Mengenal DefinisiCompressed Natural Gas (CNG)

Pengertian CNG

CNG adalah tipe bahan bakar yang berasal dari gas alam yang terkompresi terhadap tekanan penyimpanan 200-240 bar dan mampu digunakan sebagai bahan bakar pengganti LPG, solar dan bensin. Bahan bakar ini diakui lebih ramah lingkungan biarpun masih mengeluarkan sedikit CO2sebagai hasil pembakarannya, tetapi kalau dibandingkan dengan solar dan bensin, bahan bakar ini lebih ramah lingkungan. Selanjutnya kalau ditinjau dari aspek harga, bahan bakar ini lebih ekonomis (murah) jika dibandingan dengan bahan bakar lainnya. Proses pembuatan CNG dilaksanakan dengan cara mengkompresi metana (CH4) yang diekstrak dengan gas alam. Dalam penyimpanan dan pendistribusian CNG, dilaksanakan dengan mengfungsikan bejan silinder yg bertekanan.

Saat ini pemakaian bahan bakar CNG telah terasa ditingkatkan, dikarenakan tipe bahan bakar ini punya banyak keistimewaan layaknya yang telah disebutkan di atas. lebih-lebih di Indonesia bahan bakar ini kerap disebut dengn BBG (bahan bakar gas) dan telah terdapat beberapa stasiun pengisian BBG yang tersedia, mislanya saja di Jakarta dan Balikpapan, begitupun dengan produsen kendaraan, mereka telah banyak produksi tipe kendaraan berbahan bakar gas.

Seperti yang telah kami ketahui, CNG berasal dari fraksi gas alam dan tersusun oleh gas methana (CH4) sebagai komponen utamanya, tak hanya gas methana terdapat beragam tipe senyawa lain dengan kuantitas yang berbeda-beda, layaknya hidrogen, etilena, carbon monokida, carbon dioksida, nitrogen, oksigen dan hidrogen sulfida. Agen CNG adalah tempat untuk membeli CNG

BACA JUGA  Sewa Elf Bandung untuk Liburan Akhir Tahun