  Memilih Lokasi Tangerang Selatan Sebagai Hunian