Cara Mendesain Rumah dengan Autocad

Untuk mahasiswa dari jurusan teknik sipil, membuat denah dengan AutoCAD merupakan tugas menggambar pertama yang harus bisa dilakukan oleh mereka. Kadang – kadang tidak memberikan intruksi untuk menggambar di AutoCAD maka mereka akan diwajibkan harus belajar AutoCAD secara mandiri. Untuk menggambar denah tidak sulit jika kalian sudah memahami teknik dasar dari aplikasi AutoCAD. Berikut teknik dasar AutoCAD dari Sinan-arsitek.com

  1. Kalian harus mengatur satuan yang kalian akan gunakan, maka tutorial ini kalian Untuk mengatur satuan mm(milimeter).
  2. Kalian bisa layer yang sesuai dengan kebutuhan kalian saat ingin membuat desain kalian sendiri.
  3. Lalu kalian mulai dari membuat desain, hal pertama yang kalian buat adalah sebuah denah. Buat garis AS yang sesuai dengan bentuk denah yang sesuai kalian inginkan. Kalian dapat memberikan denah yang kalian inginkan dengan menggunakan perintah line atau polyline sesuai dengan kaian, dan kalian Jangan lupa memilih layar As agar lebih mudah membedakan garisnya.
  4. Lalu buatlah sesuai dengan rancangan denah yang kalian inginkan, kalian menggunakan kolom praktis dengan ukuran 150 x 150 mm dan juga kolom Utama dengan ukuran 250 x 250 dengan menggunakan perintah rectangle.
  5. Lalu hapus garis AS yang berada di kolom, dengan cara ketik tr + enter untuk mengaktifkan perintah trim lalu hapuslah bagian garis AS yang tidak diperlukan.
  6. Lalu arsit kolom dengan menggunakan perintah hatch, yang menggunakan arsiran AR-CONC dengan skala 1, silakan untuk skala disesuaikan saja dengan keinginan.
  7. Buatlah tembok disekeliling As dengan menggunakan perintah multiline dengan ukuran 110mm, Caranya ketik ml + j + z + sd + 110 enter, lali kalian bisa mulai mengaambar tembok atau bisa juga gunakan perintah rectangle.
  8. Lalu dapat mengarsir tembok dengan perintah Hatch yang berjenis ANSI32 dengan skala 13
  9. Buatlah dinding plesteran, cara mengaktifkan perintah multiline atau tectangle. Dengan dimensi yang digunakan adalah 150mm.
  10. Denah mungkin akan hampir jadi, copy denah lantai satu dengan sebagai refternsi dan kalian bisa memodifikasi dengan menggunakan perintah erase, trim dan stretch.
  11. Lalu, letakkan logo pintu dari denah rumah tetapi kalian jangan lupa menyesuaikan arah membuka dan menutup pintunya. Gunakan Copy untuk meletakkan pintu ke denah dan gunakan perintah trim menghapus garis yang tidak perlu.
  12. Lali, letakkan notasi jendela di denah, caramua sama dengan meletakkan pintu ke dalam denah dengan perintah copy atau move.

Kesimpulan :
Jika kalian bingung membuat denah rumah idaman kalian menggunakan AutoCAD, kalian bisa meminta bantuan jasa desain rumah untuk membuatkan denah rumah idaman kalian.

BACA JUGA  Pri Office Penyedia Jasa pembuatan PT Terjangkau