Cara Membuat Briket dari Sekam Padi

Cara Membuat Briket dari Sekam Padi – Briket merupakan sebuah blok bahan bakar yang bisa dibakar yang biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling umum dan sering digunakan adalah briket batu bara, briket arang, briket gambut, dan briket biomassa.

Antara tahun 2008 sampai 2012, briket menjadi salah satu agenda riset energi Institut Pertanian Bogor. Bahan baku untuk briket diketahui dekat dengan masyarakat pertanian karena biomassa limbah hasil pertanian bisa berguna untuk dijadikan briket. Penggunaan briket, terutama briket yang dihasilkan dari biomassa, bisa digunakan untuk menggantikan penggunaan bahan bakar fosil.

Penggunaan Briket

Briket merupakan bahan bakar yang terbuat dari campuran batubara, tanah liat, dan tapioka. Material batubara dipilih karena sumbernya yang sangat melimpah di Indonesia. Bahkan cadangan batubara yang ada di Indonesia bisa digunakan untuk 150 tahun kedepan. Saat ini teknologi pembuatan briket di Indonesia banyak dilakukan oleh pihak swasta dan masyarakat secara swadaya.

Briket memiliki fungsi sebagai bahan bakar padat yang digunakan menjadi bahan bakar alternatif. Briket biasanya digunakan pada industri skala besar, home industri, rumah makan, sampai dalam sektor rumah tangga dan lainnya.

Cara Membuat Briket Arang Sekam Padi

Cara Membuat Briket dari Sekam Padi
Cara Membuat Briket dari Sekam Padi

Untuk memanfaatkan sekam menjadi bahan bakar pengganti minyak tanah, gas atau arang kayu, sekam harus diproses dulu menjadi arang sekam. Proses pembuatan arang sekam padi cukup sederhana dan mudah dibuat, serta dapat dikerjakan sendiri oleh petani dan keluarganya tanpa membutuhkan peralatan khusus dan tidak membutuhkan banyak tenaga, sehingga sangat mudah untuk dikerjakan sendiri.

Dalam proses pembuatan arang sekam padi ini ada dua macam tehnik yaitu dengan menggunakan alat pembakaran sekam atau tanpa menggunakan alat pembakaran. Dari kedua cara tersebut petani dapat memilih cara yang paling praktis untuk dilakukan. Berikut cara pembuatan arang sekam padi dengan tehnik yang berbeda.

Pembuatan Arang Sekam Padi dengan Alat Pembakar

Cara Membuat Briket dari Sekam Padi
Cara Membuat Briket dari Sekam Padi

Alat dan bahan :

  • Cerobong besi sepanjang 1 meter
  • Gembor untuk menyiram
  • Sekam padi
  • Kayu bakar

Cara kerja:

  1. Bakar terlebih dahulu kayu api sampai menjadi bara.
  2. Tutup bara dengan cerobong besi sampai menjadi bara.
  3. Setelah cerobong panas, taburkan sekam disekeliling cerobong, biarkan sekam sampai menjadi arang, kemudian tarik menjauh dari cerobong, lakukan terus sampai semua sekam habis.
  4. Siram sekam yang telah menjadi arang sampai benar – benar dingin agar tidak menjadi abu.

Pembuatan Arang Sekam Padi Tanpa Menggunakan Alat Pembakar

Bahan dan Alat :

  • Sekam padi 100 kg (20 karung besar)
  • Gembor untuk menyiram
  • Sabut atau tempurung kelapa
  • Minyak tanah
  • Air untuk menyiram bara sekam

Cara Kerja :

  1. Pertama, tumpuk sekam padi sebanyak 2 karung besar untuk setiap tumpukan. Setelah itu, bakar pada bagian puncak tumpukan sekam padi dengan menggunakan sabut kelapa yang sudah ditambahkan dengan sedikit minyak tanah.
  2. Kemudian, api yang dihidupkan secara pelan-pelan akan membakar sekam padi disekelilingnya sampai menjadi bara, walaupun apinya mati, baranya akan tetap hidup dan membakar sekam yang lain, proses pembakaran ini akan memakan waktu kurang lebih 12 jam.
  3. Selanjutnya, setelah semua sekam padi menjadi arang, kemudian siram segera dengan air supaya arang sekam padi tidak menjadi abu.

Proses Pembuatan Briket Arang Sekam

Briket merupakan hasil pemadatan arang sekam padi yang dicampur dengan menggunakan perekat. Tujuan utama dari pemadatan ini adalah supaya bara yang terbentuk lebih tahan lama dan suhu panas yang dihasilkan briket menjadi lebih tinggi, serta tidak menghasilkan asap.

Langkah – Langkah Pembuatan Briket Arang Sekam :

  1. Pertama, tumbuk arang dengan menggunakan lesung sehingga menghasilkan tepung arang sekam padi.
  2. Selanjutnya, siapkan bahan perekat yang kemudian dimasukkan kedalam tepung arang sekam padi dengan perbandingan 6 bagian sekam padi dan 1 bagian perekat, kemudian aduk sampai arang sekam padi dan bahan perekat tercampur rata.
  3. Setelah itu, cetak adonan dengan menggunakan bambu atau paralon yang sudah dipotong – potong masing – masing dengan panjang 5 cm dan diameter 1 inchi.
  4. Terakhir, jemur briket sekam padi yang sudah dicetak hingga benar – benar kering (lama penjemuran tergantung cuaca).

Kelebihan Briket dari Bahan Bakar Lainnya

Cara Membuat Briket dari Sekam Padi
Cara Membuat Briket dari Sekam Padi

1. Merupakan Energi Terbarukan

Dalam jurnal Kajian Kualitas Briket Biomassa dari Sekam Padi dan Tempuruung Kelapa (2016), briket merupakan sumber energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar fosil (minyak bumi) yang sifatnya dapat diperbaharui.

Tidak seperti bahan bakar minyak bumi yang tidak dapat diperbaharui, briket dapat diperbaharui dalam waktu yang singkat. Minyak bumi terbuat dari fosil makhluk hidup yang terkubur dalam waktu yang sangat lama, yaitu sekitar lima puluh juta tahun. Sedangkan briket ini dapat diproduksi dalam waktu singkat saja. Sekitar beberapa hari sampai beberapa minggu saja tergantung dengan peralatan yang ada dan digunakan.

Artinya, briket adalah energi terbarukan yang bisa terus menerus diperbaharui keberadaanya. Sehingga, manusia tidak akan kehabisan briket sebagai bahan bakar, seperti kehabisan minyak bumi.

2. Dapat Mengurangi Sampah

Menurut Reno Setiawati dan M. Tirono pada jurnal Pengaruh Variasi Tekanan Pengepresan dan Komposisi Bahan terhadap Sifat Fisis Briket Arang (2014), briket terbuat dari bahan – bahan yang mengandung lignin dan selulosa seperti limbah biomassa.

Artinya, briket bisa dibuat dari berbagai macam jenis sampah atau limbah biomassa hasil pertanian seperti sekam padi, perternakan, kehutanan, dan juga perkebunan.

Sehingga, pembuatan dan penggunaan briket ini mampu mengubah sampah menjadi sumber energi yang lebih berguna.

3. Lebih Murah

Karena briket terbuat dari limbah biomassa, tentunya briket juga memiliki harga yang lebih murah daripada harga minyak bumi. Pembuatan briket pun juga tidak memerlukan penyulingan dalam skala yang besar seperti yang dilakukan pada pembuatan minyak bumi. Sehingga, pembuatan briket ini menghemat biaya pembuatannya. Limbah sekam padi yang dapat digunakan untuk membuat briket juga mudah ditemukan dan memiliki jumlah yang banyak serta tak terbatas.

Nah, itu lah proses dan cara membuat briket dari sekam padi. Jika anda tertarik untuk menjadikan briket dari sekam padi sebagai peluang usaha, anda dapat membuatnya dengan menggunakan mesin alat pembuat briket agar mempermudah anda dalam membuat briket. Mesin pembuat briket ini bisa anda temukan di Rumah Mesin dengan harga yang terjangkau.