Cara Buat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara buat minyak kelapa untuk rambut. Kalian tahu belum sih apa itu minyak kelapa? Untuk yang belum tahu kita simak yuk penjelasan berikut ini.

Definisi Minyak Kelapa

Definisi-Minyak-Kelapa.

Minyak kelapa merupakan bagian paling penting dari daging kelapa karena digunakan sebagai bahan baku industri serta sebagai minyak goreng. Kandungan minyak kelapa pada daging kelapa tua kurang lebih 33-35%. Minyak kelapa dapat diekstrak dari daging kelapa segar atau daging kelapa yang sudah dikeringkan yang disebut kopra. Minyak kelapa secara fisik berwujud cairan bening hingga kuning kecokelatan dan beraroma khas.

Zat warna yang termasuk golongan ini terdapat secara alamiah pada bahan yang banyak mengandung minyak dan pada proses ekstraksi ikut terekstrak bersama minyak. warna pada minyak kelapa disebabkan oleh zat warna serta kotoran-kotoran lainnya. Zat warna tadi berupa betakaroten yang artinya hidrokarbon tidak jenuh serta tidak stabil pada suhu tinggi. Proses pengolahan minyak kelapa menggunakan udara panas menyebabkan warna minyak menjadi kuning akibat karoten terdegrasi.

Yuk kita simak cara buat minyak kelapa berikut ini.

Cara Buat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Cara Buat Minyak Kelapa Untuk Rambut

1. Cara Buat Minyak Kelapa dengan Fermentasi

Bahan-bahan :

  • Buah kelapa yang tua
  • Parutan
  • Saringan
  • Botol atau Wadah

Cara Buat Minyak Kelapa :

  1. Pilih kelapa yang bekualitas baik matang dan segar.
  2. Cuci berish kelapa, lalu parut dan campurlah dengan air matang kemudian peras.
  3. Dari hasil perasan tersebut segera kita tuangkan ke botol atau wadah diamkan selama kurang lebih 24 jam dalam ruangan bersuhu 32 derajat celcius. Proses penyimpanan tersebut akan membuat air dan minyak terpisah.
  4. Saringlah air yang telah terpisah dengan minyak, dan minyak itu sendiri akan menghasilkan warna yang putih pucat.
  5. Simpan minyak kelapa di dalam wadah atau botol.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

1. Merawat Rambut yang Mudah Rontok

Salah satu manfaat minyak kelapa yang telah terbukti ialah merawat rambut rontok. Penelitian asal Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat menumbuhkan dan menebalkan rambut. Meski begitu, penelitian ini hanya diujicobakan pada tikus percobaan, sehingga masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk melihat keefektifannya. Selain itu, hasil dari minyak yang kaya akan asam lemak ini dinilai lebih manjur dibandingkan dengan kondisioner rambut dan minyak mineral di umumnya.

2. Membantu Mengatasi Ketombe

Selain rambut rontok, minyak kelapa pula bisa dimanfaatkan buat mengatasi ketombe. Begini, ketombe artinya serpihan kulit yang asalnya dari lapisan sel kulit di kepala. Persoalan ini mampu diperparah oleh infeksi jamur, eksim, psoriasis, serta masalah kulit kepala lainnya. Dengan hadirnya minyak kelapa, kandungan antioksidan di dalamnya dianggap bisa melindungi kulit kepala dari radikal bebas. Bahkan, minyak rambut ini juga dinilai membantu merangsang pertumbuhan dan perbaikan jaringan kulit. Itu sebabnya, banyak orang yang memakai minyak kelapa (coconut oil) sebagai salah satu obat masalah ketombe.

3. Mengecah Rambut Mengembang dan Keriting

Solusi dari masalah tersebut adalah minyak kelapa. Hal ini dikarenakan minyak kelapa bisa mencegah rambut menyerap air pada iklim yang lembap. Alih-alih air, batang rambut akan menyerap minyak kelapa yang menghasilkan rambut terasa lebih lembut. Oleh karena itu, sebaiknya untuk mengaplikasikan minyak kelapa sebelum mengunjungi daerah beriklim lembap dan kering.

4. Mengurangi Resiko Rambut Bercabang

Ujung rambut yang bercabang tentu dapat menghambat kesehatan rambut secara keseluruhan. Satu-satunya jalan buat mengatasi masalah ini ialah memotong ujung rambut. Anda juga tidak perlu risi sebab ternyata terdapat salah satu cara mengurangi risiko ujung rambut yang bercabang, yaitu memakai minyak kelapa.

Khasiat minyak kelapa buat rambut yang satu ini terjadi sebab tingkat penyerapannya yang tinggi. Hal ini ternyata dapat membantu mencegah rambut mudah patah dan ujung rambut yang bercabang. Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk rutin memotong ujung rambut sembari mengoleskan minyak kelapa pada ujung rambut. Dengan begitu, rambut akan tumbuh lebih cepat. Ini bisa membantu mencegah rambut patah serta bercabang.

5. Mencegah Kerusakan Rambut Akibat Paparan Sinar Matahari

Kandungan asam lemak pada minyak kelapa ternyata sangat berpengaruh terhadap protein keratin yang ada pada rambut. Protein keratin ini penting buat kesehatan rambut. menjadi contoh, rambut yang terpapar panas terlalu tak jarang akan mengikis rambut serta mengakibatkan rambut rusak. Minyak kelapa pula dapat mengisi ruang yang bisa dimasuki oleh debu, kotoran, serta bahan kimia di rambut sebab menyerap lebih dalam.

Baca Juga : Cara Membuat Sempol Sederhana Tanpa Ayam

Itulah yang dapat saya berikan tentang cara buat minyak kelapa untuk rambut. Silahkan dicoba, semoga berhasil!