Kingdom Protista – Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya Lengkap

Pengertian Kingdom Protista

Memahami kingdom  protista adalah kingdom yang terdiri dari satu atau lebih sel dan memiliki membran nuklir (organisme eukariotik) yang mempunyai sel tunggal.

Protista dapat dibagi menjadi tiga bagian yang mirip dengan hewan (protozoa), tumbuhan (ganggang) dan jamur. Kebanyakan protista hidup di air karena mereka tidak memiliki penghalang untuk melindungi tubuh mereka dari cuaca kering.

Kingdom Protista adalah kingdom yang sederhana karena hanya terdiri dari satu sel sehingga dapat dikelompokkan dalam kingdom yang terpisah atau sendiri. Tetapi ada juga multiseluler, tetapi dibandingkan dengan organisme lain sangat sederhana.

Ciri-Ciri Kingdom Protista

Kingdom Protista

Berikut ini adalah karakteristik kingdom Protista antara lain:

1. Memiliki ukuran mikroskopis dan makroskopik

Organisme mikroskopis adalah organisme yang berukuran sekitar 5 μm – 3 mm. Ada juga ukuran makroskopis dengan panjang 60 meter atau lebih.

2. Umumnya uniseluler

Kingdom Protista terdiri dari sel atau sel tunggal. Tetapi ada juga sel multiseluler atau banyak. Dalam kingdom multiseluler atau sel yang banyak, penelitian Protista akan hidup dalam kelompok (membentuk sebuah koloni).

3. Jenis sel eukariotik

Protista memiliki membran nuklir dan karenanya disebut sel eukariotik. Sel dengan membran nuklir, tetapi Protista adalah makhluk prokariotik yang paling sederhana, tetapi dalam hal struktur, fungsi, perilaku, dan ekologi jauh lebih kompleks daripada archaebacteria dan eubacteria.

4. Kehidupan bebas atau simbiosis

Kingdom Protists dapat hidup bebas dengan menggunakan satu sama lain. Ini juga bisa menjadi parasit bagi organisme lain. Jika parasit, itu akan menyebabkan banyak penyakit.

5. Habitat umum di tempat lembab

Seperti dijelaskan di atas, protista ini hidup di air atau di tempat yang lembab. Tidak hanya di air tawar, tetapi juga di laut, salinitas banyak protista dapat hidup. Protista yang hidup di laut cenderung bertindak sebagai fitoplankton, kontributor utama untuk pasokan jaring makanan.

6. Bersifat aerob dan anaerob

Aerobik karena mereka membutuhkan oksigen untuk proses pernapasan, yang terletak di mitokondria. Karena anaerobik tidak memerlukan oksigen saat bernapas melalui simbiosis dengan bakteri aerob.

7. Bersifat heterotrofik

Memiliki sifat yang heterotropik karena mendapat makanan dengan menyerap molekul organik, dan beberapa photoautotropik karena mengandung kloroplas sebagai tempat untuk menjebak energi matahari.

8. Mempunyai sifat motil

Ada beberapa protista yang memiliki gerakan seperti flagela atau rambut cambuk, bulu mata atau rambut bergetar dan pseudopoda atau kaki semu. Dengan demikian, Protista dapat digambarkan sebagai bergerak bebas.

Klasifikasi Kingdom Protista

Berikut ini adalah tiga klasifikasi protista, yaitu hewan, tumbuhan dan jamur, berikut adalah penjelasannya:

1. Mirip dengan hewan (protozoa)

Kingdom Protista menyerupai binatang atau hewan yang disebut protozoa. Protozoa adalah organisme yang bersifat seluler dalam ukuran mikroskopis. Hewan protista ini berkembang biak secara seksual dan aaseksual. Selain berkembang biak, hewan ini juga bisa bergerak aktif. Rhizopoda (pseudo feet), ciliate (rambut di rambut), flagellate (rambut cambuk), sporozoa (tidak ada motor khusus) dibagi menjadi empat kelas berdasarkan peralatan pergerakan milik protozoa induk.

2. (Algae) mirip tumbuhan

Kingdom Protists, yang menyerupai tanaman atau tumbuhan, adalah sekelompok protista fotosintesis. Alga terdiri dari sel atau koloni yang membentuk tubuh multiseluler. Ini juga memiliki piridil, seperti tanaman pada umumnya. Kelompok alga dibagi menjadi empat kelas menurut pigmen dominan: Cholophyta (ganggang hijau), Chrysophyta (ganggang emas), Phaeophyta (ganggang coklat), Rhodophyta (ganggang merah).

3. Mirip dengan jamur

Ada dua jenis jamur protista, yaitu jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycota), tetapi tidak ada jamur sejati. Jenis jamur ini hanya menyerupai jamur berbentuk sporangium atau filamen seperti hifa. Kuning, putih dan berlendir.

Contoh-Contoh Kingdom Protista

Berikut ini adalah contoh dari tiga klasifikasi Kingdom Protista dan gambarnya:

Mirip hewan atau binatang

Menyerupai Hewan

Menyerupai tumbuhan

Menyerupai Tumbuhan

Mirip dengan jamur

Menyerupai Jamur

Sumber Terkait : https//rumus.co.id/