Bagaimana Cara Mengobati Batu Amandel?

Bagaimana Cara Mengobati Batu Amandel?
Mengobati batu amandel jelas merupakan suatu kemungkinan, meskipun sering kali bisa merepotkan jika Anda melakukannya secara teratur. Beberapa orang hanya mendapatkan batu amandel kecil setiap saat, dan oleh karena itu tidak terlalu merasakan ketidaknyamanan. Di sisi lain, ada orang yang mengembangkan batu amandel yang lebih besar yang sulit untuk dilewatkan dan yang sering berwarna krem ‚Äč‚Äčatau kuning. Penderita ini pasti perlu memperlakukan batu amandel sebagai prioritas.

Untuk penderita kronis, kondisinya terus berulang, karena serpihan dan bakteri menumpuk di celah amandel.

Amandel dirancang untuk melawan infeksi dan menjebak partikel bakteri yang dapat memasuki area tenggorokan. Beberapa amandel akan memiliki celah besar, atau crypts tempat bakteri dan serpihan dapat terperangkap, lainnya memiliki celah yang lebih dangkal. Bakteri berbasis kalsium dan sulfur dapat terbentuk di dalam celah dalam amandel dan membentuk batu amandel, atau kondisi Tonsillolith seperti yang dimaksud secara medis. Ketika bakteri dan kalsium terperangkap maka ia mulai membentuk batu.

Meskipun Tonsilloliths biasanya tidak berbahaya, banyak yang masih ingin mengobati batu amandel karena dapat sangat menjengkelkan dan dalam beberapa kasus bahkan menyakitkan. Alasan lainnya adalah bau mulut yang dialami penderita serta kesulitan menelan.

Beberapa gejala utama yang disebabkan oleh batu amandel meliputi:

Radang tenggorokan

Sakit perut

Muntah

Nyeri telinga

Sakit kepala

Obstruksi tenggorokan

Ada beberapa opsi untuk mengobati Tonsillolith yang dapat dilakukan dalam privasi di rumah Anda sendiri. Metode ini bisa sangat murah dan juga mudah dikelola.

Salah satu metode umum yang digunakan untuk mengobati batu amandel adalah dengan mengikis batu itu sampai dihilangkan. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan sikat gigi. Yang lain mungkin mencoba meletup atau meremas batu dengan Q-Tips, kuku mereka atau kapas. Metode ini dapat melibatkan beberapa tambahan rasa sakit atau perdarahan dan penting untuk diingat untuk mensterilkan dan membersihkan tangan sebelum melakukannya.

Teknik lain yang mungkin berguna, adalah menyuntikkan area dengan aliran air asin hangat. Ini dapat menambah tekanan pada area amandel dan dapat membuat batu longgar. Menggunakan air asin hangat juga akan memastikan bahwa infeksi lebih lanjut cenderung berkembang.

Jika Anda tidak dapat secara efektif mencapai area yang mengandung batu amandel, artinya itu terlalu jauh di belakang tenggorokan, atau mungkin ada beberapa bahaya jika menusuk-nusuk di tempat-tempat yang tidak mudah Anda lihat, maka berhentilah. Mungkin lebih baik mengunjungi dokter Anda untuk mendapat pendapat lain. Dokter Anda mungkin juga menyarankan beberapa prosedur bedah yang lebih drastis yang saat ini tersedia. Pembedahan seringkali hanya direkomendasikan sebagai metode untuk mengobati batu amandel bagi mereka yang menderita dengan cara yang parah, dengan batu berulang setiap hari.

Lamandel

Solusi Obat Amandel cara alami