Resep Keripik Bawang Manis Asin Yang Gurih Dan Lezat

Resep keripik bawang manis asin yang gurih dan lezat memang sangatlah mudah dibuat sendiri dirumah, kalian bisa membuatnya untuk dijadikan cemilan.

Manfaat Keripik Bawang

1. Meningkatkan Imunitas

Efektivitas keripik bawang pertama dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan Anda. Senyawa dalam makanan ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

2. Menghasilkan Energi

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata keripik bawang merah memiliki berbagai manfaat lain. Salah satunya menghasilkan listrik. Makanan tersebut mengandung karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi.

3. Anti Kanker

Kerupuk bawang ini memang pantas disebut kanker herbal atau kanker. Hal tersebut terjadi karena kandungan dalam makanan tersebut mengandung senyawa allyl sulfide yang menimbulkan sifat anti kanker.

4. Menjadi Antioksidan Yang Sangat Kuat

Kandungan kerupuk bawang merah memiliki khasiat sebagai sumber antioksidan yang sangat kaya dan secara alami dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, makanan ini juga dikenal sebagai antibakteri dan virus yang dapat membantu mencegah berkembangnya jamur, bakteri, dan cacing di dalam tubuh.

5. Ampuh Dalam Menurunkan Kolesterol Jahat

Kerupuk bawang merupakan makanan yang dikenal dapat menurunkan kolesterol jahat. Secara signifikan mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan kolesterol hingga 11-16 persen.

6. Mengurangi Berat Badan

Senyawa dalam kerupuk bawang merah mengandung zat inflamasi yang dapat membantu mengatur sel lemak yang dibuat dalam tubuh Anda. Penurunan berat badan terjadi ketika lemak terus menumpuk. Pada tahap ini, preadiposit diubah menjadi sel lemak melalui proses yang Anda sebut sistem inflamasi.

7. Mengatasi Sembelit

Bagi Anda yang sedang mengalami gejala sembelit, sangat disarankan untuk mengonsumsi kerupuk bawang merah. Ini dilakukan karena makanan ini dapat membantu proses menghilangkan racun dalam tubuh.

8. Jantung Yang Sehat

Kerupuk bawang merah mengandung kandungan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika banyak mengonsumsi makanan tersebut maka kadar kolesterol tubuh akan menjadi normal dan aliran darah tidak akan terganggu sehingga kesehatan jantung dapat ditingkatkan.

9. Mengontrol Diabetes

Diabetes yaitu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh. Sedangkan kandungan dalam keripik bawang merah memiliki manfaat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

10. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan. Dengan mengkonsumsi kerupuk bawang merah ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk membantu mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Hal ini dilakukan karena makanan tersebut mengandung senyawa kromium yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Bawang Putih

Resep Keripik Bawang Manis Asin

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal tersebut dipublikasikan Journal of Nutritional Biochemistry yang telah membuktikan dengan penelitian.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Penderita diabetes dari kardiomiopati bisa terlindungi oleh manfaat bawang putih (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3. Mencegah Flu

Konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengurangi dan mencegah timbulnya influenza.

4. Menurunkan Risiko Osteoartritis

Manfaat bawang putih lainnya adalah pencegahan osteoartritis. Di King’s College London dan Universitas East Anglia telah melakukan sebuah studi tentang subjek tersebut.

5. Mengurangi Risiko Kanker Paru-paru

Makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 44 persen.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Salah satu khasiat bawang putih adalah mengurangi berbagai risiko penyakit. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan pada bawang putih. Kandungan ini bisa membantu melawan radikal bebas.

7. Memberikan Efek Detoksifikasi

Manfaat bawang putih untuk efek detoksifikasi berasal dari kandungan sulfur dalam bawang putih. Dalam dosis tinggi, kandungan ini menunjukkan efek perlindungan atau perlindungan organ tubuh dari racun logam yang mungkin ada di dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian pernah menggunakan ekstrak bawang putih kering pada wanita yang mengalami menopause. Hasil penelitian menunjukkan penurunan defisiensi estrogen yang dapat memicu terjadinya osteoporosis pada seseorang.

9. Pencegahan Kerusakan Hati

Kerusakan hati sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti minum alkohol dalam jangka panjang. Namun, hal ini bisa dicegah jika Anda mengawetkan khasiat bawang putih.

10. Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab seringnya kelahiran prematur adalah infeksi selama kehamilan. Bawang putih memiliki efek antimikroba untuk membantu mencegah infeksi atau mengurangi risiko kelahiran prematur.

Manfaat Bawang Merah

Resep Keripik Bawang Manis Asin

1. Pengobatan Maag

Mengkonsumsi bawang merah bisa menjadi obat maag alami. Bawang merah cukup dibersihkan dan dimakan mentah. Selain itu, Anda dapat mencampurkannya dengan makanan lain seperti kecap untuk menghindari bau yang menyengat.

2. Turunkan Demam Anda

Manfaat bawang bombay untuk bayi mungkin bisa untuk menurunkan demam. Campurkan parutan bawang bombay dengan minyak kelapa dan sedikit asam lalu oleskan secara merata ke tubuh, terutama punggung dan perut, agar bisa menghangatkan badan.

3. Napas Tanpa Gesekan

Lendir yang ada di tenggorokan dan bisa menyumbat saluran udara bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang merah. Cukup makan bawang merah mentah atau acar untuk membuat badan terasa hangat dan meningkatkan pernapasan.

4. Mengatasi Masuk Angin

Selain untuk pernafasan, bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Cukup potong umbi bawang bombay dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian oleskan ramuan tersebut di area punggung hingga kulit berubah menjadi merah.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol berlebih tidak baik untuk tubuh manusia. Namun, makan bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol karena memfasilitasi mobilisasi dan menghindari hambatan akumulasi.

6. Mengobati Luka

Umbi bawang merah dapat digunakan untuk mengobati luka pada tubuh. Caranya cukup potong umbi bawang bombay menjadi irisan-irisan lalu campurkan dengan minyak kelapa dan garam. Didihkan semua bahan. Kemudian biarkan bahan campuran menjadi dingin dan oleskan secara teratur ke luka setidaknya tiga kali sehari. Dengan cara ini, luka di tubuh cepat kering di luar dan dalam.

Manfaat Lainnya:

7. Menormalkan Kadar Gula Darah

Bawang merah dapat meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes, yang menyebabkan penurunan kadar gula darah. Makanya, mengkonsumsi bawang bombay bisa menambah dan menormalkan gula dalam tubuh.

8. Mata Ikan

Khasiat bawang merah mentah untuk mata ikan bisa didapatkan dengan mengoleskan potongan bawang merah pada area mata ikan. Lakukan ini dari sore hingga pagi, setelah itu Anda membasuh kaki dengan sabun hangat dan air.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Bawang bombay mengandung asam folat yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kandungan lain dalam bawang bombay seperti zat besi dan pyrithione juga meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

10. Meningkatkan Stamina Pria

Manfaat bawang merah jantan dapat meningkatkan stamina. Pasalnya, kandungan fitokimia pada bawang bombay dapat merangsang vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu mencegah penyakit pada tubuh.

11. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Makan bawang merah bisa mengurangi risiko ini karena adanya quercetin yang bisa menurunkan tekanan darah.

12. Meningkatkan Imunitas

Kekebalan tubuh dari mengonsumsi bawang merah bisa memperkuat dan mencegah berbagai penyakit seperti flu, demam, dan bronkitis. Caranya adalah dengan menambahkan bawang bombay ke dalam makanan yang Anda makan.

Resep Keripik Bawang Manis Asin

Bahan – bahan:

  • 250 gr terigu pro.sedang
  • 80 gr tapioka
  • 1 butir telur
  • 30 gr mentega
  • 1/2 sdt garam(sesuai selera)
  • 100 ml air
  • 50 gr gula pasir
  • 5 lembar daun jeruk iris tipis
  • 1/2 sdt merica
  • 5 buah bawang putih
  • 5 buah bawang merah

Cara Buat Resep Keripik Bawang Manis Asin:

  1. Haluskan bawang putih dan bawang bombay, sisihkan
  2. Campur semua bahan, uleni hingga gula larut
  3. Ambil adonan kecil, olesi dengan tepung dan haluskan setebal 1 cm
  4. Dipotong tipis
  5. Nyalakan api, panaskan minyak … sampai hangat masukkan adonan yang sudah dipotong lalu goreng dengan api kecil sampai berwarna kecoklatan. Tiriskan dan tunggu dingin … siap disajikan

Keripik ini cocok dijadikan jadi cemilan untuk menetralkan pedasnya resep ayam geprek sambal bawang.

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan.

Mungkin itu informasi dan resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih