Ini Dia Indikator Jasa Kontraktor di Jakarta yang Kredibel dan Terpercaya

Jasa kontraktor di Jakarta sudah pasti terdiri dari puluhan bahkan ratusan perusahaan. Mengapa? karena sebagai kota megapolitan sekaligus ibu kota Negara, Jakarta menempati urutan pertama dalam jajaran daerah dengan penduduk terbanyak.

Kenaikan jumlah penduduk tentu saja memicu meningkatnya pertumbuhan pembangunan. Hal tersebut pada akhirnya menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk membuka usaha jasa kontraktor.

Meskipun demikian untuk dianggap sebagai jasa kontraktor yang kredibel, pemerintah menetapkan beberapa indicator yang wajib dipenuhi. Apa saja? Simak jawabannya berikut ini!

Indicator Jasa Kontraktor Kredibel

Karena memegang peran yang cukup penting dalam pertumbuhan pembangunan, pemerintah mewajibkan jasa kontraktor untuk meningkatkan daya saing yang dimiliki. Untuk meningkatkan manajemen risiko, Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak mengemukakan bahwa terdapat tiga indicator utama yang wajib dimiliki oleh setiap jasa kontraktor, di antaranya;

1. Value engineering

Dari ketiga indicator tersebut, indicator yang dianggap paling penting adalah value engineering. Kualitas dan ketepatan waktu. Pasalnya dalam audit proyek konstruksi, elemen inilah yang memegang peranan cukup penting.

Melalui indicator ini dapat dilihat apakah struktur bangunan dan material yang digunakan telah sesuai, lebih efisien, dan lebih hemat dalam masalah biaya.

2. Quality assurance

Setiap indicator yang telah ditetapkan memiliki keterakitan satu sama lain yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi perusahaan kontraktor untuk memenuhi persyaratan dalam setiap indicator.

Contohnya saja material dan struktur bangunan yang dipersyaratkan dalam indicator value engineering memengaruhi indicator quality assurance dalam penjaminan kualitas bangunan.

3. Quantity Survey

Indicator kredibilitas dari jasa kontraktor di Jakarta yang terakhir adalah quantity survey. Tak hanya masalah kualitas, dengan material dan struktur bangunan yang dirancang dan digunakan dapat dilihat kuantitas dari bangunan yang telah dibuat. Indicator ini juga cukup penting dalam proses pengauditan jasa kontruksi.

Dari indicator ini juga dapat dilihat masalah kewajaran dari dana dan material yang digunakan. Apabila kuantitas hasil kontruksi tidak sesuai dengan bahan yang digunakan, maka dapat diketahui adanya kecenderungan adanya kecurangan.

Demikian ulasan singkat tentang beberapa indicator yang wajib dipenuhi oleh perusahaan kontruksi untuk meningkatkan kredibilitas dari usaha yang dimiliki. Anda sebagai calon klien juga dapat mencari informasi tentang indicator tersebut dari jasa kontraktor yang akan anda gunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih!

BACA JUGA  Sedot Wc Gowa Dan Sekitarnya