Cara Menanam Jambu Monyet, Berikut Cara budidayanya

Cara menanam jambu monyet bisa Anda perbanyak dengan cara generatif atau vegetatif. Pada perkembangbiakan tanaman buah jambu monyet secara generatif, Anda dapat dengan menanam bijinya pada media tanam yang subur. Tidak sama dengan proses perkembangbiakan jambu monyet dengan cara vegetatif bisa dilakukan dengan menggunakan metode setek batang, cangkok, dan okulasi.

Pada saat Anda ingin menanam biji jambu monyet, perhatikan berat biji tersebut dengan seksama dibandingkan dengan ukurannya. Biji yang berat menandakan jika di dalamnya elah terisi oleh tunas yang penuh sehingga bisa menghasilkan tanaman yang lebih bagus jika dikecambahkan.

Untuk memilih biji jambu monyet yang berat, Anda dapat merendamnya di dalam larutan gula dengan konsentrasi sekitar 20 persen. Biji pada buah jambu monyet yang tenggelam bisa dipakai sebagai bibit untuk ditanam. Sesudah Anda berhasil mendapatkan biji buah jambu monyet yang bagus, cara menanam jambu monyet berikutnya ialah sebagai berikut!

Syarat Tumbuh Jambu Monyet

cara menanam jambu monyet

Tanaman jambu monyet bisa tumbuh dengan optimal baik di daerah dataran tinggi maupun di daerah dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1 hingga 1200 meter di atas permukaan laut, mempunyai suhu yang ideal sekitar 15 ° C hingga 35 ° C, curah hujan kira-kira 1500 hingga 2000 mm / tahun dan udara.

kelembaban kira-kira 60% hingga 80%. Jenis tanah yang baik untuk menanam buah jambu monyet ialah tanah yang berpasir, tanah lempung berpasir dan tanah agak berpasir dengan pH atau keasaman kira-kira 5,5 sampai 7,3.

Persiapan Bibit Jambu Monyet

Bibit jambu monyet bisa didapatkan melalui perbanyakan melalui metode perkembangbiakan generatif / dari biji atau vegetatif seperti halnya cangkok, okulasi dan juga penyambungan. Kali ini akan menjelaskan perkembangbiakan benih dengan biji.

  1. Pilihlah buah jambu monyet yang sudah matang dan tidak cacat dari hasil pemanenan pada pertengahan musim panen.
  2. Sesudah buah yang akan dipakai sebagai biji didapatkan, biji diambil dan kemudian dicuci bersih dan disortir.
  3. Kemudian keringkan biji jambu monyet hingga kadar air menjadi 8% -10%
  4. Sesudah pengeringan, biji ditempatkan di dalam plastik dan disimpan di dalam ruangan yang memiliki suhu sekitar. 25 ° C sampai 30 ° C dan kelembaban sekitar 70% sampai 80%. Masa penyimpanan ini sekitar 6 sampai 8 bulan saja.
  5. Bibit tersebut selanjutnya disemai sampai menjadi benih yang siap untuk ditanam.
BACA JUGA  Bikin Jersey Futsal Printing Dan Polyflex

Persiapan Pembibitan Jambu Monyet

Benih atau biji jambu monyet ini bisa langsung ditanam ataupun telah disimpan hingga maksimal sekitar 7 sampai 12 bulan tergantung dengan varietas dan tempat penyimpanannya. Contohnya, biji yang disimpan di dalam karung goni masih memiliki daya kecambah yang baik meskipun sudah disimpan selama lebih dari 6 bulan. Sebelum biji disemai di dalam media persemaian, biji-biji buah jambu monyet tadi harus disortir terlebih dahulu sesuai dengan petunjuk yang tertera di atas. Tujuannya ialah memilih benih yang bagus, masih hidup, kualitasnya baik, dan memisahkan mana benih yang sudah mati dan yang masih hidup.

Persemaian Biji Jambu Monyet

Siapkan polybag terlebih dahulu sebagai media tanamnya. Buatlah media persemaian yang terdiri dari tanah dan pupuk kandang/kompos dengan menggunakan perbandingan 2:1. Sesudah media tanam tersebut bisa tercampur dengan sempurna, masukkanlah media persemaian ke dalam polybag hingga memenuhi seluruh bagian volumenya.

Kemudian tanamkan biji jambu monyet, di mana di setiap polybag cukup diisi dengan satu biji saja. Sesudah itu itu, taburkanlah pestisida seperti Furadan di sekitar muka polybag untuk mencegah serangan seperti semut atau rayap. Polybag-polybag persemaian ini selanjutnya diletakkan di area yang teduh dan dekat dengan sumber air untuk memudahkan masa perawatannya.

Perawatan Bibit Jambu Monyet

Selama dalam proses persemaian yang awal, bibit jambu monyet perlu senantiasa dirawat dengan baik untuk mendukung proses pertumbuhannya. Anda harus menyirami bibit tanaman jambu monyet tersebut sebanyak dua kali per hari untuk menjaga kondisi kelembaban pada media tanamnya.

Cabutilah semua rumput yang tumbuh di dalam polybag supaya rumput liar tersebut tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman buah jambu monyet. Di setiap sebulan sekali, Anda pun harus memberikan pupuk kandang sehingga tingkat kesuburan pada media tanam bisa tetap terjaga dengan baik. Bibit jambu monyet dapat mulai dipindahkan ke lahan sesudah usianya menginjak 5 sampai 6 bulan.

BACA JUGA  Rumput Untuk Pakan Ternak Yang Bermacam Macam

Penanaman Bibit Jambu Monyet

Masa paling baik untuk melakukan penanaman bibit jambu monyet dilaksanakan pada saat awal musim hujan, yakni di antara bulan November hingga Desember. Jarak antara penanaman bibit yang ideal ialah 5 x 5 m sampai 8 x 8 m. Masa pemindahan tanaman yang paling baik dilakukan pada saat ketika pagi hari sebelum jam 9. Usahakan sistem perakaran tanaman tidak mengalami kerusakan yang serius saat pemindahan tengah berlangsung. Untuk mengurangi penguapan, Anda juga bisa memotong beberapa bagian dari daun tanaman. Sesudah bibit jambu monyet ini telah berhasil ditanamkan, tutupilah area yang di sekeliling dengan pangkal batang menggunakan mulsa untuk menjaga tingkat kelembabannya.

Panen Jambu Mete

cara menanam jambu monyet

Setelah 3 sampai 4 tahun atau 60 sampai 70 hari setelah tanaman berbunga, tanaman jambu mete bisa dipanen untuk pertama kalinya. Buah jambu mete yang matang mempunyai karakteristik seperti sebagai berikut:

  1. Kulit buah semua sudah berwarna kuning, oranye atau merah (tergantung dengan jenis jambunya)
  2. Kulit pada biji berwarna putih keabuan dan mengkilap
  3. Ukuran pada buah semu lebih besar dari buah yang utama

Terdapat dua cara untuk cara memanen buah jambu mete ini yaitu dengan menggunakan “Cara lelesan” dan “Cara Selektif”. Metode Lelesan ialah metode panen di mana buah jambu mete yang tua matang di pohon dan sesudah pematangan jatuh dengan sendirinya atau dengan cara pohon diguncang sehingga buah yang matang akan jatuh. Metode selektif ialah metode panen di mana buah yang matang selektif dipilih dari pohon dengan cara dipetik.

Jika Anda ingin mengupas biji metenya namun mengalami kesulitan Anda bisa menggunakan alat pengupas mete. Dengan menggunakan alat pengupas mete ini maka pekerjaan Anda akan jauh lebih baik

Demikianlah penjelasan artikel kali ini tentang cara menanam jambu monyet semoga bisa bermanfaat untuk Anda.